Model Dadakan Jadi Incaran

1 Februari 2015, DPC Patria Tanjungpinang mengadakan Pelatihan Fotografi yang dibimbing oleh Anthony Tan. Pelatihan tersebut dimulai sekitar pukul 13.00 WIB di ruang kelas Vihara Guna Vijaya.  Sebanyak 16 orang peserta mengikuti pelatihan ini dari berbagai kalangan, ada yang masih SMP juga lho. Selain itu terdapat anak SMA / SMK, anak kuliahan, pekerja kantoran, freelance, sampai penjual cabe juga turut belajar bersama-sama. Anthony Tan sendiri fotografer profesional, sebagai wedding photographer. [ foto lainnya ]

Pelatihan dibuka dengan registrasi peserta, dan dilanjutkan dengan pembahasan dengan tema “Foto Biasa Menjadi Luar Biasa”. Anthony menjelaskan mengenai peralatan yang diperlukan, bagaimana teknik foto yang baik, disertai beberapa contoh hasil jepretan dia dalam hal foto landscape, maupun human interest. Kurang lebih 1 jam penyampaian materi beserta tanya jawab singkat, para peserta diajak untuk praktek foto didaerah Pelantar 1 dan Pelantar 2.

Dengan berkendara roda dua dan roda empat, para peserta tiba di lokasi, dan mulai menelusuri jalan untuk mencari objek yang pas untuk difoto. Tidak terduga, para peserta bertemu dengan salah satu anggota Patria yang kelakuannya agak-agak gila, yaitu Edy Gila! Mereka pun minta Edy menjadi model dadakan, dengan berjalan dan berpose dengan agak-agak gila tentunya. Canda tawa beserta jepretan pun terlihat disekitar lokasi, yang menandakan praktek fotografi berjalan dengan baiknya. Sekitar 2 jam para peserta jepret menjepret, akhirnya mereka kembali ke ruang kelas untuk mengumpulkan 2 buah foto yang mereka anggap terbaik, untuk direview bersama-sama.

Sajian lemper, epok2, soes langsung dilahap oleh peserta. Nampaknya lapar setelah hunting foto tadi. Selesai makan sembari istirahat, peserta pun langsung melihat ke layar projector, untuk melihat hasil jepretan teman-temannya, sekaligus komentar apa saja yang kurang dari foto tersebut, mungkin saja angle / sudutnya kurang pas, atau fokusnya kurang jelas. Anthony juga memperagakan edit foto melalui Photoshop, yang memang hasilnya lebih wow!. Tidak terasa sudah jam 6 sore, tibalah saatnya untuk menutup pelatihan fotografi yang baru pertama kalinya diadakan oleh Patria Tanjungpinang.

Semoga pelatihan ini memberikan manfaat yang baik dimasa mendatang.

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.