Nge –TWID Barenk DPC PATRIA BERAU

Pada tanggal 15 Mei 2015, Secara perdana DPC PATRIA Berau mengadakan TWID, Together With Dhamma, dengan bertemakan “Learning today, leading tomorrow”. Acara ini berlangsung 3 hari 2 malam mulai dari 15 Mei-17 Mei 2015 di Vihara Santi Graha Berau, jalan Diponegoro dan diikuti oleh 15 peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu program DPC PATRIA Berau untuk melatih pemuda-pemudi vihara agar menjadi pemimpin yang percaya diri, berwibawa, bertanggung jawab dan pastinya sesuai dengan Dhamma. [ foto lainnya



Pukul 18.00 peserta mulai berkumpul lalu melakukan registrasi ulang, tepat pukul 18.30 acara resmi dibuka dengan pembacaan namakara patha dan dilanjutkan sambutan dari ketua acara, Reynaldi Praditha. Tekad panitia sempat diuji dengan adanya pemadaman listrik yang berlangsung cukup lama namun berkat tekad dan semangat yang kuat dari panitia, acara tetap berlangsung walaupun dalam kondisi kurang mendukung. Setelah kata sambutan , dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars PATRIA & Salam PATRIA. Kemudian acara selanjutnya games perkenalan dan juga pembagian kelompok, walaupun dalam kondisi mati lampu peserta tetap bermain dengan semangat & antusiasme yang tinggi.

Setelah kelompok terbagi peserta mendengarkan materi “Inspirasi & Motivasi” yang disampaikan oleh Ryan Arifin. Setelah penyampaian materi, peserta dipersilahkan membuat perlengkapan tim seperti nametag, yel-yel, team board yang ditujukan untuk mengumpulkan bintang yang mereka dapatkan dari quest log yang bisa dilaksanakan peserta disela-sela acara. Bintang-bintang tersebut akan menentukan posisi tim mereka di klasemen league dimana pimpinan klasemen akan medapatkan keuntungan dan hadiah dari panitia. Selanjutnya peserta dipersilahkan untuk istirahat. Tanpa pemberitahuan sebelumnya, tepat pukul 2 pagi panitia membangunkan peserta untuk bermain games scary night. Terdapat clue berupa kaset rekaman untuk mencari benda yang ditentukan. Namun hingga waktu yang ditentukan selesai, para peserta tidak menemukan benda yang dimaksud, sehingga para peserta dinyatakan gagal dan mereka dipersilahkan istirahat kembali.

Pada tanggal 16 Mei 2015, pukul 06.00 acara TWiD hari kedua ini diawali dengan chanting dan dilanjutkan dengan jogging di sekitaran area Vihara. Setelah Jogging peserta dipersilahkan untuk sarapan dan mempersiapkan diri untuk sesi selanjutnya. Sesi selanjutnya yaitu materi yang disampaikan oleh Bapak Lilik Sudarmawan, S.Ag tentang “Dinamika kelompok”, dalam sesi ini kita diajarkan untuk mengahadapi perubahan kelompok dan bagaimana kita beradaptasi dengan kelompok tersebut. Lalu selanjutnya coffee break selama 15 menit. Setelah itu peserta dipersilahkan kembali untuk mendengarkan materi 2 yang disampaikan oleh Ryan Arifin tentang “Public speaking”, disini mereka dilatih untuk percaya diri saat didepan umum. Setelah materi ke 2 disampaikan, selanjutnya yaitu makan siang dan istirahat. Acara kembali dilanjutkan pukul 12.30 yaitu materi ke 3 yang disampaikan Bapak Lilik Sudarmawan, S.Ag yaitu “Manajemen kesekretariatan” menjelaskan fungsi penting kesekretariatan bagi organisasi dan cara membangun kesekretariatan yang baik. Setelah itu peserta dipersilahkan diri untuk bersiap-siap menghadapi glory race. Disini para peserta diminta untuk menuju pos-pos pada peta dimana setiap pos peserta akan diminta untuk memainkan games telah disiapkan oleh panitia. Disini para peserta sangat bersemangat dan antusias saat bermain games walaupun saat siang bolong. Glory race selesai sekitar pukul 17.30 dilanjutkan para peserta beristirahat, makan malam, serta mempersiapkan diri untuk sesi selanjutnya.

Tepat 19.00 acara dilanjutkan yaitu materi dari saudara San – San tentang “10 syarat menjadi pemimpin yang sesuai dengan dhamma” disini dijelaskan bagaimana cara kita menjadi pemimpin yang sesuai menurut dengan Dhamma. Setelah itu coffe break, lalu kemudian peserta kembali berkumpul karna acara selanjutnya yaitu talent show dimana mereka akan diminta menampilkan bakat-bakat mereka seperti menyanyi, dancing,theater, stand up comedy. Setelah itu para peserta dipersilahkan istirahat

Tanggal 17 Mei 2015, hari ketiga acar TWiD diawali para peserta mempersiapkan diri dan sarapan, setelah itu para peserta melaksanakan puja bakti SPD. Kemudian acara selanjutnya yaitu acara penutup diawali dengan kesan pesan yang disampaikan Ketua DPC PATRIA Berau, Cinni Dewi dilanjutkan kesan pesan dari dari ketua Pelaksana acara TWID, Reynaldi Praditha. Setelah itu kesan pesan peserta dan pembagian sertifikat juga foto bersama.

Dengan acara ini kami berharap dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan menjadi kader-kader PATRIA yang berkualitas, serta para peserta dapat mendapatkan pelajaran dan pengalaman selama acara.

PATRIA !!! ONE SPIRIT ONE DHAMMA  SALAM PATRIA YESS !!!  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.