5 Manfaat Mengikuti Organisasi Kepemudaan: Patria Basic Training.

Patria kembali mengadakan Patria Basic Training, atau yang disingkat juga disebut PBT pada 18 April - 20 April 2019, di Pusdiklat Sikkhadama Santibhumi, Tangerang.

Patria Basic Training dibuat untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan dari pribadi setiap anggota. Justru dalam PBT tidak dibahas mengenai aturan organisasi dan pengetahuan organisasi PATRIA itu sendiri secara mendalam, tapi sebatas pengetahuan umum saja.

Pelatihan Organisasi Wajib harus diselenggarakan oleh setiap periode kepengurusan baru utk memberikan pembekalan organisasi, khususnya tentang aturan organisasi termasuk AD-ART PATRIA itu sendiri.

Target PBT adalah Anggota PATRIA dan Pengurus PATRIA, sedangkan Pelatihan Organisasi Wajib itu targetnya khusus pengurus. Program Patria Basic Training ini memberikan banyak manfaat, dan inilah beberapa manfaat yang kami dapatkan setelah mengikuti PBT:

 

1. Mengenal Buddhisme lebih dalam

Sebelum kita mengetahui organisasi lebih lanjut, kita dijelaskan dulu mengenai agama kita sendiri

Karena PATRIA adalah organisasi sosial keagamaan yang berlandaskan pada Agama Buddha. Kita diajak untuk mengenal ajaran Sang Buddha dari esensi mengenai keabadian dan ketidakpuasan.

Patria Basic Training

 

2. Melihat kemampuan dalam diri sendiri

Selanjutnya kita diajak untuk belajar bagaimana menjadi sukses dengan pikiran positif. Seperti yang Buddha ajarkan di Dhammapada 001, bahwa pikiran adalah pelopor, pemimpin dan pembentuk. Kita diajak untuk berpikir positif, bahwa kita bisa dan mampu untuk melakukan suatu hal jika dimulai dengan berpikir yang baik dengan cara bermain games mematahkan sebuah pensil. Pada awalnya kita sangat ragu bahwa kita bisa melakukannya, namun setelah kita mencoba, ternyata kita berhasil. Sebaiknya kita menghindari pola pikir negatif misalnya seperti “Saya tidak akan bisa melakukannya”, karena itu akan menghambat bahkan dapat menghancurkan kita, apalagi jika nyatanya kita bisa.

Patria Basic Training

 

3. Belajar manajemen organisasi

Manajemen organisasi merupakan hal umum yang sudah kita sering dengar. Namun, bagaimana cara kita melakukan manajemen yang baik? Disini kami dijelaskan tentang 4 fungsi manajemen, yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling). Planning adalah bagaimana seorang manajer memikirkan tindakan kedepannya atau perencanaan. Organizing artinya bagaimana manajer berkoordinasi manusia dan sumber daya lain dalam organisasi. Actuating adalah kegiatan memotivasi dan mengerahkan anggotanya dan terakhir Controlling merupakan suatu upaya untuk memastikan tidak adanya penyimpangan. Kita juga diajak untuk bertanggung jawab, belajar mendelegasikan tugas, memiliki motivasi dan kontrol diri, mengelola kesalahan, mengelola rapat seperti menyusun agenda rapat sebelum rapat dimulai, kita diingatkan bahwa kita tidak bisa mengubah orang dan menyebarkan energi positif dalam organisasi.

Patria Basic Training

 

4. Belajar menjadi pemimpin yang baik bagi diri sendiri dan orang lain

Pemimpin adalah orang yang memiliki pengikut. Seorang pemimpin bukanlah dilayani, namun ialah yang melayani dengan hati karena kepemimpinan merupakan suatu pelayanan. Banyak dari kita yang memiliki “mental block” yaitu ketika kondisi ketika kita diberikan suatu jabatan tinggi, kita selalu merasa tidak bisa dan tidak menerimanya, padahal kita tidak akan tahu sebelum kita mencobanya, bukan? Seorang pemimpin biasanya memiliki pandangan jauh ke depan (visi) terhadap organisasi yang dipimpinnya. Selain itu, mereka menganggap perubahan pasti terjadi, sehingga mereka akan cepat beradaptasi. Pemimpin juga sudah pasti memiliki pengaruh besar untuk anggotanya, baik secara hard power maupun soft power. Mereka juga orang-orang yang memiliki kreativitas, karakter, pengaturan waktu, pengambilan keputusan, dan pengaturan konflik yang baik. Mereka juga akan sadar dengan  hal yang cukup penting untuk keberlanjutan organisasi yaitu suksesi (regenerasi). Jika seorang pemimpin tidak memikirkan hal ini, maka sia-sia lah organisasi yang ia pimpin karena tidak ada yang akan melanjutkan. Kita dijelaskan juga tentang 10 sifat kepemimpinan menurut agama Buddha (Dasarājadhamma), yaitu:

  • Dāna (murah hati)
  • Sīla (bermoral)
  • Pariccāga (rela berkorban)
  • Ājjava (jujur)
  • Maddava (lemah lembut)
  • Tapa (kendali diri)
  • Akkhoda (tanpa kebencian)
  • Avihimsa (tanpa kekerasan)
  • Khanti (sabar)
  • Avirodhana (tidak memihak)

 

5. Mengenal organisasi PATRIA.

Untuk teman-teman yang baru saja bergabung menjadi pengurus maupun anggota PATRIA, kegiatan PBT ini merupakan kegiatan awal yang baik, karena disinilah kita mengenal organisasi kita sendiri. Dimulai dari sumber etika organisasi PATRIA, yaitu dari Tipitaka (ajaran Sang Buddha seperti Sīla), AD/ART organisasi tertulis serta nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Tahukah kalian bahwa rompi biru PATRIA adalah identitas pelayanan? Rompi PATRIA adalah simbol kerendahan hati untuk melayani dengan dilandasi oleh Mettā, Karunā, Mudita dan Upekkhā. Dengan melayani, kita melepaskan ego kita lho… Sang Buddha juga mengajarkan tentang 4 kekuatan dalam melakukan kerja sosial, yaitu:

  • Chanda (Passion)
  • Viriya (Energy)
  • Citta (Concentration)
  • Vimamsa (Investigation)

Patria Basic Training

 

Nah, banyak kan manfaat yang kita dapatkan setelah mengikuti PBT kali ini? Untuk teman-teman yang belum menjadi anggota PATRIA atau yang sudah menjadi anggota namun belum pernah ikut PBT, nantikan PBT selanjutnya di kotamu ya!

 

PATRIA

One Spirit, One Dhamma!

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.