[Batam] Keseimbangan Hidup dalam Dhamma

Dalam kehidupan ini kita sering menghadapi banyak rintangan dan perubahan hidup mulai dari karir, kurangnya waktu, kesehatan , spiritual, keluarga, teman, kekayaan dan lain sebagainya. Semua ini sudah merupakan bagian dari kehidupan kita. Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini bersama DPC PATRIA Kota Batam melaksanakan Dhamma Talk Keseimbangan Hidup dalam Dhamma. Yang dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2014 di Hotel Goodway, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dengan nara sumber Y.M. Bhikkhu Jayamedho dan Bapak Krishnamurti (Mindset Motivator) serta Romo Dharmanadi Chandra sebagai moderator.

Dhamma Talk ini dimulai dengan nyanyian solo dan duet dengan lagu Anicca dari Renny, Dukkha dari Meivian, dan Anatta dari Selani & Welani yang merupakan tiga corak kehidupan atau yang lebih dikenal dengan Tilakkhana. Kemudian dilanjutkan dengan drama yang ditampilkan oleh anggota-anggota DPC PATRIA Kota Batam yang menceritakan kehidupan seorang pemuda yang penuh permasalahan, dimulai dari pekerjaan, hubungan dengan pacar, dan keluarga untuk mulai membuka topik awal tema Dhamma Talk yaitu “Keseimbangan Hidup dalam Dhamma”.

Dalam pembabaran sesi pertama oleh Bapak Krishnamurti dengan cerita tentang mengajarkan untuk mencoba dan mengenali penderitaan, karena penderitaan merupakan bagian dari kehidupan. Sebagai salah satu contohnya ia mengajarkan anaknya untuk belajar menerima penderitaan saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sehingga membentuk mental anak untuk seimbang dalam kehidupannya. Dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu pembabaran Dhamma oleh Y.M. Bhikkhu Jayamedho dengan mencoba melihat dalam bentuk fisik dan mental. Fisik yang artinya mengubah diri kita sendiri dan mental yaitu belajar menerima perbedaan yang terjadi pada lingkungan.

Selain itu juga, dengan kunci kalimat Be GOOD, Be SMART, Be Honesty, dan Be Trustable. Menjadi sosok manusia yang baik, pandai, jujur dan bisa dipercayai dalam lingkungan. Setelah membentuk diri dengan kunci kalimat, tidak lupa dengan Sharing and Caring. Berbagi dan memberi perhatian kepada orang di sekitar kita. Melalui kunci kalimat tersebut dan Sharing and Caring, kita akan membentuk kehidupan yang seimbang dalam Dhamma. Kita kan mulai menghargai perbedaan dan mulai menciptakan kebahagiaan dalam diri kita maupun untuk orang di sekeliling kita.  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.