BUSINESS: THE BUDDHIST WAY

Antusiasme umat Buddha di Kota Medan akan penyelenggaraan event semacam Dhammatalk semakin digemari. Kalangan yang hadir pun beragam, mulai dari pekerja, pengacara, dokter, hingga para pengusaha. Pada pertengahan tahun 2014, DPD PATRIA SUMUT sebagai salah satu organisasi kepemudaan Buddhis yang eksis di kota Medan kembali menggelar kegiatan Dhammatalk yang bertemakan bisnis yang juga berkaitan dengan Mata Pencaharian Benar didalam Delapan Jalan Utama.


Tepatnya pada hari Sabtu (02 Agustus 2014), bertempat di Paramount Royal Ballroom, DPD PATRIA SUMUT mengadakan Dhammatalk bertajuk "Business: The Buddhist Way" yang berlangsung dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Dengan Narasumber Y.M Bhikkhu Jayamedho, yang sebelumnya dikenal sebagai dengan nama Herman Satriyo Endro, merupakan salah seorang tokoh pengusaha besar Indonesia. Sebelum di-upasampada sebagai Bhikkhu, Beliau pernah sukses berkarir di perusahaan multinasional seperti British American Tobacco, Unilever, Indofood dan sebagainya. Juga Dimoderatori oleh Pandita Madya Wirawan Giriputra. Tujuan dari Dhammatalk yang diselenggarakan ini yaitu agar para umat Buddha dapat membentuk kesadaran dalam bekerja dan berbisnis sesuai dengan ajaran Dhamma.

Y.M Bhikkhu Jayamedho juga merupakan Pendiri Magabudhi (Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia), Pencetus PATRIA, serta berbagai organisasi lainnya. Pada tahun 1985 Beliau memperoleh penghargaan dari Raja Thailand untuk keaktifannya menyebarkan ajaran Theravada dan pendirian Vihara Dhammacakka Jaya di Jakarta. Bhikkhu Jayamedho juga telah berpartisipasi dalam berbagai konferensi internasional Buddhis di Myanmar, Sri Lanka, Thailand, New York, Seoul, India, dan Indonesia. Pada tahun 2011, Beliau sempat menjadi pembicara di 7th Global Conference on Buddhism.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 700 umat membahas beberapa topik yang berkaitan dengan dunia bisnis sesuai dengan pandangan agama Buddha. Beberapa pertanyaan yang dijawab oleh Y.M Bhikkhu Jayamedho adalah :
- Bagaimana bisnis yang sesuai menurut Dhamma?
- Bagaimana menjaga kekayaan sesuai Dhamma?
- Apakah Dhamma dapat dijadikan penopang bisnis yang sehat dan sukses?

Dhammatalk ini juga merupakan bagian dari program kerja tahunan DPD PATRIA SUMUT. Sebelumnya PATRIA SUMUT juga telah sukses menyelenggarakan Dhammatalk berbahasa Hokkian dan Indonesia dalam enam tahun terakhir ini. Mengutip kalimat dari Mangala Sutta, “Mendengarkan Dhamma pada waktu yang sesuai merupakan berkah utama”.  

 

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.