[Batam] Estafet Leadership Break

Muncul sebuah judul artikel yang tidak biasanya dalam sebuah tulisan Leadership Break. Apakah Anda menjadi penasaran dengan judul ‘Estafet’ tersebut? Jika iya, ayo dibaca terus biar tahu. Leadership Break tahun ini benar-benar layaknya sebuah perlombaan estafet atau lari sambung pada olahraga atletik pada umumnya karena acara Leadership ini sendiri dibagi menjadi 3 titik pelarian estafet yang dimulai dari titik pertama pada sosialisasi Leadership di Cetiya Manggala Utama, Batu Aji.  [ foto lainnya ]


Sosialisasi Leadership di Cetiya Manggala Utama dilaksanakan pada hari Minggu, 22 September 2013. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mempromosikan acara puncak Leadership Break 2013 dan memperkenalkan lebih dekat apa itu PATRIA. Kunjungan DPC PATRIA Batam ke Cetiya Manggala Utama merupakan sosialisasi pertama kalinya di Cetiya tersebut.

 


Sosialisasi di Cetiya dimulai setelah dilakukan pujabakti oleh adik-adik SMB (Sekolah Minggu Buddhis). Kemudian acara tersebut dibuka oleh ketua DPC PATRIA Batam, Sdr. Herman Tio. Setelah itu, acara langsung dibawakan oleh tim Sei. SDM dan Organisasi. Sosialisasi pun dimulai dengan membawakan materi Leadership Preview dan dibarengi games oleh Sdr. Raykal Permanah kepada adik-adik SMB dan dibantu oleh teman-teman PATRIA lainnya.

Setelah selesai membawakan materi Leadership Preview, Sdri. Nathania Khorasani bergantian membawakan materi profil PATRIA beserta rentetan acara-acara yang pernah dilaksanakan oleh DPC PATRIA Batam. Waktu berjalan begitu cepat, sosialisasi pun sudah sampai pada ujung acara. Kami merasa bahagia ketika adik-adik SMB sangat menikmati kegiatan tersebut, dapat dilihat dari wajah-wajah mereka yang bahagia. Ada juga salah satu adik SMB bertanya, kapan lagi ya Koko dan Cece berkunjung kembali? Hal tersebut membuat kami merasa senang karena tidak sia-sia kunjungan kami membuahkan hasil. Sebagai akhir dari acara, kita melakukan pemotretan bersama untuk kenang-kenangan.
Bersambung ke titik kedua dari estafet Leadership, pada hari Minggu, 29 September 2013 kami melakukan sosialisasi ke markas DPC PATRIA Batam sendiri yang bertempat di Vihara Grha Buddha Manggala. Kali ini acara dibuka oleh Sdri. Carolina kemudian dilanjutkan acara inti dengan materi dan games dibawakan langsung oleh Sdri. Nathania Khorasani sampai akhir dari sosialisasi yang kedua ini. Sosialisasi kedua ini berlangsung dengan tawa dan senyum dari seluruh peserta adik-adik SMB yang juga menyejukkan hati kami selaku panitia sosialisasi. Terakhir, untuk mengabadikan kenangan ini, kita tidak lupa melakukan pemotretan bersama adik-adik SMB yang lucu-lucu tersebut.

Setelah melalui 2 titik estafet Leadership dari kegiatan sosialisasi pada minggu-minggu sebelumnya, tibalah pada titik terakhir dari estafet Leadership dan acara puncak Leadership Break 2013 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2013 dan Minggu, 13 Oktober 2013 dengan tema “Master Yourself, Own Your Future”.

Leadership Break tahun 2013 ini dibawakan oleh 3 narasumber yang sangat luar biasa, mereka adalah Sdr. Unico Husien, Romo Suwarno, dan Sdr. Ishak. Leadership Break tahun ini mencakup 4 hal yaitu Personality, Public Speaking, Dhamma Session, dan Fun Games. Leadership Break 2013 ini dihadiri oleh 43 peserta dari adik-adik SMB Vihara Grha Buddha Manggala dan Cetiya Manggala Utama, Muda/i Vihara Dharma Shanti dari Tanjung Uban, anggota PATRIA sendiri, dan peserta umum.

Acara dibuka oleh MC kita Sdr. Herman Tio dengan pembukaannya dilanjutkan dengan memimpin pembacaan Namakara Patha. Setelah itu, MC mempersilakan narasumber pertama kita yaitu Sdr. Unico dengan membawakan materi Personality. Suasana kelas menjadi penuh tawa dari para peserta karena materi yang dibawakan oleh Sdr. Unico begitu luwes dan humor serta Games yang kocak-kocak. Sehabis sesi Personality, giliran Sdr. Ishak untuk membawakan Dhamma Session dengan materi peranan pemuda/i dalam organisasi.

Para peserta begitu antusias mengikuti sesi demi sesi hingga sesi terakhir pada hari pertama dengan disampaikan kembali oleh Sdr. Unico tentang Public Speaking. Khusus untuk sesi Public Speaking, semua peserta diberikan 1 tugas untuk tampil ke depan dengan menyampaikan apapun karyanya pada esok harinya. Setelah materi Public Speaking dan tugas selesai diberikan, Leadership Break hari pertama pun selesai.

Memasuki hari kedua Leadership Break, para peserta kelihatannya masih semangat dicampur sedikit galau juga karena pada sesi berikutnya akan tampil ke depan untuk menyampaikan karyanya. Sesuatu hal yang asyik dan menegangkan tentunya bagi para peserta.
Kemudian sesi berikutnya pada hari kedua pun dimulai oleh Romo Suwarno dengan materinya tentang Dhamma, Manusia yang Beruntung. Di sesi ini, kita diajak untuk merenung dan menyadarkan diri bahwa betapa beruntungnya kita bisa lahir sebagai manusia.

Nah, sampailah pada sesi yang mendebarkan, Sdr. Unico pun memasukki ruangan dengan sesi selanjutnya. Para peserta diminta tampil satu per satu untuk melatih skill Public Speaking dari apa yang telah disampaikan Sdr. Unico semalam. Sangat bervariasi karya-karya dari peserta, tetapi tujuan dari ini semua adalah memupuk atau melatih keberanian para peserta untuk tampil di depan umum, itu sudah menjadi kemenangan bagi setiap peserta yang hadir. Setelah semua peserta selesai tampil, Sdr. Unico memilih 3 peserta yang tampil lebih bagus untuk menerima hadiah sebagai apresiasi, dari urutan pertama hingga ketiga adalah Sdr. Riki Indra Gunawan, Rudi, dan Hansel F. Khorasani.

Terakhir sebagai penutupan acara Leadership Break 2013, Sdr. Unico membawakan materi motivasi dengan beberapa short video kepada kita semua agar kita tetap berjuang dan tidak mudah menyerah dalam mengejar mimpi kita betapun sulitnya keadaan.

Seperti biasanya pada setiap akhir acara, kita kumpul bersama untuk mengabadikan momen yang berharga ini dengan Sdr. Unico. Semoga dengan Leadership Break ini, kita semua dapat menjadi Pemimpin bagi diri kita sendiri.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.