Tulisan Tali Persaudaraan Kepulauan Riau

Menulis merupakan hal yang dianggap membosankan bagi sebagian orang, apakah hal demikian benar? Ataukah kita takut untuk menulis sebab belum menguasai teknik menulis yang baik dan menarik? Bersama dengan Dpd Patria Kepulauan Riau melaksanakan pelatihan jurnalistik se-kepri pada tanggal 10 hingga 12 September 2016 di Vihara Grha Buddha Manggala, kota Batam, provinsi Kepulauan Riau, dengan mendatangkan narasumber utama Dragono Halim, yang berasal dari Kalimantan Timur. Beliau sebelumnya pernah mengisi pelatihan jurnalistik nasional pada tahun 2013 di Surabaya dan juga pernah bekerja sebagai wartawan, redaktur dan Managing Editor.

Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 18 peserta yang berasal dari Dpc Patria kota Batam, Dpc Patria kota Tanjungpinang, Dpc Patria kabupaten Karimun, dan Dpc Patria kabupaten Bintan. Pada Sabtu 10 September 2016 pelatihan diawali dengan perkenalan antar peserta karena seperti pepatah Melayu yang mengatakan tak kenal make tak sayang. Usai perkenalan, pelatihan dilanjutkan dengan pembukaan oleh pembawa acara Sri Susanti dengan paritta Namakara Patha, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Patria. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Dpd Patria Kepulauan Riau, Aan dan kegiatan ini resmi dibuka oleh Y.M. Guttadhammo Thera.

Pelatihan dibagi menjadi beberapa sesi, salah satu sesi yang paling menarik dibawakan oleh Dragono mengenai 3 prinsip menulis, yang menjelaskan bahwa untuk menulis sebuah artikel atau bacaan yang bagus dibutuhkan 3 prinsip utama yaitu Fun & Excitement, Complete dalam maksud sebuah artikel harus memenuhi peraturan 5W1H (why, who, what, when, where dan how) dan yang terakhir adalah interesting(menarik). Selain materi menulis dengan baik, di pelatihan jurnalistik ini, juga ditambahkan materi design grafis oleh Hendry Wijaya dan materi photography oleh Raykall Permanah, di mana mereka berdua sudah memiliki pengalaman yang lama dalam bidang masing-masing.

Bagi beberapa peserta, pelatihan ini merupakan pengalaman acara tingkat provinsi pertama yang diikuti oleh mereka. Selain materi yang didapatkan oleh peserta juga berkesempatan untuk membangun rasa persaudaraan antar peserta berasal dari pulau dan Dpc yang berbeda. Sehingga terbentuk sebuah keluarga besar Patria di Kepulauan Riau yang lebih erat dan dekat.

“Setelah pelatihan ini, saya dapat belajar membuat artikel lebih baik. Selain mendapatkan teknik menulis, sungguh luar biasa juga bisa mengenal teman-teman dari daerah lain yang terutama itu Ricky dari Dpc Patria kabupaten Bintan. Belajar bagaimana bisa saling sharing dan komunikasi antar teman daerah lain. Pulang nanti, saya akan berbagi ke teman Karimun tentang apa yang telah saya dapatkan dalam pelatihan ini.” kata Richart, salah satu peserta dari Dpc Patria kabupaten Karimun.

“Saya berharap bahwa setelah pelatihan ini panitia bisa terus memberikan motivasi tahapan lebih lanjut, bukan hanya selama pelatihan ini berlangsung” Dragono.

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.