Ini "Peduli" Versi Kami

00

Dalam rangka ulang tahun Patria ke-23 yang bertema “Kepedulian Pemuda Tonggak Persatuan”, DPC Patria Kota Tanjungpinang menyemarakkan semangat ini dengan melaksanakan kegiatan aksi sosial membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan dan selokan.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 23 Desember 2018 ini merupakan wujud kepedulian pemuda terhadap lingkungannya. Diikuti 10 orang, yaitu 9 orang anggota DPC Patria Kota Tanjungpinang dan 1 orang guru Sekolah Minggu Buddhis Vihara Guna Vijaya.

Minggu pagi yang cerah, senyuman ceria terpancar dari wajah kami yang akan melaksanakan aksi sosial. Dengan mengenakan seragam kaos abu-abu Young Happy Buddhist i-Pintar, kami berkumpul di sekretariat Vihara Guna Vijaya pada jam 07.00 WIB. Terlihat ketua kami, Natalia sedang sibuk membagikan topi biru dan sarung tangan karet, serta kantong sampah untuk para anggota. Setelah memastikan semua anggota sudah lengkap, kami bergegas keluar dari kantor sekretariat dan melakukan foto bersama terlebih dahulu. Jam menunjukkan pukul 07.30 WIB, kami pun memulai jalan pagi.

Titik pertama adalah lingkungan sekitar vihara, kami membersihkan sampah-sampah kecil yang terdapat di luar pagar vihara. Sambil berjalan perlahan menuju arah tepi laut mengikuti lajur jalan sebelah kiri, kami memungut setiap sampah yang terlihat di depan mata kami. Mulai dari sampah daun kering, kemasan makanan dan minuman, kantong plastik, puntung rokok, tisu dan banyak lagi yang kami temukan. Bukan hanya sampah di tepi jalan, yang di selokan pun kami angkut selagi masih mampu terjamah oleh tangan. Saat melewati wilayah Kampung Baru, kami bertemu dengan sekumpulan Bapak-bapak. Mereka adalah warga di kawasan itu yang juga sedang melakukan bakti sosial membersihkan lingkungan perumahan mereka. Saat kami sedang asyik memungut sampah dan beberapa teman kami sampai turun ke selokan, ada seorang Bapak bertanya pada kami : “Dari mana ini dek, dalam rangka apa ada kegiatan seperti ini?”. Dengan penuh keceriaan Natalia menjawab, “Kami adalah Pemuda dan Pemudi Buddhis dari Vihara Guna Vijaya Pak, dalam rangka ulangtahun organisasi kami Patria yang ke 23.” Decak kagum terpancar dari wajah warga yang melihat aksi kami, mereka mengatakan sangat mendukung kegiatan pemuda yang positif seperti ini. Demikian obrolan singkat terjalin, kami pun memohon pamit dengan Bapak-bapak ini.

Sepanjang jalan kami dipenuhi canda dan tawa, dari Kampung Baru kami melewati jalan Tugu Pahlawan dan kemudian jalan Dewa Ruci dengan titik akhirnya tempat pembuangan sampah Tepi Laut. Setelah membuang sampah-sampah yang terkumpul, kami beristirahat di warung terdekat. Selesai meneguk minuman untuk melepas dahaga, kami melanjutkan perjalanan ke Laman Boenda. Berfoto ria dengan icon Gedung Gong-gong dan menikmati pemandangan tepi laut. Setelah puas berfoto, perut pun terasa lapar. Kami selanjutnya berjalan mencari makan di Kaca Puri. Waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB, kami kembali ke Vihara menaiki angkutan umum. Sesampainya di vihara, kami beristirahat sebentar kemudian melanjutkan kegiatan bersih-bersih kantor sekretariat vihara.

Begitulah serangkaian kegiatan kami mengisi liburan dengan kegiatan yang positif, dalam rangka ulang tahun Patria. Banyak hal yang dapat direnungkan dari kegiatan kali ini, bahwa sesungguhnya ini sangat ironis melihat masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Seandainya saja tidak dengan seenaknya membuang sampah sembarangan, yang menyebabkan penyumbatan pada aliran air di selokan. Tentu banjir dan pencemaran lingkungan tak akan terjadi, melainkan suasana lingkungan yang asri akan tercipta. Semoga kita semua akan lebih peduli terhadap lingkungan dan bisa menjaga kebersihan kota tercinta.

 010203

 040506

 070809

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.