5 Faktor Pendukung Tercapainya Kebahagiaan

Minggu (5/5/13) angka yang cantik untuk hari yang spesial, bagi umat di Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Batam. Yah benar, di hari bahagia itu telah terselenggara acara Great Event kami dengan Sukses yaitu Dhamma Talk Mandarin dengan tema tahun 2013 ini “幸福之道 (Mencapai Kebahagiaan dengan Dhamma)” di Grand Ballroom, Hotel Planet Holiday, Batam. Acara Dhamma Talk ini diselenggarakan sebagai komitmen dari DPC PATRIA Kota Batam untuk terus mengenalkan Buddha dhamma kepada umat di Kota Batam dan kota-kota di sekitarnya serta memperkenalkan seperti apa itu PATRIA. facebookIconSmall


Tahun ini acara tersebut dipimpin oleh MC  Kevin dan Lina serta dimoderator langsung oleh Romo Chen Chau Ming, beliau adalah guru dan dosen STAB Nalanda Sriwijaya. Tidak kalah pentingnya juga di sela-sela acara dhamma talk ini dimeriahkah oleh tim tari DPC PATRIA Kota Batam dengan menarikan Tari Kipas dan juga turut mengundang Artis Buddhis dari Jakarta yaitu Olivia Yunita. Pada kesempatan tersebut Olivia melantunkan 2 buah lagunya yang berjudul点灯(dibaca: dian deng atau menerangi pelita) dan Lentera Dunia. Lagu dan suara yang sangat merdu untuk didengarkan pada acara tersebut.

Membicarakan tentang kebahagiaan selalu menarik perhatian orang untuk ditelusuri. Kebahagiaan seperti apa yang benar-benar membawa kita ke kebahagiaan sesungguhnya? Terutama kebahagiaan yang sesuai dengan Buddha dhamma. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini pertanyaan yang membuat penasaran tersebut di atas akan diuraikan oleh Bhikkhu Jutipanno Mahathera sebagai pembicara dalam dhamma talk kali ini. Beliau sering mengisi acara dhamma talk di berbagai kota dan juga pendiri Dhamma Light Meditation Centre di Malaysia.


Pembahasan awal Bhikkhu Jutipanno langsung membicarakan bahwa kebahagiaan tidak dapat diperoleh dengan berdoa dan memohon. Jika bisa dengan berdoa dan memohon saja seharusnya semua manusia tidak akan menderita. Sebenarnya, jika manusia ingin bahagia asal penyebabnya diatur dengan sedemikian baik maka buah kebahagiaan akan didapat. Bagaikan seorang petani, menanam padi menuai padi dan menanam buah menuai buah.

Dalam pembahasan lebih detil, diuraikan lagi faktor apa yang benar-benar membuat kita untuk dapat mencapai kebahagiaan. Ada 5 faktor yang mendukung kebahagiaan tersebut, yaitu:
1.Memiliki umur panjang dan sehat
2.Sejahtera dan tidak miskin/melarat
3.Pernikahan/rumah tangga yang harmonis
4.Memiliki anak-anak yang baik dan berbakti serta hubungan antar manusia yang harmonis
5.Menjadi manusia yang pintar dan bijaksana

Lantas apa yang menyebabkan kelima faktor dapat dimiliki agar kita menjadi bahagia? Ini penyebab-penyebabnya:
1.Jangan membunuh dan menganiaya makhluk hidup
2.Sering-seringlah berdana/jangan mencuri, merampas, dan berbohong
3.Setia dengan pasangan hidupmu/jangan melakukan perbuatan asusila. Ditambahkan juga, jika Anda ingin di kehidupan yang akan datang juga bisa menjadi pasangan suami-istri maka Anda harus memiliki:
a.Samma Saddha = keyakinan yang sama
b.Samma Sila = moral yang sama
c.Samma Cagga = kemurahan hati/kedermawanan yang sama
d.Samma Panna = kebijaksanaan yang sama
4.Mengucapkan perkataan yang benar/jangan berbohong yang terdiri dari:
a.Jangan berbohong
b.Jangan berkata kasar
c.Jangan menfitnah
d.Jangan omong kosong
5.Menjauhi obat-obatan narkotika/minum-minuman keras/minuman yang mengurangi kesadaran. Diuraikan lagi, manusia dikategorikan dalam 3 kelompok yaitu:
a.Manusia bodoh
b.Manusia pintar
c.Manusia pintar dan bijaksana (kebijaksanaan dapat diperoleh dengan sering mendengar Buddha dhamma)

Jangan lupa hal-hal tersebut di atas juga harus dibarengi dengan menjaga sila, sering berdana, sering dengar Buddha dhamma, dan melatih meditasi.

Itulah 5 faktor pendukung dan penyebab kebahagiaan. Apakah setelah Anda membacanya terasa familiar dengan uraiannya? Iya benar, Pancasila Buddhis. Ternyata 5 penyebab kebahagiaan ada di Paritta yang sering kita ucapkan, dengan hanya menjaga 5 sila tersebut Anda sebenarnya sudah memupuk/mengkondisikan masa depan yang Bahagia. Semoga dengan diadakannya acara dhamma talk ini, kita semuanya dapat mengenal lebih dalam dan yakin dengan Buddha dhamma.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.