PATRIA BLITAR DI PUNCAK KELUD

17 Agustus 1945 merupakan sebuah momentum yang penting bagi Bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal itulah Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Kini setiap tanggal 17 Agustus selalu diadakan upacara peringatan kemerdekaan. Begitu pula kami Patria Blitar tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut, kami Patria Blitar turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Djaladri yaitu upacara peringatan kemerdekaan ke 69 di puncak Gunung Kelud.



Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Agustus 2014, namun malam sebelumnya kami menginap di Vihara Samaggi Jaya – Blitar untuk melakukan persiapan. Peserta pada kegiatan kali ini adalah para anggota Djaladri itu sendiri, kemudian diikuti pula para pencinta alam, dan anggota Patria Blitar yang berjumlah 16 orang. Rombongan berangkat pada hari sabtu pagi tanggal 16 Agustus 2014. kami berkumpul di Desa Tulung Rejo kec. Semen-Blitar. Sebelum berangkat kami berdoa agar diberi keselamatan diperjalanan dan diberi kelancaran selama kegiatan.

Selain membawa perlengkapan untuk pendakian, kami anggota Patria Blitar masing-masing membawa tiga botol air minum ukuran besar, kemudian membawa bekal mie instan, lontong, sambal goreng, kopi dan camilan lainnya untuk bekal. Pukul 10.00 wib Pendakian pun dimulai, walaupun medan yang tempuh cukup sulit dan menanjak, ditambah dengan membawa barang bawaan yang berat kami tetap bersemangat.

Setapak demi setapak kami mendaki gunung kelud, rasa lapar dan lelah mulai menghampiri. Akhirnya tiba di camp pada pukul 14.00 wib. Sesampainya di camp, kami langsung membangun tenda, dan memasak. Terbayarlah sudah perjuangan kami selama mendaki dengan pemandangan indah yang memanjakan dari atas gunung. Kemudian kami bersama memakan bekal yang sudah kami bawa. Hari mulai sore, kami mulai mencari kayu untuk membuat api unggun. Hingga malam tiba, suhu dipuncak gunung sangat dingin, namun kami tetap bersemangat menunggu hari esok.

17 Agustus 2014, pukul 04.00 pagi kami sudah bangun guna menyiapkan segala sesuatu untuk upacara. Dari camp membutuh kan waktu kurang lebih dua jam untuk sampai di tempat upacara. Namun sebelumnya, kami memasak lalu makan bekal agar kami mempunyai stamina untuk menuju tempat upacara. Walau medan yang cukup terjal, naik turun dijalan yang licin telah berhasil kami lalui, hingga sampai di pucak Kelud. Selama perjalanan kami menyaksikan sendiri dampak letusan kelud kala itu, tumbuhan yang semula hijau menjadi kering dan gersang. Sebelum upacara dimulai kami melaksanakan gladi bersih dahulu. Beberapa anggota Patria Blitar ada yang menjadi petugas upacara. Tepat pukul 07.00 wib upacara peringatan hari Kemerdekaan RI ke 69 di Puncak Kelud dimulai. Upacara berlangsung dengan khitmad. Selesai upacara,kami kembali menuju camp.

Sesampainya di camp sekitar pukul 10.00 wib kami membongkar tenda, membersihkan tempat kemudian kembali makan dengan bekal yang masih ada. Setelah semua siap, kami langsung melakukan perjalan turun. Dalam perjalanan turun ini, kami menempuhnya dengan semangat, dan puas karena kami telah berhasil menaklukan puncak kelud. Semoga dengan mengikuti ini, kami Patria Blitar terus dapat meningkatkan solidaritas, eksistensi dan dapat mengembangkan Buddha Dharma. 

 

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.