Praktek Fang Sheng untuk Anak Sekolah Minggu

Minggu 10 September 2017, DPC Patria Tulungagung mengkoordinir dan mengajak Anak-anak Sekolah Minggu Buddhis untuk melaksanakan kegiatan Fang Sheng (melepas makhluk hidup) di Ranu Gumbolo (16 km dari Vihara Buddha Loka Tulungagung). Di sana termasuk sepi dari para pemancing ikan, jadi “aman” bagi para ikan-ikan yang akan dilepas.



Setengah jam sebelum berangkat, para peserta mengumpulkan dana sukarela. Dana yang terkumpul, cukup untuk membeli +/- 200 ekor burung & 10 kg ikan lele. Pembelian dilakukan secara langsung di Pasar Ngemplak (sejalan menuju Ranu Gumbolo), tanpa memesan terlebih dahulu. Sebab kegiatan Fang Sheng akan kurang bermanfaat jika pembelian dilakukan dengan memesan dahulu (sama saja menyuruh menangkap untuk kemudian dilepaskan kembali).

Para peserta tiba di Ranu Gumbolo setelah menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari Vihara Buddha Loka Tulungagung. Kegiatan yang dilakukan di sana:
Turun menuju area danau
Baca paritta bersama
Melepas burung
Melepas ikan ke dalam danau
Pembina menemani anak2 menyewa perahu mengelilingi danau
Makan bersama
Pulang

Diharapkan dengan kegiatan ini, Anak-anak Sekolah Minggu memahami cara Fang Sheng yang sesuai dengan Buddha Dhamma, terdorong untuk mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk refreshing (sesekali melakukan kegiatan di luar Vihara) agar Anak-anak tidak jenuh.






Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.