Pemuda Buddhis Diajak Pelihara "Tuyul"

DPC PATRIA KAB. SEMARANG di STAB SYAILENDRA Deplongan, Kab. Semarang Jawa Tengah mengadakan acara Atthasila dan Dhamma Class pada 11 Mei 2013 dengan tema “ MENJADI PEMUDA BUDDHIS SUKSES “ . Sebanyak 70 peserta ikut hadir yang kesemuanya adalah pelajar, antusias mereka terlihat dalam mengikuti kegiatan ini.

 

 

Dengan menghadirkan pembicara Johanes Ariffin Wijaya untuk mengisi kegiatan Atthasila dan Dhamma Class berumotivasi kepada peserta berupa motivasi gaimana kita menjadi orang sukses?”.

Yang paling berkesan dari pembicara adalah disuruh memelihara “ TUYUL ( Tekun, Ulet, Yakin, Usaha, Lancar ) “, kalau ingin jadi orang sukses. Hari kedua diisi dengan acara pembacaan paritta Athanga Sila dan diskusi dhamma tentang delapan sila dalam Athanga Sila.

 

Peserta di bagi menjadi 4 kelompok untuk menjelaskan isi dari delapan sila tersebut. Dari hasil diskusi yang paling menarik adalah mengenai sila yang ke lima yang bunyiny sabagai berikut “ aku bertekad melatih diri untuk tidakan akan bermabuk-mabukan yang dapat melemahkan kesadaran “.

Disini perdebatan hebat terjadi mengenai “ merokok “. Menurut salah satu peserta merokok tidak melanggar sila kelima dalam Athanga Sila, sebab dalam paritta tersebut tidak dijelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan lemahnya kesadaran.

 

Tetapi ada salah satu dari panitia menjelaskan “ merokok “ juga merupakan melanggar sila yang ke lima, sebab mereka merasakan ketagihan dan menikmati hisapan rokoknya, sehingga mereka lupa akan tugas-tugas. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa merokok dikatakan melanggar sila ke lima.  

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.