Xayang Opa Xayang Oma

Penuh haru, tangis bahagia, dan kecerian dalam suasana penuh kebersamaan dengan para opa oma serta anak yatim piatu, itulah gambaran dalam acara baksos yang baru-baru ini kami adakan.

Acara yang diberi nama XOXO (Xayang Opa Xayang Oma) ini adalah baksos hasil kolaborasi DPC Patria Jakarta Utara dan DPC Patria Jakarta Barat, yang diadakan di Panti Werdha PNIEL Bintaro pada hari Minggu, 30 Juni 2013. facebookIconSmall


Acara Diawali dengan Fangsen 250 Ekor Lele
Untuk memberikan sedikit suasana baru, acara baksos kali ini diawali dulu dengan melakukan fangsen ikan lele di Kali Cisadane, Tangerang. Sekitar jam 8 pagi, para panitia dan peserta yang berjumlah +/- 30 orang sudah mulai berkumpul di lokasi acara untuk bersiap-siap. Fangsen kemudian diawali dengan pembacaan paritta bersama-sama.
Tidak tanggung-tanggung, jumlah lele yang dilepas mencapai hingga 250 ekor lele. Hal ini dikarenakan kreatifitas dari panita DPC Patria Jakarta Barat yang membagi-bagikan kupon fangsen beberapa hari sebelumnya, sehingga berhasil mendapatkan banyak donasi dan bantuan dari para umat yang tertarik ikut berdana fangsen.



 

Tiba di Panti Werdha PNIEL, Panti Tertua di Asia Tenggara
Setelah selesai melakukan fangsen di area Serpong, perjalanan kami lanjutkan ke Panti Werdha PNIEL (Yayasan Kasih Orang Tua dan Peduli Anak PNIEL) yang berlokasi di Bintaro, Tangerang. Sekitar pukul 10 pagi rombongan panitia dan peserta akhirnya tiba di lokasi panti. Kami disambut oleh kepala panti, yaitu Ibu Stien (atau yang akrab dipanggil Oma Stien).

Ada banyak hal menarik dari panti ini. Pertama, panti yang didirikan pada tahun 1903 merupakan panti tertua di Asia Tenggara. Panti ini tidak hanya menampung para manula, tetapi juga anak-anak yatim piatu yang merupakan korban kerusuhan Ambon pada tahun 1998. Berkat usaha Oma Stien yang luar biasa, beliau berhasil membawa anak-anak tersebut keluar dari hutan rimba di Ambon dan kemudian dididik dengan sedemikian rupa sehingga bisa menjadi anak-anak yang penuh talenta.

Berbagi Keceriaan dengan Bernyanyi Bersama dan Games Seru
Setelah para panitia melakukan persiapan-persiapan, acara pun dimulai. Para panitia dan peserta duduk membaur bersama-sama dengan para opa oma dan anak-anak di panti di sebuah ruangan yang cukup besar di dalam panti tersebut.

Acara diawali dengan opening speech yang sangat luar biasa dan menyentuh dari Oma Stien. Bahkan, ada peserta yang sempat menitikkan air mata karena terharu mendengar kata-kata dari Oma Stien mengenai berbakti kepada orang tua.

Acara kemudian dilanjutkan dengan bernyanyi bersama yang diawali dengan penampilan dari band anak-anak panti tersebut. Hampir semua peserta tercengang begitu mendengar suara merdu mereka yang tidak kalah dengan para peserta Indonesian Idol. Setelah itu giliran teman-teman dari Kasuari Band yang unjuk gigi. Lagi-lagi, kami semua berdecak kagum dengan hiburan yang mereka tunjukkan.

Para opa oma juga tidak mau ketinggalan. Mereka juga ikut maju dan bernyanyi, bahkan ada yang sampai berjoget. Agar suasana lebih ceria lagi, kami kemudian mengadakan games bagi anak-anak di panti tersebut. Semua orang yang disana benar-benar larut dalam suasana penuh suka cita dan keceriaan. Kami bernyanyi, tertawa, dan bergembira bersama-sama.

Suasana Penuh Haru Saat Membasuh Kaki Opa Oma
Akhirnya sampailah pada saat titik klimaks acara, yaitu ketika kami bersama-sama membasuh kaki para opa dan oma. Mereka begitu tersentuh, sampai-sampai ada seorang oma yang menangis terharu. Beberapa peserta dan panitia juga sempat menitikkan air mata karena ikut merasakan haru biru acara basuh kaki tersebut.

 


Acara Berjalan Sukses, Para Peserta Pun Terkesan
Acara ditutup dengan makan siang bersama, pembagian goody bag, dan foto-foto bersama. Berkat kerjasama yang kompak dan dukungan dari semua pihak, acara baksos XOXO ini berjalan dengan sukses. Para peserta pun ikut senang telah diajak dalam acara baksos kali ini, karena telah membuka mata kita semua untuk belajar peduli dengan orang-orang di sekitar kita, terutama orang tua kita.

Berikut adalah beberapa kesan dari para peserta yang ikut dalam baksos XOXO:
“Kemaren baksos pantinya adalah one of the best dari semua baksos yang pernah gw jalanin. Emotion bagi para manula dan pesertanya ada banget. Ada band pembuka yang keren banget, jadi semuanya full attention” - Kennard -

“Acaranya sukses, thanks ya ke panitia-panitia Patria. Band-nya bagus, sangat menghibur anak-anak disitu” - Sanny -

“Acaranya udah bagus. Koordinasinya OK, acaranya OK. Kalau ada baksos lagi kabarin ya” - Rudy -

Akhir kata, kami dari DPC Patria Jakarta Utara dan DPC Patria Jakarta Barat selaku panitia baksos XOXO, mengucapkan banyak terima kasih bagi para donatur, peserta, dan semua pihak yang telah ikut membantu kesuksesan acara ini.

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.