Patria Basic Training 3 di Banjarmasin

1

Patria DPC Kota Banjarmasin mengadakan kegiatan Patria Basic Training (PBT) yang ke 3. Yang berlangsung selama 3 hari di Vihara Dhammasoka Banjarmasin pada tanggal 19-21 April 2019.

Kegiatan PBT tahun ini diikuti oleh 29 Peserta. Tujuan PBT adalah mengenalkan sistem keorganisasian kepada peserta yang baru sejak dini, materi yang disampaikan adalah tentang membangun pikiran yang positif, bagaimana kepemimpinan yang fundamental, serta cara mengatur dan beretika dalam berorganisasi. Pembicara (vijjaduta) yang membawakan materi kali ini yaitu: Sdr. Widarsana Chandra dan Sdr. Unico Husien. Mereka berdua memiliki banyak pengalaman di organisasi PATRIA. Kami dari panitia dan Narasumber juga memberikan tantangan dalam bentuk permainan. Permainan tersebut adalah: Secreat Admire. Dalam permainan ini tidak hanya dilakukan oleh panitia saja tetapi semua terlibat dalam kegiatan. Tujuan permainan Secret Admire adalah untuk membuat mereka mengenal satu sama lain. Ada pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang".

 

Pertama narasumber memberikan materi dengan tema “Apakah yang Berbeda dari Buddhisme?” yang disampaikan oleh koko Unico Husien (oppa Unico). Manfaat dari materi yang disampaikan adalah agar kita dapat meningkatkan keyakinan kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha, dan juga mengajarkan bagaimana memperoleh teman yang baik dan menghargai mereka. Materi kedua yang berjudul “Sukses dengan Pikiran Positif”. Dari materi ini peserta dapat berpikir positif dalam menghadapi situasi apapun. Kemudian para peserta diajak bermain game dengan meniup balon sampai meledak. Cukup simpel bukan! Judul dari game ini adalah "mereka bisa, Saya pun bisa !". Game ini bertujuan untuk melatih kemampuan dan menggali kepercayaan kekuatan, keteguhan, dan percaya diri bahwa kita dapat melakukan apa yang orang lain lakukan.

 

Selanjutnya materi dilanjutkan dengan judul “Faktor Kepemimpinan Fundamental”, materi ini disampaikan oleh koko Widarsana Chandra (ko wid) sebagai narasumber. Pada kesempatan kali ini peserta diberi wawasan mengenai bagaimana seseorang pemimpin yang baik dan berperilaku, pemimpin yang memiliki visi misi yang jelas dalam perubahan dan kreatifitas. Pada materi ini peserta membentuk kelompok menjadi 2, dari setiap kelompok akan ada 1 orang yang berperan menjadi pemimpin untuk menuntun anggotanya guna melaksanakan tantangan. Narasumber menjelaskan bahwa kesehatan juga merupakan salah satu penunjang sebagai seorang pemimpin. Seorang pemimpin bukan hanya sehat pada fisik saja, tapi juga mentalnya. “Menurut saya materi ini sangat menarik karena didalam materi ini benar-benar diajarkan tentang kriteria yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat menjadi pemimpin yang baik”,ucap Candika (salah satu peserta PBT). Kemudian, Ko Wid juga memberikan materi tentang “Tips Manajemen Organisasi”, Bahwa kita harus dapat mengatur atau mengontrol waktu, memberikan motivasi terhadap sesama anggota lainnya. Pada materi terakhir berkaitan dengan “Etika Berorganisasi”, yang juga disampaikan oleh Widarsana Chandra. Yang menjelaskan "Apa itu Patria? Apa Manfaat bergabung di Patria?" Patria bukan organisasi seperti lainnnya, patria bukan hanya sekedar organisasi, melainkan wadah yang tepat untuk generasi muda Buddhis bermazhab Theravada. Di patria kita tidak hanya sekedar berorganisasi, melainkan sebagai wadah kita menambah ilmu, belajar bertanggung jawab, dan mengembangkan kreatifitas, kualitas diri sebaik mungkin.

 

Selain materi juga ada sharing dari para senior Patria di Banjarmasin yang merupakan pengurus DPC Patria Banjarmasin di era sebelumnya.Kegiatannya adalah “Mengenal Patria dari Masa ke Masa” yang di moderator oleh oppa Unico Husien dan narasumber nya yaitu Hendra, Megawati C, dan Nico. Dari mereka bertiga , menjelaskan bahwa Patria itu bukan hanya sekedar oganisasi tetapi juga sebagai wadah mereka berkumpul yang tidak ingat waktu, dan menimba ilmu, melatih diri di organisai serta mengembangkan inovasi yang baru. Dalam membangun suatu organisasi memerlukan usaha yang tidak mudah, dimana mereka sudah menjadi anggota Patria selama 10 tahun. Pesan dari Sdri. Mega buat para peserta untuk mengikuti jejak para senior nya di Patria yang terus aktif dalam kegiatan lokal atau nasional.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan bertukar kado. Tukar kado berkaitan dengan Secret Admire yang dilakukan semua anggota PBT dari peserta, pembicara, dan juga panitianya. Masing-masing peserta membawakan kado untuk pengagum rahasia yang di berikan langsung. Momen ini banyak sekali yang bisa kita kenang dari kado yang di berikan sampai alasan kenapa mereka memberikan kado tersebut.

 

PBT kali ini memberikan kesan senang, banyak manfaat bagi anggota- anggota Patria yang baru. "Dari keseluruhan materi yang paling mengesankan buat kita adalah “Sukses dengan Cara Berpikir Positif”, materi ini buat kita tetap percaya diri dan lebih yakin dengan diri sendiri bahwa sesuatu tidak ada yang tidak mungkin" ucap Cyintia salah satu peserta.
Dengan Kegiatan PBT semoga peserta dapat saling mensupport, bekerjasama untuk memajukan organisasi Patria menjadi lebih baik. One Spirit One Dhamma. (LP/AND) 

 

3425 6

78

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.