Dolan Batu


IMG20161015201542Setelah sekian lama vakum, DPC Patria Kota Batu akhirnya “dihidupkan” kembali, yang mana ditandai dengan dilantiknya susunan kepengurusan baru periode 2016-2018 langsung oleh DPD Patria Jawa Timur pada tanggal 25 September 2016. Setelah “hidup kembali”, tentunya tantangan yang terbilang berat menanti kepengurusan baru ini, yang mana di antaranya yang paling menantang adalah dari aspek susunan pengurus dan anggota yang didominasi oleh kalangan remaja (usia sekolah SMP-SMA).


Oleh karena itu, visi dan misi yang ditanamkan pada periode awal setelah masa vakum ini cukup sederhana dan tidak diarahkan ke aspek yang terlalu dalam dan tinggi. Perioritas yang ingin dicapai dalam periode ini adalah membentuk pondasi kepengurusan yang kokoh, dimana orientasi pembelajaran dan penerapan menjadi tujuan utamanya.

Pada periode awal, beberapa bidang kerja telah berhasil untuk dilaksanakan dan diharapkan akan mampu untuk dipertahankan dan dikembangkan lagi. Salah satu bidang kerja tersebut adalah dari bidang kerohanian, dimana program DOLAN (Dhamma Oleh Arek Enom) menjadi program utama untuk dilaksanakan.

Awalnya, sebelum DPC Patria Kota Batu resmi dilantik, kegiatan DOLAN telah lebih dahulu dimulai dengan istilah “Anjangsana”. Konsep awal Anjangsana tersebut adalah dengan melakukan puja bakti bergantian ke rumah anggota. Waktunya adalah setiap hari sabtu, pukul 18.30 WIB hingga selesai. Setelah kepengurusan DPC Patria Kota Batu resmi dilantik, istilah “Anjangsana” diganti dengan istilah “DOLAN”, dimana pengembangan kegiatan juga dilakukan. DOLAN pertama sejak dilantiknya kepengurusan, dilaksanakan pada hari sabtu, 15 Oktober 2016, bertempat di salah satu rumah anggota, yang bernama Rizal.

Adapun rangkaian kegiatannya adalah dibuka dengan Puja bakti yang dipimpin oleh Pratama Adi Panna, dengan susunan paritta suci yang dibacakan adalah: Namakkhara Patha, Paritta Vandana, Maṅgala Sutta, Karaniyametta Sutta, dan Brahmavihara Paritta. Setelah itu dilanjutkan dengan praktik meditasi yang dilanjutkan dengan dhammasakkacha atau diskusi Dhamma. Pada DOLAN perdana ini, diskusi Dhamma disampaikan dan dipimpin oleh Nando Soracca Deva (Wakil Ketua Patria Kota Batu). Tema Dhamma yang disampaikan adalah mengenai cerita seorang pedagang kaya yang ingin menikahkan putrinya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan makan bersama, dan ditutup dengan membacakan Namakkhara Patha.

Adapun kegiatan DOLAN pada awalnya diprogramkan untuk dilaksanakan satu minggu sekali pada hari sabtu, namun setelah mempertimbangkan berbagai aspek, maka sebagai awalan, program kemudian diubah untuk dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Tempat pelaksanaan adalah bergilir di rumah-rumah anggota dengan undian untuk program selanjutnya dilaksanakan di setiap akhir dari kegiatan DOLAN tersebut. Begitu juga dengan para petugas pemimpin puja bakti dan dhammadesana juga dipilih dengan cara undian. Untuk kegiatan DOLAN berikutnya, satu petugas akan disisipkan yaitu MC, dengan tujuan agar para anggota selain melaksanakan aspek spiritual dapat juga belajar untuk menjadi seorang MC yang baik.

Untuk peningkatan dari segi efektivitas dan efisiensi pelaksanaannya, beberapa strategi diterapkan seperti disusunnya buku laporan individu kegiatan PATRIA, yang mana buku tersebut adalah wajib untuk diisi oleh setiap anggota yang berisi beberapa detil mengenai setiap kegiatan yang dilaksanakan. Laporan tersebut kemudian akan ditandatangani oleh masing-masing pelapor dan diketahui oleh Ketua Seksi Kerohanian, orang tua dan Ketua Patria. Hal ini sebagai bentuk evaluasi kegiatan yang mana juga melibatkan orang tua masing-masing anggota mengingat sebagian besar anggota masih merupakan anak sekolah.

Selain itu, dari bidang usaha dan pengumpulan dana, program kas Patria juga dilaksanakan di setiap acara DOLAN, dimana masing-masing anggota ditarik iuran sebesar minimal Rp. 5.000,- untuk dikumpulkan dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan penunjang Patria.

IMG20161015193300IMG20161015201542

IMG20161015193233

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.