Your Family Needs Good Communication

Tahun ini PATRIA DPC Kota Tanjungpinang mengadakan acara Dhamma Talk dengan mengusung tema yang menarik yaitu “ Your Family Needs Good Communication “ . Tema ini diangkat dengan maksud memberikan pemahaman yang benar mengenai sikap dan komunikasi yang efektif yang harus dikembangkan dalam keluarga, bagaimana cara menyikapi anak serta kunci – kunci sukses yang dapat membantu membangun keharmonisan dalam keluarga. [ foto lainnya disini ]


Dhamma Talk kali ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2016 pukul 12.30 s/d 17.00 WIB bertempat di Hotel Aston. Gardenia Ballroom Lantai 3, yang dihadiri oleh Y.M Bhikkhu Guttadhammo Thera sebagai Keynote Speaker dan DR. Ponijan Liaw, M.Pd, CPS (Komunikator No.1 di Indonesia & Presiden of Indonesian Professional Speakers Association, trainer komunikasi dan pengembangan diri terkemuka) sebagai pembicara utama. Acara ini juga didukung oleh MAGABUDHI, WANDANI, Yayasan Theravada Sakyaputta, Vihara Guna Vijaya, dan Sekolah Minggu Buddha Guna Vijaya dan para penyokong Dhamma.

Registrasi dimulai pada pukul 12.00 s/d 12.30 WIB dan dilanjutkan pembukaan acara oleh MC yakni Herman Tio dan Verent, Acara berikutnya yaitu Bhikkhu Sangha memasuki ruangan diiringi oleh Tim Prosesi. Setelah Bhikkhu Sangha duduk, dilanjutkan dengan Tarian pembuka “ Sekapur sirih” dan laporan ketua panitia Ina serta kata sambutan oleh KASI Bimas Buddha Kota Tanjungpinang ( Bapak Parjio S. Ag. ). Sebelum memasuki acara inti, juga ada penampilan “ Tari Kipas “ DPC PATRIA Kota Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan dengan Y.M. Bhikkhu Guttadhammo Thera membacakan Namakara Patha (Doa).

Memasuki acara inti Y.M. Bhikkhu Guttadhammo Thera selaku keynote speaker mulai menyampaikan pesan-pesan singkat mengenai tema Dhamma Talk yang diusung. Setelah itu, MC pun membacakan profile dari moderator yaitu “ Romo Dharmanadi Chandra “ dan beliau dipersilahkan untuk memulai Dhamma Talk ini. Moderator membacakan profil pembicara, DR. Ponijan Liaw, M.Pd, CPS. Beliau atau yang lebih dikenal dengan Pak Po adalah seorang trainer komunikasi yang menangani lebih dari 100 client, telah menulis 11 buku dan 8 CD Audio mengenai ilmu komunikasi serta mendapat penghargaan MURI.

Pak Po dengan semangat mulai menyampaikan materinya , beliau berkata bahwa sebenarnya sering kali perkelahian atau masalah dalam rumah tangga disebabkan oleh hal yang kecil yaitu nada / intonasi dalam berbicara. Tanpa kita sadari sesungguhnya tinggi rendahnya nada lah yang membuat istri dan suami berkelahi , anak dan bapak tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Kita juga harus menjaga dan menyesuaikan nada saat berbicara.

Saat membuka sesi tanya jawab, peserta sangat antusias untuk bertanya mengenai materi yang disampaikan. Ada yang sempat curcol (curhat colongan) mengenai kondisi komunikasi didalam keluarganya. Mengutip salah satu pertanyaannya kira – kira seperti ini.

“ Pak, saya menyadari bahwa komunikasi dalam keluarga saya tergolong kurang baik. Misalnya saya tahu bahwa apa yang dilakukan mama saya kurang tepat dan saya ingin memberi tahu tapi sering kali saran dan pendapat saya tidak diterima. Bagaimana caranya agar saran dan pendapat saya bisa diterima atau didengar oleh orang tua saya?, terimakasih “ Menjawab pertanyaan tersebut Pak Po membenarkan bahwa memang sulit untuk membuat orang tua kita mendengarkan saran atau pendapat kita sebagai seorang anak, salah satu caranya adalah kita harus sukses terlebih dahulu. Ketika kita sudah sukses maka orang tua akan lebih menanggapi dengan baik terhadap saran ataupun pendapat kita.

Masih banyak peserta lainnya yang sangat bersemangat untuk bertanya pada Pak Po, tetapi waktu sesi tanya jawab sudah berakhir dan harus ditutup. Namun sebelumnya Pak Po sempat menyampaikan sedikit pesan penutup yang dirangkum sebagai berikut :
“ Jika anak dididik dengan kasih sayang, dia akan belajar menyayangi
Jika anak diajar dengan kekerasan, dia akan belajar melawan dengan kekerasan
Jika anak dihormati, dia akan menjadi orang yang berbudi
Jika anak dikeji, dia akan belajar mencaci
Jika anak dibohongi, dia belajar untuk memanipulasi
Jika anak berdikari, dia akan membina integritas tinggi
Jika anak tidak dipeduli, dia menjadi keras hati dan pantang mengasihi “

“Dan sebagainya bagaimana cara kita menjaga dan merawat anak kita saat ini, akan menentukan bagaimana ia masa depan. Pilihlah, anak anda ingin menjadi seperti apa. Rawatlah dengan kasih sayang, cinta kasih, kesabaran maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang baik, penyayang dan percaya diri. Jika anda merawat anak anda dengan kemarahan, emosi, membentak, maka ia akan tumbuh menjadi seorang anak yang tidak percaya diri, pembangkang dan keras kepala. Semuanya ada ditangan anda.”

Begitu sesi tanya jawab selesai, MC pun mengambil alih kembali acara. Dilanjutkanlah pembagian cendramata dari panitia kepada Keynote Speaker, Pembicara dan Moderator. Dan kemudian acara ditutup oleh MC, serta foto bersama Panitia juga pengurus dan anggota PATRIA DPC Kota Tanjungpinang, Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Setelah mengikuti acara ini, semoga ke depannya komunikasi di dalam keluarga dapat menjadi lebih baik dan keluarga semakin harmonis. Karena keluarga yang harmonis akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, positif dan percaya diri.  

 

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.