Ultah Patria di Tarakan

14 Desember 2014, dalam rangka memperingati ulang tahun PATRIA yang ke-19, DPC PATRIA TARAKAN mengadakan sebuah event yang terdiri dari 3 kegiatan yang dilaksanakan dalam 1 hari, yaitu Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Donor Darah dan Bakti Sosia di Panti Jompo. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu Sesi pertama (pagi hari) dan Sesi kedua (siang hari). [  foto lainnya ]

Pada sesi pertama, DPC PATRIA TARAKAN melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan gratis dan Donor darah. Yang mana demi terselenggaranya acara ini kami telah mengundang 6 perawat sebagai pemeriksa dan 2 dokter sebagai tempat konsultasi (dr. Winson Jos dan dr. Singgih) untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan kami juga mengundang dari pihak PMI untuk pelaksaanaan donor darah. Kegaiatan diawali dengan kata sambutan dari Ketua DPD PATRIA KALTARA, Ketua DPC PATRIA TARAKAN dan Ketua Panitia penyelenggara kegiatan ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan peniupan lilin, pemotongan kue dan penerbangan balon sembari menyanyikan lagu Mars Patria. Penerbangan balon tadi sekaligus menyatakan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan dan donor darah pada pagi itu telah SAH di buka. Terlihat dari tempat tunggu, para peserta pun ber-antusias untuk mendapatkan gilirannya.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini diawali dengan pemeriksaan tensi peserta untuk mengetahui tekanan darah, dilanjutkan pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat dengan sebuah alat yang menggunakan media strip kertas yang telah ditetesi darah peserta. Setelah hasil pemeriksaan telah keluar, peserta pemeriksaan dapat melakukan konsultasi dengan dr. Winson Jos dan dr. Singgih. Ditempat yang lain, proses pendonoran darah pun telah dilaksanakan. Saat itu kami telah mendata sekitar 28 orang umat Buddha yang ingin mendonorkan darahnya. Hal ini membuktikan bahwa umat kita juga memiliki sifat antusiasme untuk saling membantu sesama dalam memberikan darahnya demi orang yang membutuhkan di luar sana.

Berikutnya pada sesi kedua, DPC PATRIA TARAKAN melaksanakan kegiatan bakti sosial di Panti Jompo. Pada Baksos yang kami lakukan kami ini, sebelumnya kami telah mendata, berbincang-bincang sedikit dan bertanya kepada penghuni panti jompo tersebut apa yang mereka inginkan, ada yang meminta untuk dibelikan selimut, bantal, sarung adapun yang meminta kesehatan berupa pengobatan kepada mereka yang saat ini sedang sakit. Jadi, dari pihak kami mencoba untuk dapat memberikan apa yang diinginkan sebisa kami, dan meminta kepada dr. Winson Jos dan dr. Singgih untuk dapat memberikan pemeriksaan dan pemberian resep kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan baksos itupun dibuka dengan kata sambutan dari ketua panitia penyelenggara, dilanjutkan kata sambutan dari pihak pengurus panti dan perwakilan dari penghuni panti jompo tersebut. Kemudian kami melakukan perayaan ulang tahun PATRIA juga di tempat panti itu, lalu melakukan pengecekan kesehatan kepada setiap penghuni panti. Akhir kegiatan baksos kami pada kali ini, kami memberikan sembako kebutuhan panti beserta barang-barang yang diinginkan dari data telah kami dapatkan. Sebagai penutup kegiatan, kami pun tak lupa untuk melakukan foto-foto bersama dengan seluruh pengurus dan penghuni panti jompo tersebut.

Dipenghujung, kami meninggalkan tempat itu dengan rasa bahagia dan bangga serta berharap semoga kami dapat melakukan hal yang sama lagi bahkan yang lebih untuk ulang tahun PATRIA yang berikutnya. SEMOGA PATRIA SELALU JAYA . . . ONE SPIRIT ONE DHAMMA . . .  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.