Tangisan Cinta Melanda Karimun

Tetesan air mata di pipi mengikatkan pada kedua orang tuaku. Inilah yang dirasakan sebanyak 13 calon bibit PATRIA yang telah mengikuti acara perkenalan PATRIA DPC Kab. Karimun. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2013 di Cetiya Buddharatana. Dengan semangat antusias mereka datang ke Cetiya dengan satu tujuan yaitu ingin mengenal lebih dalam tentang PATRIA serta acara apa saja yang ada pada PATRIA khususnya DPC PATRIA Kab Karimun . facebookIconSmall


Sapaan hangat Namo Buddhaya membuka acara ini dan dilanjutkan dengan pemutaran video PATRIA yang berisi sejarah lahirnya PATRIA di Candi Mendut pada tanggal 17 Desember 1995, Program Program Unggul PATRIA dan Lagu Mars PATRIA. Video ini sangat menginspirasi kepada semua peserta yang hadir dalam acara ini tanpa kecuali seluruh pengurus PATRIA DPC Kab. Karimun, karena begitu luar biasanya perkembangan PATRIA secara nasional dengan ada beberapa wajah yang tidak asing lagi seperti Sdr. Ishak yang merupakan sesepuh DPD PATRIA Kepulauan Riau.


Setelah pemutaran video, Ketua DPC PATRIA Kab. Karimun memaparkan sebuah slideshow yang telah dibuat dengan kumpulan foto PATRIA DPC Kab. Karimun selama 2 tahun lebih dari tahun 2010 sampai dengan 2013 dan acara DPC hingga DPP yang diikuti oleh beberapa perwakilan seperti Porseni pada tahun 2011 di Cibubur yang diikuti oleh Sdr. Susandi, HUT PATRIA Nasional ke 16 tahun di Batam yang diikuti oleh Sdr. Herman, Sdr. Febriyanto, Sdri. Desiwati, Sdri. Dewi Diana, Sdri. Hartati dan Sdri. Sri Susanti, dan Pelatihan Jurnalistik PATRIA 2013 di Surabaya yang diikuti oleh Sdri. Sri Susanti. Dalam Slideshow ini juga diliputi acara DPD PATRIA Kepulauan Riau yaitu PIT tahun 2010 di Tanjungpinang, Tour Batam setelah perayaan HUT PATRIA Nasional ke 16th, Musda 2012 di Kota Tanjungpinang, Perlantikan DPD PATRIA Kepulauan Riau dan Workshop Public Speaking yang dihadiri oleh Bapak Ponijan Liaw sebagai nara sumber dan yang terakhir adalah kegiatan Dhamma Talk Mandari 2013 di Tanjung Balai Karimun. Serta acara DPC seperti Bakti Sosial ke panti asuhan, Bakti Sosial Sekolah Luar Biasa, Perlepasan Makhluk Hidup, PBT (PATRIA Basic Training) serta beberapa acara gathering bersama.Begitu banyak acara PATRIA yang telah diikuti dan dilaksanakan DPC PATRIA Kab Karimun dalam 2 tahun lebih ini.

PATRIA (Pemuda Theravada Indonesia) merupakan sebuah organisasi kepemudaan Buddhis mazab Theravada dan bunga teratai dalam logo PATRIA memiliki bahwa PATRIA berlandasan dasar Dhamma, maka sebagai materi tambahan buat peserta diberikan Ajaran Dasar Agama Buddha dan Renungan terhadap kedua orang tua. Materi ini dibawakan oleh Sdri. Sri Susanti. Di mana Agama Buddha itu bersifat Universal (berlaku pada semua makhluk, waktu dan lokasi), Akaliko (tidak terlapuk oleh waktu), Reasonable (beralasan), Logical (bukan atas dasar kepercayaan atau keyakinan yang tidak bisa dipikirkan), Practical (bisa dipraktikkan) dan Beneficial (mendatangkan manfaat).

Dhamma ini bukan merupakan ajaran teori melainkan harus dipraktikkan. Maka Sdri. Sri Susanti mengakhiri sesi Dhamma dengan renungan terhadap kedua orang tua dengan iringan musik. Air mata mulai menetes seiring dengan alur cerita kisah jika saat kedua orang tua telah tiada. Cinta kasih dari kedua orang tua yang begitu besar dari kita lahir, sampai mengorbankan jiwa raga hanya menyelamatkan anaknya. Dengan renungan ini semoga seluruh peserta bisa lebih mencintai orang tua sebelum mereka tiada.

Diakhiri acara ini ditutup dengan sharing, memperdekat hubungan PATRIA dengan calon bibit PATRIA. Demikian berakhirnya acara pengenalan PATRIA.

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.