PPAP (Bukan Pen Pineapple Apple Pen)

PPAP (Bukan Pen Pineapple Apple Pen) DPC Patria Tanjungpinang tahun ini mengadakan sebuah pelatihan yang sangat menarik dengan nama PPAP. Pastinya bukan mengajarkan tarian PPAP (Pen Pineapple Apple Pen) yang sangat populer pada beberapa bulan yang lalu. Acara PPAP yang diadakan DPC Patria Kota Tanjungpinang adalah Pelatihan Photoshop Ala Patria. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 April 2017 di Vihara Guna Vijaya.

Acara Photoshop hari pertama pada tanggal 23 April 2017 dimulai pada jam 8 pagi, acara dimulai dengan registrasi peserta setelah itu peserta menempati tempat duduknya masing-masing. Setelah beberapa menit kemudian seluruh peserta lengkap dan acara dimulai. Dengan namakhara patha yang dipimpin oleh saudari Esterviona. Acara dilanjutkan dengan Kata sambutan oleh ketua panitia yaitu Ari Listari. Setelah sambutan siswa dipersilahkan untuk memperkenalkan diri masing-masing untuk mengenal satu sama lain-lain.

Jam yang telah menunjukkan pukul 09.00, siswa diperkenakan untuk istirahat sebentar selama 15 menit. Jam telah menunjukkan pukul 09.15 para peserta memasukkin ruang serbaguna dan mengikuti sesi pertama di photoshop yang diisi oleh pembicara yang merupakan seseorang yang menekuni pekerjaan fotografer di Venus Photograpy. Saudara Antony Tan yang juga merupakan Sei. Dokumentasi yang berasal dari DPC Patria Kota Tanjungpinang sudah lama dan berpengalaman dalam kegiatan edit foto dengan program photoshop. Sebelum masuk kedalam teknik-teknik edit Saudara Anthony Tan dalam sesi pertama bertanya-tanya dulu apa ada yang sudah mengetahui tentang photoshop? Para peserta pun menjawab cuma sekedar tau tapi belum pernah mendalami. Saudara Anthony Tan mulai dasar dasar photoshop yang diiringi dengan praktek secara langsung. Saudara Anthony memulai dengan mengedit foto dengan versi album, cara mengcrop foto yang lebih dari batasnya, cara pemakaian efek foto seperti filter dan lain sebagainya. Berbagai macam praktek diajarin oleh saudara Anthony Tan , para peserta pun mengikutinya dengan sangat serius dan mempelajarinya dengan baik. Sebagian peserta yang sudah bisa dan sudah siap mengedit foto mereka, mereka saling membantu menerangkan hal yang kurang dipahamin oleh peserta. Tidak terasa waktu telah menunjukkan jam 12.00 , para peserta beristirahat sebentar untuk makan siang.

Setelah makan siang, pada jam 12.30 peserta berkumpul lagi diruang serbaguna melanjutkan materi yang dikasih oleh saudara Anthony Tan. Saudara Anthony Tan memberikan tugas untuk mengedit sebuah foto hal yang harus diedit adalah menyetingg ketajaman foto, warna foto yang digunakan adalah black and white. Para peserta setelah mendapatkan tugas dan foto yang akan diedit mereka bergegas untuk mengedit foto tersebut sesuai dengan materi yang telah diterima dengan mereka. Pada jam 15.30 tugas yang diberikan oleh saudara Anthony Tan waktunya telah selesai. Bagi pembicara, para peserta sudah dapat mengaplikasikan photoshop dengam baik dan hasilnya sudah sangat Bagus. Berakhir hari pertama dengan penyerahan cendramata oleh ketua panitia dan dilakukan dengan foto bersama para peserta dan pembicara.
Tanggal 24 April 2017 adalah hari kedua acara pelatihan photoshop oleh Patria. Acara dimulai pada jam 8 pagi, sambil menunggu para peserta yang hadir. Panitia PPAP mengadakan games, para peserta diwajibkan untuk mengikuti games tersebut dan peserta yang kalah akan diberikan hukuman berupa harus joget lagu pineappe pen. Setelah bermain games dan para peserta yang kalah sudah mendapatkan hukuman dilanjuti dengan pelatihan photoshop yang dihadiri oleh Sei. Dokumentasi dan Publikasi dari Batam yang sangat hobi dalam fotorafer yaitu saudara Hendry Wijaya. Saudara Hendry Wijaya mejelaskan materi cara membuat animasi, cara membuat logo patria (bagaimana bentuk dan warna logo patria), font tulisan patria, tata cara yang benar dalam logo patria. Karena terlalu seru waktu yang sudah jam 10 pagi sudah tidak terasa lagi, dengan ada informasi dari MC. Maka para peserta beristirahat dan memakan kue-kue yang disediakan panitia.

Setelah 15 menit para peserta memasuki ruangan dan melanjutin materi yang dibawa oleh saudara Hendry Wijaya. Saudara Hendry wijaya mempraktekkan cara membuat animasi dan para peserta disuruh ikut mempraktekkan cara membuat animasi, animasi yang dibuat adalah animasi kucing. Para peserta mengikuti dengan serius dan hasilnya juga sangat memuaskan. Para peserta jg saling membantu temannya yang kesusahan saat melakukan pembuatan animasi.

Setelah 2 jam berlalu, para peserta lunch diberi waktu untuk makan siang selama setengah jam. Saudara hendry wijaya memberikan tugas kepada para peserta untuk mengedit doraemon dengan berbagai efek pengaturan, warna font dan lain-lain. Jam menunjukkan pukul 14.30 waktu yang diberikan untuk mengedit sudah habis, saudara hendry wijaya mengatakan bawa para peserta masing sudah memiliki kemampuan yang sangat Bagus, sudah dapat mengaplikasikan dengan baik. Berakhir sudah sesi saudara hendry wijaya dan dilanjutkan dengan games yang dibuat oleh panitia dan games kali ini hanya mencari satu org pemenang dan jika salah satu peserta menang dia dapat menentukan hukuman yang diberikan kepada seluruh peserta lainnya. Dan akhirnya telah ditemukan satu pemenang dan hukuman untuk seluruh peserta adalah nari dengan lagu goyang dumang.

Setelah menari dan berkeringat para peserta diberikan waktu untuk beristirahat. Sesi terakhir adalah sesi kesan dan pesan seluruh peserta dan panitia. Kesen peserta sangat senang dapat mengikuti photoshop kali ini, banyak mendapatkan materi photoshop yang pada belum kenal cara mengeditnya. Pesan para peserta adalah menantikan season 2 PPAP, ditambah lagi waktunya untuk pelatihan supaya banyak materi. berakhir sudah sesi kesan dan pesan. Dan dilanjutkan dngan penyerahan cenderamata dan sertifikat oleh ketua panitia kepada saudara Hendry Wijaya. Dan penyerahan sertifikat peserta serta sesi foto bersama. Penutupan acara photoshop dengan membacakan paritta namakhara patha yg dipimpin oleh MC. Dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan Patria DPC Kota Tanjungpinang dapat menanam bibit-bibit Sei. Dokumentasi dan Publikasi yang baru dan juga mengenalkan Patria kepada muda-mudi Kota Tanjungpinang.

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.