Menyambut Waisak Dengan Penghayatan Dhamma

P5020228Dalam Menyambut Hari Raya Waisak 2557 BE/ 2013 Vihara Muladharma Samarinda kembali mengadakan SPD (Sebulan Penghayatan Dhamma) yaitu kegiatan puja bakti membaca paritta dan mendengarkan dhammadesana (ceramah) yang disampaikan oleh para bhikkhu Sangha atau pandita.


Tahun ini SPD di mulai dari 14 april sampai 19 mei 2013 , di lakukan dari rumah ke rumah terkecuali pada tanggal 2 mei 2013 group meditasi Amedha ikut berpartisipasi mengadakan SPD yang ke 19, mengambil tempat di Vihara Ekayana yang menghadirkan Bhikkhu Guttadhammo Thera yang berasal dari Padesanayaka Kep.Riau.
P5020224

 

Bhikkhu Guttadhammo Thera

 

Meskipun kota Samarinda sempat di guyur hujan sejak siang hari hingga petang namun tak mengurangi niat umat Buddha untuk menghadiri SPD tersebut.

Dalam Dhammadesanya bhante menjelaskan belajar dhamma untuk tahu dan mau di praktekan (ehipassiko) dan mengkoreksi diri dan belajar dhamma juga dapat belajar dari berbagai macam analogi / perumpaman .

Ajaran Buddha itu dianalogikan seperti rakit, dimana rakit digunakan sebagai alat untuk menyeberang, menyebrangkan diri kita dari dukkha ke menuju sukkha, bisa juga dianalogikan sebagai obat , obat untuk mengatasi penderitaan agar kita bisa bebas untuk menyembuhkan dari kelahiran, tua dan kematian sering di katakan guru agung Buddha Gautama dimana sang Buddha sebagai dokter, dhamma sebagai obat dan Sangha sebagai perawat. Belajar dhamma harus di praktekan dan di latih dan diharapkan dapat membawa perubahan pola pikir menjadi ke arah yang lebih baik.

 

P5020228

Peserta SPD

 

Sebagai Koordinator Amedha yang menyelengarakan SPD kali ini, Sdr Andre Gunawan mengungkapkan sedikit kewalahan dalam mempersiapkan acara ini namun melihat antusias umat yang hadir mendengarkan dhamma membuatnya menjadi semangat untuk berbagi kesempatan mendengarkan dhamma apalagi ditambah dengan dhammadesana yang di sampaikan bhante mudah di mengerti karena kadang diselingi candaan.

Lain halnya seperti yang ungkap saudara Wililyono Hendra tentang dhammadesana yang di sampaikan bhante meskipun ia agak sempat terganggu dengan suara anak balita yang duduk di bagian belakang. Setelah SPD Selesai bhante langsung menuju ke Balikpapan untuk melanjutkan perjalanan kembali keesokan harinya menuju Semarang.

{fcomment}

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.