Pantang Pulang, Sebelum Petang


1jpeg

Tahun baru imlek adalah saat-saat yang sangat dinantikan, terutama bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Imlek 2570/2019 yang tepatnya jatuh pada tanggal 05 Febuari 2019 ini merupakan tahun babi tanah, yang menurut tradisi Tionghoa ini melambangkan berlimpahnya rejeki dan berkah.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa masih ada sebagian kecil masyarakat yang tak seberuntung kita. Beranjak dari situ, menjelang imlek tiba DPC Patria Kota Tanjungpinang mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Imlek “Berbagi Kasih” pada tanggal 20 Januari 2019 lalu. Yang mana kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Kami sangat berterimakasih kepada para Donatur yang telah mendukung kegiatan kami ini, sehingga di tahun ini kembali dapat kami bagikan paket Imlek untuk keluarga kurang mampu. Ada penambahan jumlah paket yang dibagikan pada tahun ini, yaitu sebanyak 56 paket untuk 56 KK (Kepala Keluarga).

Minggu pagi yang cerah, kami semua berkumpul di Kantor Sekretariat KBTI Vihara Guna Vijaya pada pukul 08.00 WIB. Semua peserta baksos yang merupakan anggota Patria dan Muda-Mudi Vihara Guna Vijaya mengenakan seragam warna biru. Mobil yang difungsikan sebagai alat pengangkut paket dan juga peserta baksos sedang mengantri di halaman sekretariat untuk memuat paket-paket imlek. Tampak peserta saling bekerjasama mengangkut barang-barang tersebut, keceriaan terpancar di wajah kami semua. Setelah selesai memuat barang, kami lanjutkan dengan foto bersama di halaman Vihara. Kemudian diadakan briefing singkat sambil membagikan tim sesuai dengan rute yang disusun jauh hari, terbagi menjadi 6 tim dengan total keseluruhan peserta baksos adalah 33 orang. Daerah yang menjadi sasaran pembagian paket Imlek ini adalah daerah Pasar, Jl. Bakar Batu, Jl. Potong lembu, KM 2 hingga KM 8, dan tim terjauh mendapatkan rute daerah Kijang, Sungai Ladi, dan Toapaya. Usai pembagian tim dan rute, salah satu seorang peserta yang menjadi navigator tim diberikan pegangan berupa kertas rute yang berisikan data-data penerima paket.

Tepat pukul 09.00 WIB, perjalanan kami pun dimulai. Dengan penuh semangat setiap tim berangkat menuju ke rumah para penerima paket Imlek. Banyak kisah yang terjadi sepanjang proses pembagian, mulai dari salah alamat hingga tersesat mencari alamat tak mematahkan keteguhan kami untuk melakukan kebajikan. Begitu sampai di rumah warga, seolah rasa penat pun hilang. Ketika melihat penerima paket Imlek dengan rasa syukur dan bahagia, disitulah ada kebahagiaan mendalam bagi kami. Terkadang hati terasa sedih melihat kondisi rumah warga yang sudah tak layak dihuni, melihat orangtua yang sudah berumur tapi karena keterbatasan finansial memaksa mereka harus bertahan dan tetap bekerja. Ada juga yang kesulitan untuk bangun karena sudah terkena stroke selama 7 tahun. Itulah segelintir kisah yang dapat kami ungkapkan melalui pengalaman kami mengadakan baksos ini.

Lepas tengah hari, semua tim yang telah selesai membagikan paket imlek kembali ke vihara untuk beristirahat sejenak dan kemudian pulang ke rumah masing-masing. Tersisa 1 tim terakhir di rute terjauh, mereka masih berjuang mencari alamat warga. Berkali-kali nyasar dan akhirnya berhasil menyelesaikan misi kebajikan ini hingga petang.

Demikianlah baksos Imlek telah kami selenggarakan, harapan kami dengan menyalurkan bantuan yang diberikan para Donatur ini bisa meringankan beban para warga sehingga mereka dapat merayakan Imlek dengan penuh sukacita. Semoga jasa kebajikan yang telah dilakukan membawa berkah kebahagiaan bagi para Donatur, warga penerima dan kita semua. Semoga semua mahluk hidup berbahagia.

 

 2jpeg3jpeg4jpeg

 7jpeg8jpeg9jpeg

 a.jpegaa.jpegaaa.jpeg

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.