PBT Perdana Balikpapan

PATRIA BASIC TRAINING Pada tanggal 20-22 Maret 2015 yang lalu, para pengurus dan anggota DPC Patria Balikpapan berkumpul di Mahavihara Buddhamanggala Balikpapan untuk mengikuti kegiatan Patria Basic Training (PBT). Ini adalah kali pertama PBT diadakan di Balikpapan. [foto lainnya ]


Kegiatan ini diawali dengan registrasi ulang pada pukul 6 sore, dan diikuti oleh 19 orang peserta. DPC Patria Balikpapan mendapatkan keistimewaan karena dihadiri oleh 4 orang pembicara sekaligus. Mereka merupakan perwakikan dari Badan Pengembangan Organisasi (BPO), yaitu Sdr. Laurensius Widyanto selaku ketua Badan Pengembangan Organisasi, Sdr. Fery Go, Sdr. Denny Alfian Arta, dan Sdri. Erlin Sulisthio. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari DPC Patria Samarinda.

Sebelum sesi dimulai, kami memberikan surprise kepada salah seorang peserta yang sedang berulang tahun, kemudian bersama-sama merayakan dengan acara potong kue dan makan malam bersama. Setelah itu, PBT ini dibuka dengan kata sambutan oleh Sdr. Chandra Agus Tandri selaku ketua DPC Patria Balikpapan. Lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tujuannya dilakukannya PBT oleh Sdr. Laurensius Widyanto. Setelah itu dimulai sesi pertama dengan tema “Apa yang berbeda dengan Buddhisme?” oleh pembicara yang sama.

Keesokan harinya, sebelum memulai kegiatan, kami melakukan chanting di pagi hari di ruang Dhammasala Mahavihara Buddhamanggala. Dilanjutkan dengan sesi berikutnya, yaitu “Sukses Dengan pikiran Positif” yang dibawakan oleh Sdr. Fery Go, “ Manajemen Berorganisasi” oleh Sdr. Denny Alfian Arta, “Faktor Kepemimpinan Fundamental” oleh Sdr. Laurensius Widyanto, “Etika Berorganisasi” oleh Sdr. Denny Alfian Arta. Setelah itu peserta diarahkan untuk istirahat mandi dan makan malam. Sesi berikutnya adalah sesi “Mengenal Patria dari Masa ke Masa” yang dibawakan oleh saudara Fery Go. Sesi ini menghadirkan dua orang senior dari DPC Patria Balikpapan sebagai narasumber. Rangkaian kegiatan pada hari kedua ini ditutup dengan sesi “Mengenali Bakat” yang dibawakan oleh Sdri. Erlin Sulisthio.

Walaupun susunan acara dalam satu hari ini sangat pada, namun para peserta tetap bersemangat karena diselingi dengan games – games interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakan antar peserta. Games yang ada pada beberapa sesi ini juga sangat bermanfaat dalam mendukung penjelasan materi dari masing – masing kontributor BPO.

Setiap sesi dibawakan dengan gaya khas masing- masing pembicara. Selain memberikan pengetahuan dhamma dengan gaya serius tapi santai, Sdr. Laurensius juga menggunakan games lempar botol untuk menjelaskan bahwa dalam setiap kerjasama tim dibutuhkan visi yang sama. Sdr. Fery Go berhasil menularkan energi positifnya dengan mengajak semua peserta untuk membuang "serigala jahat" mereka masing-masing. Melalui sharing, Sdr. Fery Go berhasil memberikan semangat baru pada para peserta dalam berorganisasi.

Berbeda dengan dua pembicara sebelumnya, Sdr. Denny menyampaikan sesinya dengan memberikan contoh-contoh nyata dari pengalamannya berorganisasi, sehingga lebih mudah diterima oleh peserta. Sdri. Erlin memberikan kesan tersendiri melalui suaranya yang menghipnotis. Sesinya yang bertema “Mengenali Bakat”, tidak hanya diikuti oleh peserta PBT, namun juga oleh para pembicara lainnya (BPO). Sesi ini memiliki sisi menarik karena kita dapat mengetahui kepribadian kita masing – masing melalui doodle test. Dari hasil test ini kami mengetahui bahwa beberapa peserta ternyata memiliki kepribadian yang unik.

Ternyata PBT di Balikpapan ini merupakan penampilan perdana dari Sdr. Denny dan Sdri. Erlin. Sangat mengagumkan..!

Selama 3 hari ini kami memperoleh banyak manfaat diantaranya, pengetahuan tentang Dhamma, pengenalan diri, pemahaman organisasi, dll yang dapat diterapkan dikehidupan sehari – hari di masyarakat. Acara ini diakhiri dengan sesi sharing antar peserta PBT dan kontributor dari BPO. Dan setelah itu sesi ini di tutup dengan pemberian cinderamata kepada kontributor BPO dan foto bersama dengan para peserta PBT.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh peserta, pembicara, maupun pihak lainnya atas bantuan dan dukungan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.