GENTAR MILENIUM (GENerasi pinTAR)

WhatsApp Image 2018 11 12 at 07.46.26

Agenda rutin tahunan DPC Patria Kota Tanjungpinang “Young Happy Budhist” kembali diadakan tuan rumah. Acara yang lebih dikenal dengan singkatan YHB ini, memasuki tahun ke-5. Mengangkat tema : i-Generation, Proactive, INtellectual, and be a sTAR. Dengan tujuan agar generasi yang rata-rata kelahiran 1997-2002 ini memiliki kualitas diri yang baik sebagai pemuda-pemudi Buddhis di era modern.

YHB dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2018 di Vihara Guna Vijaya - Tanjungpinang dan Pantai Trikora, bertepatan dengan weekend. Dari kursi yang tersedia, telah diisi oleh 23 peserta training yang berasal dari pelajar SMP, SMA/SMK, dan Mahasiswa.

Pada hari pertama tanggal 20 Oktober 2018, jam 08.30 WIB peserta melakukan regristrasi dan pendaftaran ulang. Peserta di fasilitasi name tag, buku catatan, fotocopy materi, pena, kaos YHB dan air mineral botol. Acara pembukaan dimulai pada jam 09.00 WIB oleh MC yaitu Tri Dyana dan diawali dengan pembacaan Namakara Patha yang dipimpin oleh Bhante Virasatiko diikuti oleh seluruh undangan, peserta, dan panitia. Kemudian para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars Patria. Selanjutnya laporan ketua Panitia YHB disampaikan oleh Willyem Law. Ini adalah pengalamannya yang pertama menjadi ketua panitia setelah bergabung dengan DPC Patria Kota Tanjungpinang tahun 2016. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua DPD Patria Provinsi Kepulauan Riau dan kata sambutan dari KASI Bimas Buddha Kota Tanjungpinang sekaligus membuka acara YHB.

Setelah acara pembukaan selesai, panitia mengarahkan undangan untuk menikmati hidangan kecil yang telah disediakan dan meminta peserta mengisi tempat duduk yang kosong. Sesi pertama akan diisi oleh pembicara dari Kota Medan yaitu Sdr. Paulus, dengan materi “6 Keputusan yang akan mengubah hidupmu”. Hal pertama yang dilakukan adalah pemateri meminta peserta untuk saling berkenalan satu sama lain, karena awalnya malu dan enggan beranjak dari tempat duduk. Pemateri meminta peserta bertukar tempat duduk. Dengan penjelasan yang santai tapi tetap fokus, peserta terlihat begitu enjoy mendengarkan materi hingga jam makan siang tiba. Peserta dan panitia meninggalkan ruang acara dan pergi ke ruang kelas untuk makan siang bersama.

Jam 13.00 WIB peserta kembali ke ruang acara, melanjutkan materi yang sama seperti sebelumnya. Karena ini berada di jam rawan alias mengantuk, pemateri tidak kehabisan bahan pembicaraan agar peserta tidak mengantuk. Canda, tawa, dan saling tanya jawab membuat peserta semakin semangat mengikuti acara.

Break kedua di jam 15.00 WIB, peserta di arahkan ke halaman luar lantai 2 Vihara untuk menikmati cemilan yang sudah disediakan panitia. 15 menit selanjutnya peserta kembali ke dalam ruang acara untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Pemateri kedua, yaitu Sdr. Ishak tentang “Pengenalan Patria” . Di sesi ini pemateri menyampaikan sejarah perjalanan Patria, hingga meminta Sdri. Natalia sebagai narasumber untuk menceritakan pengalamannya selama bergabung dan aktif di Patria. Setelah sesi ini selesai, panitia mengadakan games kecil untuk peserta. Dipandu oleh Sdri. Natalia, peserta diarahkan berbaris di sisi belakang ruangan dan dijelaskan mengenai permainan yang akan dimainkan. Dimulai dengan games Dor-Dor-Boom lalu dilanjutkan dengan games pesan berantai dan kemudian ditutup dengan kesimpulan dari games tersebut.

Selanjutnya, jam 18.00 WIB panitia mengarahkan kembali peserta menuju ruang kelas untuk makan malam hingga jam 19.00 WIB dan melanjutkan sesi materi dari Sdr. Paulus. Sesi ini adalah sesi terdahsyat, dimana materinya mengarah ke dunia percintaan dan pergaulan anak muda. Perserta begitu antusias dan proaktif hingga waktu tidak terasa semakin malam. Hari pertama ditutup dengan pembagian sertifikat dan foto bersama.

Hari kedua tanggal 21 Oktober 2018, jam 07.00 WIB semua peserta dan panitia berkumpul di Vihara Guna Vijaya. Sambil diabsen, peserta dan panitia bersiap-siap memasuki bus dan melakukan perjalanan untuk outbond di Pantai Trikora. Peserta sangat antusias dan bersemangat, mereka menikmati perjalanan di dalam bus dengan iringan lagu K-Pop.

Jam 09.30 WIB rombongan sampai di lokasi outbond, menyusun barang bawaan lalu melakukan pemanasan sebelum start games. Walapun hari itu matahari sangat terik, mereka tetap bersemangat untuk memenangkan perlombaan. Teriakan yel-yel semangat setiap kelompok mewarnai hari itu. Lelah dan kepanasan dirasakan bersama, hingga waktu makan siang tiba mereka masih berdiskusi strategi menang masing-masing kelompok. Seusai makan, permainan kembali dilanjutkan.

Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat, peserta dan panitia bersiap untuk kembali ke Vihara Guna Vijaya. Jam 16.30 WIB sampai di Vihara, lalu panitia mengarahkan peserta ke ruang sekretariat untuk memberi kesan pesan tentang acara YHB 4 kali ini. Dan akhirnya di tutup dengan yel-yel “YHB 4 SUKSESS!!!”

222

222

222

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.