Patria Junior Training

Sosialisasi pertama yang diadakan DPC Patria Berau pada tanggal 08 – 09 Maret 2014 untuk mencari calon-calon Patria periode ke 2. Diikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari 1 peserta yang sudah bekerja, 7 peserta dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 1 & 2, 11 Peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas 6.



Dimulai pada pukul 18.00 WITA seluruh peserta melakukan registrasi dan bersiap-siap mengikuti sosialisasi. Acara di buka oleh MC dengan membacakan susunan acara serta tata tertib peserta selama mengikuti sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Namakara Patha. Acara selanjutnya diisi oleh “Cinni Dewi” selaku Ketua DPC Berau menjelaskan Tujuan diadakan Sosialisasi ini dan memperkenalkan seluruh anggota- anggotanya kepada peserta yang mengikuti sosialisasi. Peserta juga di berikan tugas dari panitia untuk mengumpulkan seluruh tanda tangan anggota-anggota Patria yang hadir.

Sesi pertama diisi oleh “Ryan Arifin” yang memberikan materi Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Agama Buddha. Ryan menjelaskan dengan santai tapi serius agar seluruh peserta “yang masih menuju masa remaja” ini dapat mengerti apa yang telah dijelaskan oleh Ryan. Untuk meleburkan suasana yang penuh ketegangan dari seluruh peserta, panitia memberikan simulasi game yang bertujuan melatih kekompakan.

Hari sudah malam seluruh peserta dipersilahkan untuk makan malam. Banyak peserta yang menyelesaikan makan dengan buru-buru agar dapat meminta tanda tangan kepada Anggota Patria yang Hadir. Peserta tidak mudah mendapatkan tanda tangan, mereka harus menjalankan perintah yang diberikan terlebih dahulu.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Ryan dengan materi Tata Cara dalam Berorganisasi. Agar peserta dapat lebih mengerti Ryan memberikan Penjelasan dalam bentuk Video.

Sesi terakhir diisi oleh Cinni Dewi yang menjelaskan sedikit mengenai apa itu PATRIA beserta visi dan misi patria itu sendiri. Ia juga menjelaskan proses awal terbentuknya Patria di Berau. Sebelum sesi terakhir di berikan Cinni mengajak seluruh peserta & Anggota Patria yang hadir untuk bersama-sama menyanyikan Lagu MARS PATRIA. Walaupun hari semakin malam peserta tetap menyimak dengan penuh rasa ingin tahu yang besar tentang Apa itu PATRIA ?? yang selama ini mereka temukan di Vihara. Akhirnya rasa ingin tahu mereka pun terjawab dengan penjelasan yang Cinni berikan.

Keesokan Hari nya 09 Maret pukul 05.00 Wita seluruh peserta sudah bangun, dan bersiap untuk mengikuti serangkaian acara pada pagi hari. Acara di buka dengan Chanting pagi pembacaan Namakara Patha. Lalu dilanjutkan dengan jogging pagi di lapangan basket, dan beberapa games yang bertujuan melatih kekompakan peserta di bagi 3 kelompok. Salah satu games yang dimainkan adalah mereka harus memindahkan air dengan piring yang berubang-lubang dari baskom menuju ke ember yang telah di sediakan. Seusai bermain peserta diberikan waktu untuk sarapan pagi & mandi.

Kemudian sampai diakhir Acara peserta berkumpul di ruang Dhammasala, seluruh peserta mengumpulkan Tugas yang diberikan oleh Panitia, kemudian peserta diberikan kesempatan untuk mengutarakan pesan dan kesan yang di dapat selama sosialisasi berlangsung. Salah satu kesan yang disampaikan oleh peserta “Akhirnya Saya Tau Apa itu Patria, saya sangat senang. Apalagi di Patria diajarkan untuk saling kompak dengan kelompok, artinya Kebersamaan”. Dilanjutkan Foto-Foto Bersama.

Akhir Pertanyaan untuk Peserta “ARE YOU READY GUYS ??? YES I’AM READY”

 

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.