Generasi Berani Aksi

Berbeda dari perayaan sebelumnya yang lebih identik dengan makan malam bersama. Kali ini DPC Kota Tanjungpinang mencoba untuk membuat suatu gathering dengan nuansa baru. Sesuai dengan tema nasionalnya “ Generasi Berani Aksi” maka perayaan HUT PATRIA ke-20 kali ini dikemas dengan berbagai game yang tujuannya agar anggota – anggota PATRIA khususnya PATRIA DPC Kota Tanjungpinang dapat berkembang menjadi generasi yang penuh dengan semangat, kompak, akrab dan solid.


Mengingat bahwa suatu organisasi dapat berjalan dengan baik apabila komponen – komponen didalamnya dapat berinteraksi dengan baik pula maka acara perayaan setahun sekali ini menjadi moment yang pas agar anggota PATRIA bisa meningkatkan rasa kekeluargaan mereka.
Sedikit kilas balik sejarah terbentuknya PATRIA yang kini sudah berusia 20 tahun. PATRIA pertama kali dikukuhkan dalam sebuah kesepakatan musyawarah pada tanggal 19 Desember 1995 di Vihara Mendut, Jawa Tengah. Dalam perkembangannya, organisasi PATRIA telah memiliki banyak kader pemuda yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah kota Tanjungpinang ini.
Perayaan HUT PATRIA ke 20 diadakan oleh DPC Kota Tanjungpinang pada tanggal 19 Desember 2015, dimulaipukul 19.15 di ruang serba guna Vihara Guna Vijaya - Kota Tanjungpinang. Acara ini dihadiri oleh tamu undangan, pengurus, anggota dan juga dewan pembina PATRIA DPC Kota Tanjungpinang. Acara di awali dengan chanting bersama, yang dipimpin oleh Raffles dan Dita (Mereka berdua adalah kandidat Juara 1 Lomba Baca Paritta Se-Nasional di Porseni V Solo lho). Setelah chanting usai, acara dibuka oleh Dahliana yang berperan sebagai MC. Dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Patria, kemudian kata sambutan dari Natalia selaku Ketua PATRIA DPC Kota Tanjungpinang.

Dan masuklah ke acara puncak yaitu acara potong kue dan nyanyi lagu ulang tahun bersama oleh semua hadirin dan cekreeek!!! Tidak lupa juga foto bersama jajaran pengurus dan anggota serta hadirin untuk mengabadikan moment penting ini.

Akhirnya acara inti yang ditunggu – tunggupun tiba, yaitu sesi game. Natalia sebagai instruktur game kemudian menjelaskan cara bermain. Ada 3 macam game yang dimainkan. Yang pertama adalah stop lagu rebut matras. Nah, kalo biasanya rebut kursi maka yang ini adalah rebut matras. Game ini adalah game yang memerlukan kelincahan peserta karena mereka harus bergandeng tangan membentuk lingkaran besar dan mengelilingi matras saat lagu putar, namun ketika lagunya berhenti mereka harus dengan cepat merebut matras kosong yang tersedia dan siapa yang tidak mendapatkan matras akan mendapatkan balon hukuman yang berisi pertanyaan dan tugas spesial.

Game kedua adalah bersatu dalam kertas. Kalau game yang tadi memerlukan kelincahan sedangkan gameini adalah game kelompok yang memerlukan kreatifitas untuk menemukan jawabannya. Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok satu dan dua. Cluenya adalah bagaimanapun caranya semua anggota kelompok harus berada dalam kertas dan kertas tersebut tidak boleh sampai koyak. Awalnya para peserta kebingungan dan salah persepsi mengira semua peserta dalam kelompok harus berdiri diatas 2 lembar kertas HVS namun akhirnya kelompok ke dua berhasil memecahkan teka-teki tersebut dan terpilih sebagai pemenang serta berhak mendapatkan hadiah dan juga foto bersama dengan atribut khusus yang sudah disediakan panitia gathering.

Dan game terakhir adalah Help me !!!Help me!!!. Dari judulnya aja sudah asyik bagaimana dengan gamenya ya? Ingat permainan yang sering dimainkan waktu kecil saat acara ulangtahun temanmu dulu? Game terakhir ini para peserta harus mengoper boneka imut pada saat lagu diputar tetapi apabila ada peserta yang memegang boneka saat lagu distop, maka peserta tersebut harus membantu boneka imut itu memilih amplop rahasia yang berisi pertanyaan dan jika tidak bisa jawab akan diberikan hukuman.

Setelah sesi game selesai acara tidak langsung ditutup karena pihak panitia telah mempersiapkan kejutan ulangtahun untuk Natalia dan Jason yang memang ulangtahunnya berdekatan dengan ulangtahun PATRIA. Para peserta dipandu untuk membentuk lingkaran, bergandeng tangan dan berjoget bebas ketika lagu dibunyikan. Nah ,pada saat peserta sedang asyik berjoget tiba – tiba saja
“ Happy birthday to you… Happy birthday to yoouu…… “
Cake ulangtahun pun dibawa ke dalam ruang serbaguna. Seketika Natalia dan Jason tersenyum bahagia dan semua hadirin turut bersuka cita ikut merayakan ulangtahun Natalia (Ketua DPC Kota Tanjungpinang) dan juga Jason (Dewan Pembina DPC Kota Tanjungpinang).

Akhir kata, Acara ditutup oleh MC, Dahliana. Selamat ulangtahun PATRIA yang ke 20. Semoga PATRIA makin jaya, maju, dan kompak serta generasi PATRIA bisa menjadi generasi yang berani aksi tentunya. Selamat ulangtahun juga Natalia dan Jason. Semoga selalu mengabdi dalam Dhamma dan berbahagia.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.