Hadiah Terbaik

Pada tahun 2012, DPD PATRIA Kepulauan Riau melaksanakan Workshop Public Speaking dengan mengundang nara sumber Pak Ponijian Liaw. Maka kembali lagi tahun ini melaksanakan Workshop Here & Now “Pola Pembentuk Tingkah Laku Menuju Masa Depan yang Lebih Baik” [ foto lengkap disini ]

dengan mengundang nara sumber yaitu Dr. Beni Bevly yang merupakan seorang business trainer, consultant, entrepreneur, author dan radio talk guest. Dr. Beni merupakan sedikit dari orang yang berdarah Indonesia yang berhasil di Amerika Serikat (AS) dan pernah bekerja menjadi manager di beberapa Fortune 500 companies dan kini memiliki beberapa bisnis baik di AS maupun di Indonesia, termasuk sebagai co-founder d’Academy suatu business education center di Jakarta. 

 

 

“Yesterday's the past, tomorrow's the future, but today is a gift. That's why it's called the present.” Bil keane


Workshop Here & Now ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2013 di Vihara Grha Buddha Manggala, Batam – Kepulauan Riau serta dihadiri oleh sebanyak 38 pengurus dari DPD PATRIA Kepulaun Riau, DPC PATRIA kota Tanjungpinang, DPC PATRIA Kota Batam dan DPC PATRIA Kab Karimun. Suasana mendung tidak menghalangi semangat para peserta untuk hadir dilokasi, berkumpul menikmati sarapan dan melaksanakan registrasi sebelum memasuki ruangan. Posisi duduk peserta dikelompokkan berdasarkan pengurus daerah masing-masing. Tepat jam 09.00WIB, Saudari Natalia sebagai pembawa acara mengawali acara dengan sebuah sapaan hangat Namo Buddhaya, kemudian memimpin pembacaan paritta Namakara Patha sebagai pembukaan, Menyanyikan lagu Mars PATRIA dan memperkenalkan profil/biografi Dr. Beni Bevly. Setelah itu, Dr. Beni memasuki ruangan seiring dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta. Sebelum dimulai Dr. Beni membuat sebuah komitmen dengan semua peserta yaitu selama kegiatan dilaksanakan tidak boleh menggunakan ponsel HP dan mesti tepat waktu memasuki ruangan pada saat tea break maupun waktu makan siang. Jika ada peserta yang melanggar komiment ini akan dihukum dengan menari mengikuti video yang dimainkan di depan maka itu semua peserta segera menyimpan dan silent ponsel HP.

 


Dr. Beni mengawali workshop dengan menjelaskan tema Here & Now yang artinya di sini dan saat ini. Masa lampau telah berlalu, masa depan belum tiba. Hiduplah saat ini merupakan kenyataan. Mengenang masa lampau adalah untuk mengetahui kelebihan yang sudah kita kerjakan agar bisa dikondisikan untuk terus ditingkatkan, sebaliknya kekurangan yang diketahui, hendaknya bisa diperbaiki saat ini sehingga di masa depan akan mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian pula dengan rencana masa depan, bisa saja kita susun mulai sekarang, namun, rencana tinggal menjadi rencana, kalau saat ini kita tidak mulai melakukan satu tindakan untuk mewujudkan rencana tersebut. Dengan demikian, hidup saat ini adalah yang paling penting, karena menjadi saat untuk evaluasi masa lampau, dan menjadi penentu keberhasilan masa yang akan datang. Dr. Beni mengambil contoh seorang tokoh terkenal yang menggunakan konsep pemikiran here & now adalah Dalai Lama.

Begitu menyadari pentingnya saat ini, Maka materi pertama dalam Workshop ini adalah Visi Misi Organisasi yang akan dirancang dan dilaksanakan serta dicapai bersama. Secara umum organisasi merupakan sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama, karena adanya hal ketidaksesuaian atau ketidakidealan dalam hidup maka harus diubah menjadi apa yang seharusnya atau yang diharapkan oleh sekelompok tertentu bahkan masyarakat. Perlu kita ketahui bahwa VISION adalah “What do you want to be” dan MISSION adalah “What are you doing”, maka setiap kelompok diwajibkan membuat Visi dengan sebuah kalimat yang singkat berdasarkan tujuan bersama yang ingin dicapai. Sebagai contoh, DPD PATRIA Kepulauan Riau merumuskan sebuah visi yaitu menjadi organisasi pemuda Buddhis Theravada provinsi Kepulauan Riau yang bersatu dan melahirkan anggota yang berkualitas. Setelah mendapatkan Visi dilanjutkan dengan membuat misi serta action plan yang akan dilaksanakan. Sesuai dengan arahan Dr. Beni setiap kelompok membuat visi, misi dan action plan dalam system SMART (Systematic, Measureable, Archievable, Relevant and Time-bound).

Seiring dengan berjalannya waktu, seusai sesi pertama dan melanjutkan sesi kedua yaitu Visi Misi Individual. Dr. Beni memulai dengan sebuah cerita yang sederhana yaitu “Building a House” dan menjelaskan bahwa sebagai dasar yang harus dimiliki seseorang dalam menuju visinya adalah knowledge, performance, dan personal. Setelah itu Dr. Beni mempersilahkan salah satu fasilitator, Saudari Nathania yang merupakan salah satu pengurus DPC PATRIA Kota Batam untuk menceritakan kisah “Cooking Stone Soup” yang memiliki moral cerita bahwa kerja sama akan menghasilkan sebuah hasil luar biasa. Berbagai pembahasan yang dilanjutkan dengan mengarahkan peserta ke visi yang ingin dicapai dengan berbagai sub topik seperti You Passionately Want, Accomplishing Important Things, Statement of Your Goals, Measuring How You Are Doing, Becoming Selfless and Eliminating Arrogance, Gaining the Power of Giving and Teaching, Determination and Perseverance, There is NO in between, Acting Couragegeously Instead of Being Fearful, Turning Crisis to Opportunity, Committing Yourself, Push Harder and Live Stronger, dan yang terakhir adalah Marrying to The Right Person. Kini waktu menunjukkan jam 15.15wib acara ditutup dengan paritta Namakara Patha. Demikian berakhirnya workshop Here & Now dengan pembagian piagam dan foto bersama.

Terima kasih kami ucapkan kepada tim panitia yang telah banyak bekerja hingga suksesnya workshop ini. Terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pengurus DPD Kepulauan Riau, 3 Ketua serta pengurus dari DPC Kota Tanjungpinang, Kota Batam, dan Kabupaten Karimun yang telah bersedia menghadiri workshop Here & Now.  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.