Kebahagiaan merupakan Pilihan

Banyak orang yang mengeluh dalam hidup ini ia menderita. Ada satu hal yang pasti yaitu bahwa setiap orang menginginkan hidup berbahagia. Tapi apakah Anda mengetahui bagaimana cara hidup dengan bahagia ?. Telah dibahas oleh Bhikkhu Jutipanno Mahathera yang sebagai nara sumber dalam Dhamma Talk Mandarin 幸福之道 yang artinya Jalan Menuju Kebahagiaan. facebookIconSmall


Dhamma Talk ini dilaksanakan pada Hotel Aston Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau tepat pada tanggal 4 Mei 2013. Ini merupakan pertama kali DPD PATRIA Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan di Tanjung Balai Karimun. Dimana panitia dibentuk dari DPD Kepri dan DPC Kab. Karimun dengan tujuan memperkenalkan PATRIA ke kalangan masyarakat di daerah Tanjung Balai karimun. Dalam Dhamma Talk ini Bhikkhu Jutipanno Mahathera menguraikan 5 syarat utama yang membentuk kebahagiaan, yaitu memiliki umur panjang dan keadaan sehat, kekayaan material, pernikahan yang berbahagia dan harmonis, memiliki perjalinan hubungan keluarga maupun sosial yang baik dan yang terakhir memiliki kebijaksanaan dalam bertindak.

 


Walau hanya 5 syarat pembentuk utama dari kebahagian, tetapi itu sudah merupakan hal yang sungguh sulit didapatkan dan mesti memiliki karma yang luar biasa. Maka dalam Dhamma Talk ini Bhikkhu Jutipanno menjelaskan bahwa dalam Dhamma Sang Buddha telah diuraikan beberapa cara untuk mendapatkan kebahagian dengan cara tidak membunuh, tidak menganiaya makhluk lain, rajin berdana, menjaga hubungan baik antar keluarga, taat pada orang tua , tidak mengkonsumsi bahan narkotika, rajin mendengarkan dhamma dan meditasi. Itulah kunci utama dalam Jalan menuju Kebahagiaan.

Semua ini tidak terlepas dari hasil karma masa lampau . Oleh sebab itu dalam kehidupan ini kita harus banyak menambah kebajikan untuk menabung celengan karma buat kehidupan yang akan datang, karena apa yang kita dapatkan sekarang merupakan hasil karma masa lampau. Dhamma Talk ini lebih menarik karena mengundang Artis Buddhis terkenal yaitu Olivia Yunita dengan menampilkan 3 buah lagu yaitu Diam Teng(点灯, dibaca :Tien-Teng) atau penerangan pelita, Yi jia Ren(一家人, dibaca:Yi-Jia-Ren) atau Kita Satu keluarga dan Lentera Dunia. Begitu merdunya suara Olivia mampu mencairkan hati setiap tamu yang hadir. Selain mengisi hiburan oleh artis Buddhis juga ada nyanyian duet lagu Kan Qiu(牵手, dibaca: Qian-Shou) yang artinya bergandengan tangan oleh artis PATRIA lokal yaitu Herman Lu dan Enny yan" merupakan Ketua dan Bendahara DPC PATRIA Kab Karimun.


Seiring dengan Dhamma oleh Bhante Jutipanno dan nyanyian merdu oleh para artis, tidak terasa waktu sudah menunjukkan acara akan segera berakhir. Sungguh Luar Biasa kegiatan ini telah sukses dilaksanakan dan diakhiri dengan foto bersama. “Selamat acara kalian telah dilaksanakan dengan sukses dan luar biasa” begitu tanggapan Sdri. Mie Li yang setelah mengikuti acara ini dan juga banyak tanggapan positif dari masyarakat tentang Dhamma Talk Mandarin Jalan Menuju Kebahagiaan.

{fcomment}

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.