Gadis Cantik jadi Incaran

12439498 567179690104501 6889764153797212586 nPada tanggal 17 Januari 2016 – DPC Patria Kota Tanjungpinang mengadakan pelatihan fotografi dengan tema “Pelatihan Fotografi ala Patria” yang diselenggarakan di Vihara Guna Vijaya. Peserta merupakan anggota Patria dan muda-mudi Vihara Guna Vijaya. Para peserta dibimbing oleh 2 pembicara, yaitu Anthony (Koor Sie Dokumentasi DPC Tanjungpinang) dan Hendry Wijaya (Koor. Sie Publikasi dan Dokumentsai DPC Patria Kota Batam). Selain itu  pelatihan juga mengundang 2 model untuk dijadikan subjek pemotretan, diantaranya adalah Dahliana (Sie Publikasi DPC Patria Kota Tanjungpinang) dan Titania (muda-mudi Vihara Guna Vijaya).


Para peserta melakukan pendaftaran ulang dan absensi 15 menit sebelum pelatihan dimulai. Pada jam 12.00 WIB semua peserta memasuki ruang kelas, pelatihan pun dibuka oleh Natalia (Ketua DPC Patria Kota Tanjungpinang) selaku moderator sekaligus memperkenalkan kedua pembicara. Kemudian sesi pertama pelatihan pun dimulai, Hendry Wijaya yang akrab disapa Gugu menyampaikan materi mengenai dasar-dasar fotografi yang terdiri dari :
1. Exposure (jumlah cahaya yang diterima oleh sensor dalam kamera pada suatu pemotreran)
2. ISO (tingkat sensitifitas sensor terhadap cahaya)
3. Shutter Speed /kecepatan rana (lamanya perangkat membiarkan cahaya masuk ke dalam sensor kamera)
Tidak hanya itu, Gugu juga memperlihatkan contoh-contoh foto yang pernah diambilnya. Setelah sesi pertama selesai, pelatihan dilanjutkan dengan sesi membahas teknis foto on the spot. Berbeda dengan pelatihan tahun lalu yang bertema human intrest. Pelatihan kali ini lebih menitik beratkan ke cara memotret subjek orang. Antony selaku pembicara kedua mulai mengajarkan peserta untuk mensetting kamera mereka, baik kamera DSLR maupun ponsel kemudian peserta diajak menuju ke lokasi pemotretan pertama yaitu dhammasala Vihara Guna Vijaya dengan Titania sebagai modelnya. Subjek foto lokasi pertama hanya 1 orang dikarenakan Dahliana telat dikarenakan hujan yang mengguyur wilayah Tanjungpinang. Dipandu oleh kedua pembicara, para peserta diberikan kebebasan berkreasi di setiap sudut untuk mengambil foto. Pose model juga boleh ditentukan peserta.

Praktek di Dhammasala telah selesai, selanjutnya lokasi pemotretan dari indoor menuju ke outdoor. Para peserta beralih ke lantai 2, yaitu halaman ruangan serbaguna Vihara Guna Vijaya. Dalam waktu bersamaan Dahliana pun tiba di Vihara, Dengan begitu pemotretan outdoor pun dimulai. Kedua modelpun berpose cantik. Para peserta antusias memotret dan tak ketinggalan pembicara pun serius memotret. Peserta boleh bertanya jika terdapat kesulitan saat pengambilan foto dan juga boleh berdiskusi dengan peserta lain mengenai hasil foto yang mereka ambil. Waktu menunjukkan tepat 15.00 WIB para peserta diminta untuk berkumpul dan foto bersama di Dhammasala. Kemudian mereka kembali ke ruang kelas untuk beristirahat dan makan snack yang telah disediakan oleh panitia. Sambil istirahat para peserta diwajibkan mengirimkan 2 foto terbaik mereka ke panitia untuk dibedah bersama nanti.

Sesi terakhir dalam pelatihan ini yaitu bedah foto. Foto-foto yang telah dikumpul ditampilkan satu persatu ke layar infocus dan peserta diminta untuk memberikan komentar atas hasil foto yang ditampilkan. Anthony menjelaskan kepada peserta mengenai posisi subjek yang bagus, tidak kena garis keras, harus fokus terhadap subjeknya dan lebih perhatikan pencahayaannya. Selain itu, dijelaskan juga cara menggunakan program photoshop sebagai solusi untuk memperindah hasil foto para peserta. Adapun yang telah diajarkan seperti fungsi filter warna, fungsi stamp untuk menyamakan backgraound foto, cara mengedit agar lengan tampak lebih kecil, serta tarik menarik foto agar posisinya lebih nyaman dilihat dengan menggunakan fungsi skew dan distort. Pelatihan berakhir pada jam 17.00 WIB dan ditutup oleh moderator Natalia.
 
Demikian serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam Pelatihan Fotografi ala Patria. Semoga dengan pelatihan ini dapat memberikan manfaat positif bagi peserta dan memotivasi muda-mudi buddhis untuk terus mendalami ilmu fotografi, sehingga bibit muda terus bertambah dan dapat bersinergi bersama Patria. 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.