PATRIA BASIC TRAINING JILID 2

Setelah sukses menggelar Patria Basic Training pertama pada tahun 2012, kali ini DPC Patria Samarinda kembali menggelar Patria Basic Training yang kedua kalinya pada tanggal 26 – 28 Mei 2014 dengan menghadirkan 3 pembicara Super dari BPO Patria yaitu; Unico Husien (Jakarta), Paulus Liem (Medan), dan Fery Go (Samarinda). Panitia di kegiatan ini dimotori oleh Wendy. [  foto lainnya ]

Di hari pertama, seluruh peserta yang berjumlah 33 orang (31 orang dari Samarinda dan 2 orang dari Balikpapan) melakukan registrasi peserta. Lalu setelah makan malam bersama, pembukaan acara dimulai pukul 19.15 WITA dengan menyaksikan video profil Patria yang dilanjutkan dengan menyanyikan mars Patria yang dipimpin oleh Unico secara bersama-sama.

Sebagai pembuka, Paulus menyampaikan materi yang berjudul “Apakah yang berbeda dari Buddhisme?”. Setelah selesai mendengarkan materi dari Paulus hingga cukup larut malam, para peserta diarahkan untuk istirahat. Ada yang pulang ke rumah masing-masing dan ada pula yang menginap di Vihara Muladharma. Malam itu, teman-teman Patria Samarinda mengajak pembicara dan tamu dari Balikpapan untuk menikmati santapan khas Samarinda, yaitu Nasi Kuning.

Keesokan harinya, seluruh peserta berkumpul di Vihara pukul 06:00 untuk melakukan Chanting bersama Bhikkhu Adhikusalo Thera. Setelah chanting, peserta bergantian mandi lalu sarapan bersama. Tepat pukul 08:00, sesi ke-2 dimulai dengan materi “Dasaraja Dhamma” yang disampaikan oleh Sdr. Fery Go. Kemudian sesi demi sesi dibawakan bergantian oleh Pembicara BPO yang disambut antusias dari seluruh peserta. Paulus membawakan materi “10 Hal dalam Kepemimpinan” dan “Manajeman Dasar dalam Berorganisasi”. Dengan gaya penyampaian yang unik dan lugas, seluruh peserta dapat dengan mudahnya mengerti apa yang disampaikan oleh Paulus. Sedangkan Unico membawakan materi “Sukses dengan Pikiran Positif” dilengkapi dengan game aplikatif memecahkan balon yang sukses diikuti oleh seluruh peserta yang ingin bertekad membuang sifat yang kurang baik pada diri masing-masing.

Di akhir sesi pada hari kedua ini ditutup dengan sesi Perenungan, semua air mata dan rasa terima kasih di haturkan dengan tulus oleh peserta pada kedua orang tua. Unico telah menyadarkan kita semua tentang jasa kedua orang tua kita yang tak dapat terbalaskan. Setelah sesi perenungan ini, acara hari ke-2 ditutup dengan foto bersama oleh seluruh peserta, panitia dan pembicara.

Pada hari ketiga, peserta mulai datang ke Vihara Muladharma jam 18:00. Setelah makan malam bersama, sesi berikutnya adalah “Sharing Patria Dulu & Sekarang”. Pembawa sesi interaktif ini adalah Unico dan 3 orang narasumber kader Patria Samarinda yaitu Dragono Halim (Ketua DPD Kalimantan Timur 2006-2012), Franky Wijaya (Ketua DPC Samarinda 2008-2010), dan Giovanni Siedharta (Ketua DPC Samarinda 2011-2013). Sharing berjalan santai dan seru karena tiga narasumber dan moderator kompak membawa suasana yang asyik diikuti oleh seluruh peserta. Setelah sharing, Ko Unico membawakan sesi kesan dan pesan peserta selama 3 hari mengikuti PBT ini. Fun, inspire, touching, mungkin ini yang dapat tergambar dari kepuasan seluruh peseta PBT-2. Mereka semua menikmati bahasan dhamma, leadership maupun pengetahuan dasar tentang pikiran dan manajemen berorganisasi yang disampaikan oleh 3 pembicara yang luar biasa. Ketiga pembicara ini ibarat trisula yang tajam membuka wawasan dan kesadaran kita.

Terima kasih kami haturkan untuk BPO Patria, terutama kepada Unico dan Paulus yang telah meluangkan waktunya untuk datang jauh-jauh dari Jakarta dan Medan ke Kota Tepian (julukan Kota Samarinda). Terima kasih juga kepada seluruh peserta, panitia dan donatur acara. Semoga kita semua mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. One Spirit One Dhamma.

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.