Isi liburan dengan Sakot

Setelah beberapa Universitas di Surabaya disibukkan dengan Ujian Tengah Semester, DPC PATRIA SURABAYA membuat acara untuk meliburkan sejenak beban para mahasiswa tersebut. DPC PATRIA SURABAYA mengadakan acara SADDHA LUAR KOTA 2013 yang bertemakan "Fun Outside Dhamma Inside." Acara ini diadakan di Vihara yang berada di kota Kediri, tepatnya di Vihara Jayasaccako. facebookIconSmall

 

 

Acara ini bertujuan untuk refreshing sejenak setelah menghadapi ujian selain itu mereka juga dapat belajar lebih dalam mengenai Dhamma sekaligus mereka dapat menemukan teman-teman yang baru. Acara Saddha Luar Kota ini diketuai oleh Andriyanto Gozali dan diadakan pada tanggal 3 mei 2013 hingga 5 Mei 2013. Acara ini dimulai dari tanggal 3 Mei yang jatuh pada hari Jumat, kami mulai berkumpul di Universitas Surabaya pada 16.00 dan berangkat pada pukul 17.00. Perjalanan memakan waktu hingga 5 jam karena kami sempat terjebak dalam kemacetan. seharusnya perjalanan dapat ditempuh dengan kurang lebih hanya 4 jam. Didalam truk yang kami tumpangi, kami melakukan beberapa aktivitas seperti bermain game dan perkenalan. Setibanya kami di Vihara Jayasaccako ini kami disambut oleh 3 orang yang berasal dari PATRIA Kediri.

 

Setelah perkenalan kami sudah menyediakan roti tawar jika peserta ingin makan roti terlebih dahulu. Setelah peserta dipersilahkan untuk makan mereka juga dipersilahkan untuk beristirahat dan membersihkan diri. Setelah itu pada pukul 00.30 dini hari kami membangunkan peserta untuk melakukan games Silent Hill. Game Silent Hill ini sendiri peserta dibagi menjadi 3 kelompok, yang 1 kelompok terdiri dari 4 peserta. Para peserta diharuskan untuk menyelesaikan 6 pos.

 

Dalam games Silent Hill ini peserta maupun panitia dilarang untuk mengeluarkan suara atau apapun yang membuat gaduh. Games Silent hill ini berakhir pada pukul 03.00 dini hari, lalu peserta dipersilahkan untuk beristirahat dan tidur. Hari kedua acara Saddha Luar Kota dimulai pukul 06.30 pagi panitia bangun & peserta dibangunkan pada pukul 07.00 setelah itu dilanjutkan senam di halaman Vihara Jayasaccako, saat senam diselingi dengan game "angin bertiup". Saat game "angin bertiup" peserta dan panitia ikut bermain bersama, saat ada yang kalah maka mereka harus memilih anatara hukuman " truth or dare". Setelah senam, para peserta dipersilahkan untuk makan dan mandi. Setelah makan dan mandi peserta diajak untuk chantting yang dipimpin oleh peserta.

 

sesi berikutnya dibawakan oleh Wakil Ketua PATRIA DPD JATIM yaitu Kiatno dengan tema Persahabatan hingga dilanjutkan game ice breaking dengan tema polisi maling dan ada beberapa panitia juga yang akhirnya ikut main dalam game ice breaking tersebut.  Kegiatan dilanjukan dengan Outbound dimulai pada jam 12.30, Outboundnya terdiri dari 8 pos yang berada di luar dan di dalam Vihara. Di akhir game outbound ada game puncak yaitu antara peserta menjadi 1 kelompok sedangkan beberapa panitia menjadi 1 kelompok.

 

Panitia menyiapkan 2 ember besar berisi air dan panitia juga menyiapkan kantongan plastik, cara permainan game final ini adalah para pemain harus bisa mematikan lilin salah satu musuhnya dengan cara melemparkan plastik yang berisi air. Namun yang melempar harus orang yang digendong. Game final ini berlangsung cukup seru dan menarik. Setelah semua asik bermain main maka setelah itu semua peserta dipersilahkan untuk mandi-mandi dan membersihkan diri. Para peserta disuru berkumpul lagi untuk acara masak bersama. Dalam acara masak bersama ini para peserta diperbolehkan meminta bantuan kepada panitia untuk membantu dalam memasak.

 

Kelompok memasak ini dibagi dalam 2 kelompok besar, 1 kelompok memasak dengan menggoreng sedangkan 1 kelompok lagi memasak sup sayur. Setelah para peserta selesai memasak dan menyantap hasil masakan mereka sendiri, para peserta diajak untuk refleksi kejadian-kejadian apa saja yang sudah mereka rasakan selama berada di Vihara tersebut. Ditampilkan foto-foto kegiatan yang sudah mereka lakukan. Setelah sesi refleksi itu, peserta dipersilahkan untuk mengikuti acara BBQ yang diselingi dengan nonton film bersama. Pada pagi hari ketiga, kami semua berolahraga dengan bermain futsal, namun futsal kali ini kami bermain dengan cara yang istimewa. Yaitu dengan cara muka kami ditutupi oleh kerucut sehingga sangat kecil lubang yang dapat kami lihat.

 

Dalam permainan futsal ini dibagi antara cewek dengan cowok. Setelah selesai berolahraga para peserta dipersilahkan makan dan mandi karena sesi 3 akan dimulai. Sesi 3 ini bertemakan dengan Metta yang dibawakan oleh Bapak Rudy Antono. Setelah kita melewati sesi ketiga ini diakhir ujung acara Saddha Luar Kota kita berfoto - foto bersama di Vihara Jayasaccako Kediri. Ini jg ada testimonial dari 2 peserta Saddha Luar Kota adalah Charlie Wirya: Selama acara Sadhha Luar Kota saya banyak mendapatkan teman dan pengalaman yang berharga, saya mendapat teman dari berbagai universitas yang berbeda-berbeda. Salah satu pengalaman yang saya dapatkan adalah ketika saya mengikuti jurit malam, disana kita belajar pentingyna komunikasi. Jurit malam tersbut tidak diperbolehkan untuk berbicara atau berkomunikasi kesesama teman maupun panitia.

 

Walaupun acara saddha luar kota hanya berlangsung 3 hari 2 malam, namun cukup mengasikkan dan dapat mengisi waktu luang saya & Dewi: Acarax seru banget, dapat teman baru, dapat banyak pengalaman juga,Overall funlah.. Tahun depan ditingkatkan lagi. Next time ketemu lagi diacara DPC PATRIA SURABAYA....(Youvi Angelina & Hendrik Hariyadi)

{fcomment}

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.