Belajar Bersama di Patria Basic Training

DSC00936Patria DPC Kota Samarinda mengadakan kegiatan Patria Basic Training (PBT) untuk ketiga kalinya, pada 4-6 Mei 2016. Selama kegiatan PBT ini, peserta berkesempatan untuk memperdalam ajaran agama Buddha dengan penerapannya dalam organisasi dan pengetahuan organisasi lainnya seperti pentingnya membangun pikiran/mindset yang positif, serta cara mengatur dan beretika dalam berorganisasi. Kegiatan PBT tahun ini diikuti oleh 19 Peserta. Patria juga mengundang 4 pembicara yaitu Laurensius Widyanto, I Made Adnyana, Erlin sulistio dan Fery Go.


Pada awal kegiatan PBT kali ini, para peserta berkumpul untuk mendengarkan penyampaian materi dengan tema “Apakah yang Berbeda dari Buddhisme?”. Tujuan dari penyampaian materi ini adalah kita bisa memperkuat keyakinan kepada Buddha Dhamma dan juga mengajarkan kita ‘how important to have good friends, respect them’.

Pada kegiatan berikutnya, para peserta mendengarkan materi berjudul “Sukses dengan Pikiran Positif”. Dari materi ini peserta diajarkan cara untuk kita tetap berpikir positif dimanapun dan situasi apapun, serta sukses atau tidaknya seseorang itu semua tergantung dari pikiran. Selain itu peserta juga diberi sebuah kegiatan yaitu, meniup balon sampai meledak. Makna dari kegiatan tersebut adalah “We can do it!” “If they can do it, I can do it too!” .

Ada juga materi dengan tema “Faktor Kepemimpinan Fundamental”. Dalam materi ini, peserta diberi gambaran mengenai bagaimana seorang pemimpin yang baik berperilaku, seorang pemimpin harus mempunyai visi, perubahan, pengaruh, dan kreativitas. Sebuah kegiatan diberikan kepada peserta pada saat materi ini. Kegiatan ini mengajarkan kita, dari setiap kelompok pasti ada 1 orang yang berperan menjadi seorang pemimpin/leader yang menuntun anak buahnya untuk berhasil. Kesehatan juga salah satu faktor dari kepemimpinan, seorang pemimpin itu bukan hanya harus sehat pada fisiknya saja, tetapi mentalnya juga. Cara melatih agar fisik dan mental kita sehat adalah dengan bermeditasi, olahraga dan makan makanan yang sehat.

Peserta PBT juga belajar bahwa menjadi salah satu anggota dari Patria itu membutuhkan tanggung jawab yang besar. Kita harus bisa memotivasi sesama anggota dan mengatur/mengontrol waktu. Jika ada anggota lain yang melakukan kesalahan, kita hendaknya menjadikan kesalahan tersebut jadi sebuah pembelajaran dan share ke yang lain. Materi ini dibawakan dengan judul “Tips Manajemen Organisasi”.

Dan yang menjadi materi terakhir rangkaian PBT adalah “Etika Berorganisasi”. Materi ini mengajarkan kita tentang “Apa sih Patria itu?” “Apa Manfaat kita bergabung di Patria?” Patria itu bukan sekedar organisasi, melainkan sebuah keluarga. Karena kita bergabung di Patria bukan hanya sekedar ikut bantu mengorganisasi, tetapi sebagai wadah kita menambah ilmu ,mengajarkan kita tentang bagaimana bertanggung jawab, mengupayakan mengembangkan kualitas diri sebaik mungkin.

Selain materi ada juga sharing dari para senior Patria yang merupakan mantan pengurus DPC PATRIA Samarinda sebelumnya. Dari sharing ini para peserta tahu bahwa dalam membangun suatu organisasi memerlukan usaha yang tidak kecil. Seperti kata pepatah, semua perlu proses. Dan itulah sampai sekarang Patria Samarinda terus berkembang dari tahun ke tahun, dan juga Patria mengharapkan dukungan dan support agar bisa lebih maju lagi.

Dengan kegiatan PBT diharapkan peserta dapat saling bekerjasama, saling mensupport satu sama lain, bisa memajukan organisasi Patria menjadi lebih baik.  

 

DSC00936

 

DSC00936

 

DSC00936

 

DSC00936

 

DSC00936

 

DSC00936

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.