CEO Pontianak

Put your flags up in the sky, and wave them side to side, show the world where you’re from, show the world WE ARE ONE!! Ole ole ole..., Begitulah sebuah bait dari lagu yang dilantunkan oleh Pitbull yang berjudul “We Are One” yang dinyanyikan pada saat pembukaan ajang paling bergengsi Piala Dunia, lagu yang menyatakan keindahan dalam keberagaman, dan keberagaman dalam persatuan. [ foto lainnya


Sebuah lagu yang menginspirasi tentang perbedaan yang ada disetiap makhluk hidup di dunia, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu!. Dan berhubungan dengan hal tersebut pada kesempatan ini DPC PATRIA Pontianak menyelenggarakan kegiatan aksi sosial yang menyangkut tentang kepedulian dalam perbedaaan dengan mengangkat judul kegiatan “CEO” yang memiliki kepanjangan “Care Each Other” kegiatan ini diketuai oleh seorang gadis belia yang baru saja lulus SMA yang biasa disapa Cindy dengan nama lengkap Cindy Claudia, walaupun masih muda semangatnya dalam memajukan kegiatan DPC PATRIA Pontianak sangatlah luar biasa dan ini merupakan pertama kalinya beliau menjadi ketua panitia, salut untuk beliau semoga saja bisa jadi pemimpin untuk periode berikutnya.

Ya kita lanjut lagi! Kegiatan aksi yang dilakukan pada bulan puasa tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 5 Juli 2015. Aksi sosial kali ini teman-teman diajak untuk langsung turun memberikan sebuah paket berbuka puasa untuk masyarakat pra-sejahtera seperti pengamen jalanan, tukang becak, orang tua, dan lain-lain, target paket yang dibagikan adalah 100 paket, paket tersebut berisi makanan, lauk pauk, puding, kue, jeruk, dan sebuah teh kotak. Dua minggu sebelum hari kegiatan, pembentukan panitia diadakan ditempat makan umum dan perancangan sistem kerja aksi sosial ini, dan sumber dana dari kegiatan ini dicari melalui penyebaran proposal dan seperti biasa menggunakan teknik The Power of Broadcast!,

setelah dana terkumpul waktunya kami untuk memesan nasi kotak dan membeli perlengkapan yang lain, sembari memesan beberapa teman-teman juga ditugaskan untuk membuat puding. Puding tersebut dibuat oleh Cindy, Nonic, Mariani dan juga Helena, puding yang dibuat juga bukan puding biasa melainkan puding Tahu, nikmat banget deh pokoknya!. Lanjut lagi, tak terasa sudah dihari kegiatan tapi sebelum memulai kegiatan aksi sosial tidak lupa kami berkumpul dan melakukan Puja Bakti terlebih dahulu di Vihara Buddharatana Pontianak, dresscode yang kami gunakan untuk konsep Ramadhan adalah kaos berwarna Hijau, partisipan yang hadir berasal dari Anggota DPC PATRIA Pontianak, Pemuda/i Cetiya Tejaratana, serta Partisipan dari luar juga ikut bersumbangsih dalam kegiatan kali ini, setelah puja bakti teman-teman semua dibentuk tim sebagai berikut;


 Pembagian Daerah Siantan dan sekitarnya.
1. Hendra (Ketua) & Effendy
2. Ape & Herlinawati
3. Tony & Kelvin
4. Sukamto

 Pembagian Daerah Tanjung Hulu & Tanjung Raya sekitarnya.
1. Candrawati (Ketua) & Rika
2. Erwin & Veren
3. Mellyanti & Merry

Pembagian Daerah Jln. Iman Bonjol & Jln. Adi Sucipto sekitarnya.
1. Julianto (Ketua) & Elvira
2. Yoki & Cindy
3. Clara & Susanty

 Pembagian Daerah Jln. Tanjung Pura & Jln. Gajah Mada sekitarnya.
1. Budi & Novan (Ketua)
2. Ian & Fernando
3. Teddy & Fernando
4. Sonny & Louis

Pembagian Daerah Jln. Penjara & Sungai Jawi sekitarnya.
1. Willy Very Heng (Ketua) & Juliana
2. Mariani & Lydia

Pembagian Daerah Jeruju dan sekitarnya.
1. Aprianto (Ketua) & Agustian
2. Jeffry & Nonic
3. Ervi & Claudia
4. Apriyanti & Devi
5. Ellin & Siska
6. Novi & Vonny
7. Sefa & Kartini

Setelah pembagian tim, lalu packing-packing pun dilakukan disetiap tim, sambil packing ketua panitia memberikan arahan kepada seluruh partisipan mengenai alur pembagian paket, pemilihan ketua disetiap tim, dan karena seperti aksi-aksi sebelumnya kami semua menggunakan kancil besi (Motor) ketua mengingatkan kembali soal perlengkapan keselamatan berkendara seperti menggunakan helm dan kaca spion, dan tidak lupa juga untuk mentaati peraturan lalu lintas. Setelah mendengar arahan dari ketua panitia seperti biasa untuk mengeluarkan semangat ketua panitia meneriakkan yel-yel nasional PATRIA, semua tangan menjadi satu lalu bersama-sama mengucapkan PATRIA? ONE SPIRIT ONE DHAMMA!.

 

Pukul 15.00 wib mulailah kami semua melakukan aksi sosial ke tempat tujuan yang telah ditugaskan, menelusuri jalan aspal ditengah-tengah ibukota Pontianak menoleh ke kiri dan ke kanan sembari mencari, ketika menemukan orang dicari segeralah teman-teman menarik pedal rem dan berhenti kemudian menyapa orang tersebut dan sedikit menguraikan maksud dari pemberian paket berbuka puasa, tidak lupa potret dokumentasi menjadi akhir pertemuan kami dengan masyarakat pra-sejahtera tersebut.

Senyum, tawa dan ucapan terima kasih mewarnai perjalanan kami dalam kegiatan ini, kembali kami mencari lagi dan salah satu teman kami menemukan seorang ibu tua yang sedang mengemis didekat pasar Sungai jawi ketika diberikan paket tersebut ibu itu menolak, karena ibu itu sangat menolak jadi kami tidak memberikannya kami lalu berpikir betapa waspada sekali ibu ini dalam menerima makanan dari orang asing, ya sudah sepatutnya kita juga harus mencontoh dari kewaspadaan ibu tersebut, karena memang beberapa waktu yang lalu marak sekali orang-orang asing yang memberikan makanan mengandung obat bius mungkin karena sebab itu ibu ini jadi menolak, tapi tidak apalah mungkin saja ini belum keberuntungan beliau, lanjut lagi kami mencari akhirnya ada beberapa tim yang bahkan mengubah jalurnya karena tidak menemukan masyarakat pra-sejahtera ditempat tujuan, setelah sudah mengitari kota Pontianak ada beberapa teman yang membagikan foto kegiatan ditempat masing-masing via Whatsapp di grup obrolan DPC PATRIA PONTIANAK.

Ada juga beberapa tim lain yang melaporkan paketnya telah habis dibagikan, ada juga yang menawarkan bantuan, bahkan ada juga tim yang membagikan foto istirahat sambil minum jus setelah pembagiannya selesai, akhirnya sudah pukul 17.00 wib saatnya kami semua berkumpul disebuah warung kopi untuk beristirahat, sambil bercerita kepada teman-teman mengenai dalam pembagian paket berbuka puasa ini kami juga menyantap konsumsi yang disediakan oleh panitia, dan hasil dari pembagian ini dari 100 paket hanya 2 paket yang tersisa. Sambil menyantap konsumsi yang disediakan kembali lagi ketua panitia, Cindy Claudia memberikan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam kegiatan kali ini, akhir kegiatan ini dilakukan dengan foto bersama dan tidak lupa lagi kita meneriakkan yel-yel kita, PATRIA! ONE SPIRiT ONE DHAMMA!, tidak lupa juga kami segenap Panitia Kegiatan CEO “Care Each Other” mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada para donatur yang turut bersumbangsih dalam merealisasikan kegiatan ini, semoga kegiatan yang telah dilakukan bermanfaat banyak bagi orang lain, memberikan pembelajaran bagi kita untuk hidup rukun satu sama lain, dan saling menghormati perbedaan tata krama agama orang lain. semoga semua makhluk hidup berbahagia. Nantikan kembali kegiatan-kegiatan seru dari DPC PATRIA PONTIANAK. See you next time..!!  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.