Si Jago Merah

Si Jago Merah, begitulah julukan yang diberikan kepada orang-orang terhadap kebakaran yang terjadi di pasar Segedong, Kecamatan Segedong di Kabupaten Mempawah. Kebakaran yang terjadi pada hari sabtu, 21 Maret 2015 tersebut meluluhlantakkan 35 bangunan ruko. Mendengar musibah yang menimpa saudara kita, DPC PATRIA Pontianak langsung terjun melakukan survey di tempat kejadian. Berdasarkan informasi yang didapat dari Kepala Desa, jumlah KK yang tertimpa musibah tersebut ada sekitar 40 KK yang terdiri dari 179 orang, beberapa bantuan pun sudah banyak yang masuk namun ada beberapa kebutuhan yang masih kurang seperti seragam sekolah, pakaian, dan buku tulis. [ foto lainnya ]

Pendistribusian bantuan diberikan dengan cara memanggil setiap KK menuju posko bantuan yang telah tersedia disekitar daerah kejadian tersebut, jikalau ada yang tidak bisa datang mengambil akan diantarkan oleh pengurus posko setempat, setelah informasi yang digali sudah cukup kami pun pulang dan melakukan penggalangan dana. Penggalangan dana yang kami lakukan dengan cara “The Power of Broadcast” melalui pesan siaran singkat di beberapa sosial media seperti BBM, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Kami juga membuka beberapa posko bantuan untuk Penggalangan dana berupa pakaian, perlengkapan sekolah, dan sembako, penggalangan dana ini juga dibantu oleh kerabat kami DPC PATRIA Kubu Raya dan DPD PATRIA Kal-Bar.

Penyerahan dana yang rencananya diberikan 2 tahap yaitu minggu pertama penggalangan dana dan minggu kedua pengggalangan dana. Hari demi hari pun berlalu, dana yang masuk juga sedikit demi sedikit mulai berdatangan ada yang berdana berupa uang ada juga yang berdana berupa pakaian bekas layak pakai, alat-alat tulis sekolah, buku tulis dan sembako. Setelah penggalangan dana di minggu pertama, terlihat masih kurang memadai penyerahan dana diundurkan sampai minggu kedua pada tanggal 5 April 2015. Penggalangan dana pun sudah memasuki minggu kedua, semua panitia mulai menyebarkan informasi tersebut, tidak sedikit dari kami selalu memandang layar kecil gadget untuk menyebarkan info tersebut, perlahan tapi pasti dana pun kembali masuk. Beberapa posko yang kami buka mulai menerima bantuan-bantuan, tidak terasa sudah tanggal 4 April 2015 penggalangan dana akhirnya kami tutup pada pukul 22.00 WIB.

Menurut informasi dari beberapa posko dana yang masuk lumayan banyak, pada saat kami akan menuju ke posko bantuan ditempat kejadian kerabat kami DPC PATRIA Kubu Raya dan DPD PATRIA Kal-Bar juga ikut berpartisipasi dalam penyerahan dana tersebut, kami menggunakan 3 buah mobil minibus yang masing-masing bagasinya penuh dengan dana bantuan, setelah melalui setengah jam perjalanan sampailah kami di posko setempat barang-barang pun segera kami angkut menuju posko penerimaan bantuan, dengan ramah pengurus posko juga menyambut hangat kami serta juga melakukan pendataan dana bantuan yang kami berikan, rasa terima kasih yang diucapkan oleh kepala desa setempat kepada kami karena telah membantu mengumpulkan dan memberikan dana bantuan kepada warganya yang mengalami musibah, terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami ucapkan kepada semua donatur-donatur yang turut berpartisipasi dalam memberikan dana bantuan ini, semoga dana yang diberikan bermanfaat bagi saudara-saudara kita. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta.

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.