Kolor ijo jadi ketua lagi

Muscab ikut ya? Tanya salah satu pengurus DPC Patria Kota Tanjungpinang. Boleh gak ikut? Jawab salah satu anggota Patria. Harus ikut. Tegas pengurus itu tadi. Maklum saja, karena Muscab (Musyawarah Cabang) yang diadakan tgl 6 Juli 2013 itu merupakan agenda penting dalam Patria. Setiap dua tahun sekali Patria mengadakan Muscab untuk memilih ketua yang sekiranya dapat memajukan Patria didaerah tersebut. Bertempat di Vihara Guna Vijaya, Ruang Serba Guna, pukul 19.15 WIB, para anggota Patria Kota Tanjungpinang, disertai tamu undangan, diantaranya Ketua PC (Pengurus Cabang) Magabudhi Kota Tanjungpinang, yaitu Romo Suni. KASI Bimas Buddha Kemenag Kota Tanjungpinang, Romo Parjio S. Ag., dan Perwakilan Dayaka Sabha Kota Tanjungpinang, Romo Haris S. Ag. Tidak ketinggalan Ketua DPD Patria Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Hendy, dan perwakilan DPC Patria Kota Batam, Maya. Total 29 orang yang hadir untuk menyukseskan acara tersebut. facebookIconSmall


Acara dimulai dengan Namakara Patha yang dipimpin oleh Romo Suni. Dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tidak ketinggalan Mars Patria yang meningkatkan semangat kader-kader kita dalam menyongsong masa depan. Sambutan awal dari Hendy, Romo Suni, dan Romo Parjio memberikan kita gambaran tentang kontribusi Patria yang bersifat positif, bagaimana KBTI (Keluarga Buddhis Theravada Indonesia) mendukung Patria, kerjasamanya dapat ditingkatkan lagi dan Patria dapat memilih Ketua yang paling kompeten. Tidak lupa Patria harus kompak. Pada akhirnya Romo Parjio S. Ag. mengetuk palu sebagai tanda dibukanya Muscab Ketiga disertai tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Acara dilanjutkan setelah break sekitar 30 menit. Agenda pertama (Persidangan Awal) yang dilakukan adalah mengesahkan Susunan Acara Musyawarah, dan Tata Tertib Musyawarah. Ketua DPC Kota Tanjungpinang, Jason menunjuk Victor sebagai Pimpinan Musyawarah, dan Epy selaku Sekretaris Sidang. Dengan gaya serius tapi santai, Victor memimpin Tata Tertib Musyawarah yang berlangsung alot. Perselisihan pun tidak terelakkan selama sekitar setengah jam. Pada akhirnya Tata Tertib tersebut disahkan juga sehingga para peserta dapat menarik nafas dengan lega.


Agenda kedua (Sidang Pertama), mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban dari Jason, selaku Ketua DPC Tanjungpinang tahun 2011-2013, disertai tanggapan dari peserta. Total ada tiga belas kegiatan yang dilakukan oleh DPC tersebut, empat partisipasi dalam kegiatan DPD Kepri dan DPP dan sepuluh partisipasi dalam kegiatan KBTI. Tidak lupa Jason menyerahkan kepemimpinannya kepada Pimpinan Sidang.

Agenda ketiga (Sidang Kedua) yang ditunggu-tunggu, yaitu Pemilihan Ketua DPC Kota Tanjungpinang. Syarat-syarat Calon Ketua pun disetujui oleh para peserta yang hadir disitu. Ada empat calon yang diajukan oleh peserta, diantaranya Jason, Martin Pangaji, Natalia, dan Linda Juprisan. Jason adalah Ketua terdahulu, Martin merupakan mantan seksi Humas dan Dokumentasi, Natalia mantan seksi kesenian, dan Linda adalah mantan sekretaris. Keempat calon tersebut ditanyakan kesediaannya menjadi Ketua. Kedua kandidat perempuan tersebut dinyatakan gugur oleh peserta, sehingga tersisa dua calon saja.

Setelah mendengarkan pidato dari Jason dan Martin, dilakukanlah voting dari total 21 peserta yang masih tetap setia duduk meskipun jam sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB. Hasil voting memberikan 15 suara untuk Jason dan 6 suara untuk Martin.

Kesimpulannya Jason terpilih kembali menjadi Ketua DPC Tanjungpinang periode 2013-2015 setelah ditetapkan oleh Pimpinan Musyawarah. Ucapan selamat dan jabat tangan pun mengalir dari para peserta, disertai senyuman yang lebar dari Jason alias Kolor Ijo. Tidak lupa penandatanganan Berita Acara Musyarawah dan penutupan dengan melakukan Namakara Patha.

Ada saran dan komentar dari peserta Muscab kepada panitia, sebaiknya acaranya diadakan siang hari, karena kalau malam, ada beberapa peserta yang diminta pulang oleh orang tuanya. Terutama peserta perempuan.

Akhir kata, semoga kepengurusan baru ini dapat mengembangkan Buddha Dhamma lebih luas lagi. Bersama selalu dalam kasih Dhamma. Pasti Patria Jaya.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.