Banjarmasin Peduli Anak Kanker

Foto bersamaBanjarmasin Peduli Anak Kanker Waisak, merupakan satu momentum penting bagi seluruh umat Buddha yang berada di dunia. Berbagai kegiatan mewarnai gema Waisak seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam rangka menyambut perayaan Waisak tahun 2016 / 2560 TB, DPC PATRIA Banjarmasin mengambil langkah inisiatif dengan melakukan bakti sosial ke “Rumahku” Rumah Singgah Anak Kanker pada tanggal 8 Mei 2016,

dimana Rumahku ini merupakan wadah persinggahan bagi anak-anak penderita kanker usia 0 – 15 tahun yang hendak berobat rutin ke rumah sakit umum daerah setiap hari jum’at. Mayoritas pasien yang singgah ke Rumahku datang dari kalangan kurang mampu yang tinggal di luar kota, bahkan luar provinsi. Umumnya mereka akan datang setiap hari kamis, dan pulang setiap hari minggu. Namun ada pula beberapa keluarga dari anak penderita kanker yang tinggal menetap di Rumahku, karena keterbatasan ekonomi.

Antusiasme yang sangat tinggi dari netizen seluruh Indonesia dan umat Buddhis di Banjarmasin juga berperan besar dalam bakti sosial kali ini. Hanya dalam 2 minggu panitia dapat mengumpulkan sekurang-kurangnya 20 juta rupiah yang datang dari berbagai kalangan. Dana ini digunakan untuk pembelian sembako dan berbagai kebutuhan di Rumahku, dan kelebihannya kami serahkan secara tunai ke pengurus Rumahku. Selain itu kami juga berhasil mengumpulkan lebih dari 85 kg pakaian layak pakai, yang kemudian kami sortir dan cuci terlebih dahulu sebelum diserahkan ke Rumahku.

Bakti sosial yang dilakukan kali ini sangat berkesan bagi kami, karena di baksos ini kami duduk makan siang bersama dengan seluruh keluarga Rumahku, bercerita suka duka anak-anak penderita kanker, dan mendapat kesempatan untuk mendengarkan suara merdu dari seorang anak penderita kanker darah putih (leukemia). Ketika anak ini menyanyikan lagu “Jangan Menyerah” dari D’Masiv, spontan sebagian besar dari panitia dan partisipan yang hadir meneteskan air mata.

Di sini kami belajar banyak hal, belajar bersyukur atas kesehatan dan segala materi yang kami miliki sekarang. Rasa syukur yang kami rasakan ini, kami bagikan kepada umat Vihara Dhammasoka, melalui pemutaran video hasil kunjungan ke Rumahku, sekaligus menampilkan secara transparan daftar donator yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga kita semua senantiasa bersemangat untuk mewarnai hidup ini dengan kebajikan dan cinta kasih. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Sadhu.. sadhu.. sadhu..  

Sesi Sharing

 

Sesi Sharing 2 Sesi Sharing 3

Foto bersama

 

Pembagian konsumsi

 

Penyaluran dana baksos 1

 

Penyerahan dana tunai

 

 

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.