Patria Basic Training Pertama di Bintan

IMG 3891

10 – 11 Maret 2018, tepatnya di Vihara Dharma Shanti – Tanjung Uban. DPC PATRIA Kabupaten Bintan telah mengadakan Patria Basic Training

untuk pertama kalinya yang diikuti oleh 3 DPC yaitu, DPC Kab.Bintan, DPC Kota Tanjung Pinang, Dan DPC Tanjung Balai Karimun. Dengan jumlah total peserta 31 orang. Dihadiri oleh 2 pembicara dari Tim BPO yaitu, Paulus Ñāṇavaḍḍhano, S.Kom., M.T. Dan Rudi Karunanando Sugianto, S.T. Peserta melakukan registrasi pada pukul 07.45 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara. Materi yang pertama berjudul “Faktor Kepemimpinan Fundamental” dibawakan oleh Paulus. dilanjutkan ke Materi ke-2 setelah morning break pukul 12.00 WIB, Materi Ke-2 tentang “Etika Berorganisasi” yang dibawakan oleh Ishak yang sempat diberi satu sesi untuk mengisi. Ishak juga termasuk dalam Tim BPO, asal Tanjung Pinang. Setelah itu dilanjutkan sesi lunch time pukul 12.00, dan dilanjutkan ke materi ke-3 tentang “Teknik Dokumentasi Kegiatan” yang dibawakan oleh Rudi. Ia yang merupakan seorang fotografer, dapat membuat peserta sangat antusias untuk mempelajarinya mulai dari cara berfoto dan mengedit. Para peserta kemudian diminta untuk mencari pasangan masing-masing untuk memfoto satu sama lain. Pada penghujung materi ke-3, setiap peserta diwajibkan untuk memposting sebuah foto yang sudah diedit ke akun istagram masing-masing dengan hashtag #pbtbintan_tdk.

Dilanjutkan ke materi ke-4 setelah afternoon break, dibawakan oleh paulus dengan judul “Sukses Dengan Pikiran Positif”. Pada materi ini terdapat games untuk meniup balon sampai pecah yang bertujuan untuk melawan ketakutan masing-masing peserta. Nah, setelah sesi makan malam dan mandi, dilanjutkan ke materi ke-5 oleh rudi yang berjudul “Tips Manajemen Organisasi”. Ada games seperti mematahkan pensil dan juga I want to be a millionaire yang mengharuskan peserta bernegosiasi kepada peserta lain untuk menukar nominal uang yang mereka punya. Tentunya uang bohong-bohongan saja. Pada akhir sesi ini, peserta diberi gift card untuk diisikan pesan terima kasih kepada kerabat dekatnya.

Cukup banyak peserta yang terharu atas apa yang mereka tulis dan mereka terima, ditambah lagi musik yang menambah nuansa sedih. Keesokan harinya, peserta bangun pukul 05.00 WIB dan dilanjutkan ke materi ke-6 pada pukul 08.00 WIB. Materi ini dibawakan oleh paulus dengan judul “apa yang berbeda dari Buddhisme?”. Nah, terbukti bahwa pada Patria Basic Training tidak hanya belajar tentang kepemimpinan melainkan juga belajar tentang Dhamma.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi “Mengenal Patria dari masa ke masa” yang dibawakan oleh rudi sebagai pewawancara dan dihadirkan beberapa senior Patria seperti, Jason, Epy, Ishak, dan Natalia. Setelah itu peserta dengan panitia bersama-sama menyanyikan lagu “Peng You-Emil Chau”. Pada penghujung event ini, diadakan sesi pesan dan kesan. Beberapa peserta menyampaikan pesan dan kesan mereka selama mengikuti acara Patria Basic Training I di Kab.Bintan ini, ada yang sebelumnya hanya berkawan dengan teman-teman Se-DPCnya, ujung-ujungnya sudah berani berkenalan dan berkumpul dengan teman-teman dari DPC lain. Ada yang tidak berani maju untuk bicara, akhirnya jadi yang paling inisiatif maju. Sertifikat peserta diberikan kepada perwakilan dari 3 DPC, dan panitia menyerah Cinderamata serta sertifikat kepada masing-masing pembicara.

Sebelum pada peserta pulang ke daerah masing-masing, kami melakukan foto bersama kemudian dilanjutkan dengan lunch.

Semoga PBT ini dapat menumbuhkan gelora semangat baru di pemuda-pemudi Patria untuk dapat mempraktikkan ajaran Buddha (dana,sila,Samadhi) dan memberikan manfaat positif bagi lingkungan sekitarnya.

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.