Amedha 3

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami dari DPC Patria Tarakan mengadakan sebuah acara yang dinamakan Amedha. Amedha merupakan singkatan dari Athasila, Meditasi, dan Dhammadesana, dimana acara ini diadakan untuk melatih sila dan moral remaja-remaja buddhis yang ada di Kota Tarakan. Amedha pada tahun ini merupakan kegiatan Amedha yang ke 3 kalinya diadakan di Kota Tarakan tepatnya lagi di Vihara Sinar Borobudur. [ foto lainnya ]

Amedha ke-3 ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 15 orang perempuan, dan berlangsung selama 3 hari 2 malam pada tanggal 19 - 21 Desember 2014. Selama para peserta mengikuti Amedha ini, para peserta menginap dilingkungan Vihara. Dengan tujuan agar mereka dapat melaksanakan pelatihan sila dengan lebih tenang. Pada Amedha ini kami, juga mengundang Bhante Citawaro dan guru-guru agama Buddha yang berada di Tarakan sebagai pembicara.

Pada Amedha ini, para peserta diajarkan untuk berlatih bagaimana menjadi seorang Bhante tetapi dalam lingkup yang lebih kecil yaitu hanya menjalankan 8 latihan sila (Atthasila). Sesuai dengan yang biasa dilakukan oleh umat awam pada umumnya. Di kegiatan ini, para peserta dilatih untuk melatih diri menghindari pembunuhan, melatih diri menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan, melatih diri menghindari perbuatan yang tidak suci, melatih diri menghindari ucapan yang tidak benar, melatih diri menghindari minuman memabukkan hasil penyulingan atau peragian yang menyebabkan lemahnya kesadaran, tidak makan setelah tengah hari, untuk melatih diri menghindari menari, menyanyi, bermain musik, dan pergi melihat pertunjukkan (memakai, berhias dengan bebungaan, wewangian, dan barang olesan atau kosmetik) dengan tujuan untuk mempercantik tubuh, melatih diri menghindari penggunaan tempt tidur dan tempat duduk yang tinggi dan besar (mewah). Sehingga dari peserta selama beberapa hari ini dapat merasakan bagaimana rasanya berpuasa dalam versi agama Buddha.

Mungkin ini dapat dibilang, sebuah pengalaman yang akan sangat beharga bagi masing-masing peserta karena semua pengalaman tersebut, menjadi seseorang yang memiliki kepribadian lebih baik dilingkungan rumah maupun dilingkungan luar lainnya.  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.