Patriot Dhamma di Surabaya

“Be a Smart Patriot Dhamma”,acara apa sih itu? Buat apa sih? Dan apa manfaat nya? Penasaran kan dengan acara Be a Smart Patriot Dhamma???Teman-teman,acara ini merupakan acara yang dipersembahkan oleh DPC Patria Surabaya dalam rangka pembelajaran untuk muda-mudi Buddhist sekalian mengenai leadership atau kepemimpinan,bagaimana perilaku kita dalam berinteraksi dengan lingkungan di sekitar kita,dan juga tentang manfaat dari berorganisasi,baik secara langsung maupun tidak langsung. [ foto lainnya ]


Acara ini diadakan pada tanggal 7 Juni 2014 dan bertempat di Vihara Dhammadipa Surabaya.Pada jam 12.00 WIB,peserta dengan antusias menghadiri acara ini loh... sesi pertama di buka dengan games yang dibawakan oleh mc” kita yang sangat kece abiss.. peserta yang berjumlah kurang lebih 20 orang,mengikuti games ini dengan sangat antusias yaitu games perkenalan diri,dengan menyertakan nama hewan yang sesuai dengan huruf di depannya.. ada yang dengan huruf A untuk Anaconda dan D untuk Domba!

Setelah sesi games perkenalan,barulah masuk sesi materi yang dibawakan oleh ko Yudha Wibisono,mantan ketua DPD Patria Jawa Timur periode pertama. Beliau membawakan materi yang cukup berat yang bertemakan tentang pengertian leadership dengan sangat santai bahkan menarik sekali bagi para peserta. Beliau juga memberikan penjelasan tentang berbagai perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar yakni Dominance-Challenge,Influence-Contacts,Steadiness-Consistency dan Compliance-Constrains.

Dominance adalah bagaimana seseorang merespon masalah dan tantangan serta menggunakan kekuasaan,Influence adalah bagaimana seseorang berinteraksi dan mencoba mempengaruhi orang lain,Steadiness adalah bagaimana seseorang merespon perubahan,variasi dan kecepatan lingkungannya dan yang terakhir Compliance adalah bagaimana seseorang merespon peraturan dan prosedur yang ditetapkan pihak lain.

Ko Yudha juga menjelaskan,perilaku bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh tiap-tiap individu agar perilaku yang ada di dalam diri tiap-tiap peserta itu dapat secara efektif dikembangkan di dalam diri masing-masing peserta. Selain itu,beliau juga menjelaskan,bagaimana kita bisa menjadi seorang Good Leader dan haruslah di dalam diri kita terdapat skill leadership dan manajerial apalagi di dalam suatu organisasi.

Kemudian,setelah sesi Ko Yudha berakhir,peserta diberikan waktu istirahat sejenak dan setelah itu melanjutkan sesi kedua dari Ko Untung Rimba Raya yang juga merupakan mantan ketua DPD Jawa Timur. Beliau disini menjelaskan tentang awal mula terbentuknya PATRIA,jumlah Perwakilan PATRIA di tiap provinsi yang semakin berkembang pesat dan juga tentang harapan-harapan PATRIA untuk semakin maju di tingkat Nasional maupun Internasional... One Spirit One Dhamma!!!

Diharapkan dengan adanya sesi ini,peserta yang mengikuti acara ini,dapat ikut serta dalam kegiatan maupun kepengurusan PATRIA.Setelah Ko Untung menjelaskan berbagai hal tentang PATRIA,dilanjutkan lagi dengan beberapa sesi games agar peserta tidak merasa bosan dan suntuk. Jam menunjukkan pukul 18.00 WIB, sesi selanjutnya yaitu dari Ce Fani Chrisyanti,ketua DPC Patria Surabaya saat ini. Pada sesi ini,beliau sharing tentang pengalamannya selama menjadi anggota Patria di Tulungagung,daerah asalnya kemudian keuntungan mengikuti PATRIA dan juga berharap agar teman-teman peserta semua dapat ikut bergabung di dalam PATRIA. Selain ce Fani,banyak juga anggota-anggota PATRIA yang sharing tentang pengalaman dan berbagai pelajaran berharga di dalam mengikuti kepengurusan PATRIA.

Tepat pada pukul 19.00 WIB,berakhirlah acara “Be a Smart Patriot Dhamma” yang diadakan oleh DPC Patria Surabaya. Semoga dengan adanya acara ini,dapat memberikan pelajaran berharga khususnya bagi peserta yang mengikutinya dan juga dapat sekaligus memperkenalkan dan merekrut teman-teman yang tertarik ikut dalam organisasi PATRIA.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.