Bendera Patria berkibar di Bintan

Sejak lahirnya organisasi Pemuda Theravada Indonesia (PATRIA) di Kepulauan Riau pada tahun 2006 dengan pembentukan DPD PATRIA Kepulauan Riau dan DPC PATRIA Kota Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2007 lahir DPC PATRIA Kota Batam dan tahun 2010 DPC PATRIA Kab Karimun. Hingga sampai tahun 2013 DPD PATRIA Kepulauan Riau memiliki 3 DPC. [ foto langkap ]

Setelah itu DPD PATRIA Kepulauan Riau ingin lagi membentuk DPC baru khususnya di Kabupaten Bintan. Maka sejak itu dilakukan pembinaan di Bintan mulai dari kerja sama bersama MAGABUDHI melakukan Puja Bakti rutin pada hari Rabu hingga pelatihan khusus untuk pemuda-i yang ada di Bintan.

Pelatihan yang dilaksanakan dengan nama D’Lemon (Dhamma Leadership Motivation Training) dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Desember 2013 di Vihara Dharma Santi dengan dihadiri pembicara Ramani Tintin (MAGABUDHI), Ishak (Pembina DPD PATRIA Kepulauan Riau) dan Herman Tio (Ketua DPC PATRIA Kota Batam). Dalam D’lemon mulai diperkenalkan Organisasi (PATRIA) kepada pemuda di Bintan.

Setelah pelatihan ini ada beberapa peserta yang antusias menyatakan ingin menjadi anggota dan membentuk PATRIA di Bintan, Maka dilaksanakan Musyawarah pembentukan DPC PATRIA Kab Bintan pada tanggal 14 Januari 2014 dengan hasilnya adalah pemilihan Selly Christina yang kemudian menyusun kepengurusannya sebagai berikut

Ketua : Selly Christina
Sekretaris : Melian Yanti
Bendahara : Felany
Sei. Organisasi : Ferry
Sei. Sosial : Heri
Sei. Seni Budaya : Fenny
Sei. Olahraga : Ferdi

Setelah penyusunan struktur organisasi telah selesai dan diputuskan untuk melaksanakan Pelantikan Kepengurusan DPC PATRIA Kab Bintan pada tanggal 16 Februari 2014 di Vihara Dharma Santi.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan paritta Namakara Patha, Nyanyi Lagu Indonesia Raya dan Mars PATRIA kemudian ucapan janji setia dan dilanjutkan dengan simbolik pemakaian rompi biru dan penyempitan pin PATRIA yang dilakukan oleh Hendy Loh selaku Ketua DPD PATRIA Kepulauan Riau kepada Selly. Setelah ini Y. M. Guttadhammo Thera memberikan wejangan Dhamma kepada pengurus baru. Tidak lupa yang terakhir dengan kata sambutan dari Hendy sebagaimana isinya sebagai berikut “Terima Kasih kepada Para donatur dan selamat kepada kepenggurusan baru serta berpesan kepada Para Donatur dan simpatisan bisa terus mendukung DPC Kab Bintan yang masih berusia merangkak (bayi), Para bhikkhu STI (Sangha Therava Indonesia) dan pemerintah melalui Depag terus memberikan pembinaan kepada PATRIA dan harapan kedepan kepada MAGABUDHI dan WANDANI juga segera terbentuk di Kab. Bintan, sehingga KBTI di Kab. Bintan bisa saling melengkapi dan bekerja sama untuk mengembangkan Buddha Dhamma di sana. Dengan demikian maka PATRIA pasti kan berjaya di Kab. Bintan .”

Demikian usai sudah pelantikan DPC PATRIA Kab Bintan dengan ucapan selamat kepada pengurusan baru dengan salam salaman. DPC PATRIA Kab Bintan merupakan DPC pertama yang lahir dalam kepengurusan Tedy Wijaya (Ketua DPP PATRIA Periode 2013 – 2017) dan dalam tahun 2014. Semoga dengan lahirnya DPC PATRIA Kab Bintan akan semakin mengembangkan Buddha Dhamma di Kepulauan Riau khususnya di Kab Bintan.  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.