Acara yang dinanti akhirnya tiba

Setelah sukses dengan kegiatan Patria Line Training (PLT) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2014 lalu, DPD PATRIA Sumsel berencana mengadakan kegiatan Patria Basic Training (PBT), yang akhirnya direalisasikan pada tanggal 26-27 Desember 2014. Kegiatan yang merupakan salah satu program nasional DPP-PATRIA ini adalah ajang pembekalan pengembangan kepribadian dan potensi diri serta kepemimpinan dalam berorganisasi. Perlu diketahui, bahwa kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh anggota dan pengurus DPD PATRIA Sumsel dan DPC PATRIA Palembang. [ foto lainnya ]

 

 

Dalam kegiatan Patria Basic Training di Sumatera Selatan ini, pesertanya mencapai 51 orang, yang terdiri atas 26 laki-laki dan 25 perempuan. Selain itu, tebentuk pula panitia kecil yang terdiri dari 6 orang, sehingga jumlah keseluruhan peserta mencapai 57 orang. Wah, lumayan banyak nih ya... Ini di karenakan ada beberapa pemuda-pemudi dari Keluarga Mahasiswa Buddhis yang juga sangat antusias ingin mengikuti kegiatan ini, apalagi dengan pembicara dari Tim BPO DPP-PATRIA yang benar-benar ditunggu materi dahsyatnya.

I Made Adnyana Naṇakusalo, S.H. dari Bali dan Paulus Naṇavaḍḍhano, S.Kom., M.T. dari Medan mereka adalah kedua narasumber dari Tim BPO DPP PATRIA yang siap memberikan materi dan wawasan baru di kegiatan Patria Basic Training di Sumatera Selatan ini.

Diawali pada tanggal 26 Desember 2014 di Vihara Dhamma Vijja, para peserta yang telah mendapatkan informasi dari panitia sebelumnya, mulai berdatangan pada pukul 15.00 WIB untuk melakukan registrasi ulang peserta, setelah para peserta melakukan registrasi ulang, mereka pun langsung menuju tempat yang telah dipersiapkan. Sebelum materi diberikan oleh narasumber, pembukaan terlebih dahulu oleh panitia disertai penjelasan mengenai tujuan Patria Basic Training dan pemutaran video profil PATRIA dan Mars PATRIA. Setelah, pembukaan selesai, dilanjutkan dengan materi pertama yaitu, “Apa Yang Berbeda Dari Buddhisme?” yang dijelaskan oleh Adnyana. Setelah materi selesai, diberikan waktu untuk makan malam dan mandi bagi para peserta. Kemudian, dilanjutkan kembali dengan materi kedua “Faktor Kepemimpinan Fundamental” yang dijelaskan oleh Paulus. Dan kegiatan Patria Basic Training hari pertama pun telah usai, walaupun hanya dua materi pada hari pertama ini, para peserta sudah terlihat begitu lelah, para peserta pun diizinkan untuk beristirahat.


Hari kedua, 27 Desember 2014 yang juga merupakan hari terakhir dalam kegiatan Patria Basic Training ini, dimana hari ini adalah hari yang terdiri dari banyak materi (Hehe. Red) tapi walau begitu, para peserta tetap antusias dalam mengikuti setiap materi, terlihat dari materi “Mengenali Bakat” yang dijelaskan oleh Sdr. Adnyana, lalu diteruskan dengan materi “Sukses Dengan Pikiran Positif” oleh Paulus, di materi sukses dengan pikiran positif ini disertai pula dengan kegiatan meniup balon hingga meletus, yang diharapkan agar rasa ketakutan dan kepribadian yang jelek pada diri masing-masing dapat hilang.


Materi selanjutnya, yaitu “Etika Berorganisasi” oleh Adnyana, kemudian materi “Tips Manajemen Organisasi” yang dijelaskan oleh Paulus, dalam materi Tips Manajemen Organisasi ini, Paulus memberikan masukan-masukan yang berarti bagi setiap pengurus DPD PATRIA Sumsel dan DPC PATRIA Palembang, yang paling disinggung dalam materi ini khususnya Sekretaris. Sekretaris di suatu organisasi paling tidak harus meringankan pekerjaan Ketua maksimal 50 %. Dan seorang Sekretaris harus bisa merencanakan semua kegiatan secara sistematis dan terarah.


Materi belum selesai sampai di sini, Paulus meminta panitia agar membagikan kertas gift card, di kertas tersebut para peserta dan juga panitia wajib menuliskan ucapan terimakasih kepada seseorang yang dianggap telah berjasa bagi kita. Dan jika orangnya berada di ruangan tersebut, harus menghampiri orang itu, dan sampaikan gift card tersebut. Dan gift card terbanyak ditujukan kepada Sendhy Saputra selaku ketua DPD PATRIA Sumsel nih, serta kedua pembicara kita.


Di setiap satu materi yang selesai, ada coffee break untuk para peserta, sehingga di setiap materi, peserta tidak merasa ngantuk dan lapar. Para peserta diberikan waktu 15 menit untuk menikmati makanan-makanan ringan dan juga kopi serta teh yang telah disediakan oleh panitia.

Sesi terakhir adalah pembawaan materi oleh kedua pembicara dari Tim BPO DPP PATRIA bersama Pembina dari DPD PATRIA Sumsel dan Ketua DPD PATRIA Sumsel serta Ketua DPC PATRIA Palembang. Materi yang dibawakan yaitu, “Mengenal Patria dari Masa Ke Masa” dan kegiatan Patria Basic Training yang dilaksanakan selama dua hari pun telah berjalan lancar dan baik.


Sebelum kegiatan Patria Basic Training berakhir, adanya penyampaian kesan dan pesan dari para peserta. Beberapa perwakilan dari peserta menyampaikan terimakasih kepada pembicara dan panitia yang telah menyukseskan kegiatan ini hingga selesai. Kesan dari para peserta bahwasanya kegiatan ini sangat luar biasa. Materi-materi yang diberikan sangat berguna bagi perkembangan soft skill pribadi tiap-tiap peserta. 

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan pembagian sertifikat kepada para peserta. Akhir kata, sampai berjumpa di acara training selanjutnya yaitu PATRIA Intermidiate Training.

Sukhi Hotu, Sadhu...

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.