KEPRI Berapi-api

Minggu pagi yang cerah, tepat pada tanggal 31 Januari 2016, 3 DPC Patria di Kepulauan Riau yaitu DPC Patria Kota Tajungpinang, DPC Patria Kota Batam dan DPC Patria Kabupaten Karimun serentak mengadakan Baksos Imlek. Dengan mengenakan dress code Merah berompi Patria, DPC Patria Kota Tanjungpinang mengisi penghujung bulan Januari dengan mengadakan Bakti Sosial ‘Berbagi Kasih’ dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2567 / 2016.


Jam menunjukkan pukul 09.00 WIB, para peserta yang merupakan anggota Patria, muda-mudi vihara dan Pengurus vihara pun berkumpul di Vihara Guna Vijaya. Saling kerjasama merupakan wujud solidaritas yang harus dipupuk dan terus dilestarikan, bergegas mereka memasukkan 43 paket yang sudah disiapkan satu hari sebelumnya ke dalam mobil yang sedang mengantri untuk diisi di halaman sekretariat vihara. Adapun dalam tiap paket berisi:
1 karung Beras 5kg
2 Liter Minyak Goreng
1 Kg Gula Pasir
2 Botol Sirup Orange
Makanan Kaleng ( 1 Kaleng Mushroom, 1 Kaleng Green Peas, 1 Kaleng Jagung Muda dan 2 Kaleng Manisan Longan )
2 Bungkus Biskuit
2 Bungkus Permen dan
8 Buah Jeruk.

Semua paket sudah tersusun rapi dalam bagasi mobil, Ketua Pelaksana Baksos Natalia pun mulai membagikan kertas berisi rute dan membentuk beberapa team baksos. Team Pertama yaitu untuk rute daerah Jl. Pasar Ikan dan sekitarnya ( 9 Kepala Keluarga ), beranggotakan : Ina Ng, Fenny, Natalia, Liana, Agustina, Ari Lestari, Eddy, Hendry Ariyanto dan Hermanto. Kemudian Team Kedua untuk rute Jl. Teladan & Jl. Tambak ( 9 Kepala Keluarga ), beranggotakan : Jason, Franciska, Lea Vanessa, Rona dan Susanto. Selanjutnya Team Ketiga untuk rute Pelantar-pelantar ( 6 Kepala Keluarga ), beranggotakan : Martin Pangaji, Johny, Nengsi, Eka Febrina, Dwina Yulia, Martalina dan Cindy Feliana. Kemudian Team Keempat untuk rute KM 2 & sekitarnya ( 8 Kepala Keluarga ), beranggotakan : Meliyanti, Jaclyn, Cindy Sandra, Michelle, Verent dan Raffles. Dan yang terakhir Team Kelima yaitu untuk daerah Toapaya, Kijang & sekitarnya ( 8 Kepala Keluarga ), ditugaskan kepada Tonny, Juniyanto dan Linda Juprisan. Selain itu, dalam Baksos ini DPC Patria Kota Tanjungpinang juga membagikan paket imlek kepada 3 Kepala Keluarga yang tinggal di sekitar lingkungan Vihara Guna Vijaya. Team telah terbentuk dan rute pun sudah dibagi, semua peserta baksos pun mulai beraksi menuju lokasi target team masing-masing.

Penuh keceriaan, canda dan tawa serta kebingungan ketika mencari alamat rumah penerima bantuan. Tak jarang satu sama lain saling memberi kabar di grup Whatsapp DPC Patria Kota Tanjungpinang mengenai posisi sedang dimana dan sudah sampai mana dikarenakan terjebak macet di jalan. Banyak hal yang bisa diambil dari kegiatan ini, tahu bersyukur, belajar bermurah hati, tulus mengabdi dan melayani masyarakat. Dimana banyak peserta yang mengaku merasa sungguh beruntung, jika hendak dibandingkan dengan para keluarga penerima bantuan. Ada ibu tua yang hidup bersama seorang adik laki-lakinya yang sudah buta, mereka tinggal di rumah yang sudah tidak layak, atap sudah hampir roboh dan bocor sana sini.

Ada pula keluarga yang memiliki anak autis dengan kondisi emosi yang labil, hidup dengan modal menjual sayur. Selain itu juga ada seorang nenek berusia 82 tahun tidak berkeluarga, ia menderita tumor di lengannya. Kisah seorang kakek 72 tahun pun turut mencuri perhatian kami, yang meskipun sakit tetap bekerja menjadi pemulung dan pembuang sampah berjuang untuk bertahan hidup. Dan banyak lagi cerita-cerita lain yang bisa menginspirasi kita semua.

 

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.