#GENERASIBERANIAKSI : SUMATERA UTARA

Dalam rangka memperingati HUT PATRIA ke-20, setiap daerah tentu memiliki kreativitas masing-masing merayakan hari jadi tersebut. DPD PATRIA Sumatera Utara mengadakan gathering di Pantai Sialang Buah, Serdang Begadai, pada tanggal 20 Desember 2015. [ foto lainnya ]


Dua dasawarsa merupakan waktu perjalanan yang panjang untuk mempertahankan suatu organisasi berskala nasional yang tentunya tidaklah mudah. Selain bertanggung jawab pada perkembangan DPC, jumlah anggota, dari segi kualitas juga diutamakan. Dengan mengusung tema nasional “Generasi Berani Aksi”, diharapkan dapat mempertahankan semangat pemuda-pemudi Buddhis Indonesia untuk berkembang menjadi generasi yang mandiri, loyal, dan berintegritas.

Kegiatan ini bersifat semi-internal, sehingga dibatasi hanya untuk 50 orang peserta. Diikuti oleh seluruh pengurus, anggota DPD dan DPC, dayaka sabha, dan juga para relawan yang telah banyak membantu dalam setiap kegiatan PATRIA. Para peserta berkumpul di Vihara Mahasampatti, Medan, kemudian melakukan perjalanan dengan bus selama 2 jam menuju Kabupaten Serdang Begadai. Selain acara temu ramah, kegiatan ini juga sebagai ajang refreshment serta perkenalan bagi anggota baru dan relawan PATRIA. Sekaligus sebagai acara penutup akhir tahun, dalam usaha pencapaian organisasi selama setahun ini. Peserta dapat menikmati indahnya pasir putih sepanjang tepi pantai, kawasan hutan mangrove, merasakan sinar matahari, serta angin laut yang tentunya tidak bisa didapatkan di kota-kota besar. Kegiatan outdoor memang memiliki keunggulan tersendiri bagi masyarakat yang selama ini tinggal di kota yang penuh dengan kesibukan, hiruk pikuk, polusi udara, dan kemacetan.

Setelah perayaan ulang tahun, sesi games diadakan untuk menguatkan tema “Generasi Berani Aksi”, yaitu dengan dibentuknya beberapa kelompok untuk saling bertanding dalam permainan bola dan adu kelincahan. Masing-masing tim harus memiliki strategi, daya tahan, dan kerjasama yang baik untuk dapat memenangkan semua games. Tidak jarang mereka saling serang dan sikut-menyikut untuk menjatuhkan lawan mainnya yang membuat acara ini semakin seru, namun tetap menjunjung tinggi sportifitas. Pemenangnya adalah tim yang berhasil mengumpulkan kemenangan terbanyak dari semua games yang dimainkan. Tidak ada hadiah dalam permainan ini, hanya menambah keceriaan di wajah-wajah para peserta. Walaupun ada yang baru saling mengenal, tawa lepas dari setiap peserta menandakan bahwa mereka adalah generasi yang mudah bergaul dan “FUN”. Dilanjutkan dengan makan bersama menu andalan seafood yang tersedia di kedai-kedai di sekitar pantai.

Selesai bermain games, peserta bebas menikmati acara ini dengan caranya masing-masing. Ada yang memilih piknik menikmati bekal, bermain pasir, berfoto bersama, ataupun iseng menjatuhkan peserta lain ke dalam air laut. Ada-ada saja aksi unik yang dilakukan jika 50 orang berkumpul dalam suasana kegembiraan seperti ini, tentunya agar pikiran menjadi lebih fresh dan diharapkan muncul ide-ide kreatif selanjutnya dari para Generasi Berani Aksi.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.