Jelang Waisak bersihkan taman makam pahlawan

Bakti Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di TMP Taruna Kota Tangerang sebagai perhelatan awal dalam rangkaian Gema Waisak umat Buddha se Banten 2013/2557 BE yang diadakan pada hari Minggu tanggal 05 Mei 2013, telah berakhir dengan sukses. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan bakti seluruh umat Buddha Banten kepada para pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan Negara RI tanpa pamrih dan telah mengorbankan jiwa raga mereka. Bangsa yang besar adalah bangsa yang rela berkorban dan tidak pernah melupakan jasa-jasa para pahlawan. facebookIconSmall


Sesuai dengan tema Gema Waisak tahun 2013 yaitu: Semangat Kebersamaan membawa Keharmonisan, Kedamaian dan Kesatuan, Jaya Negeriku Sejahtera Bangsaku, benar-benar ditunjukkan pada saat kegiatan Bakti Taman Makam Pahlawan. Dengan dihadiri oleh ratusan simpatisan Umat Buddha dari seluruh pelosok Provinsi Banten dan elemen-elemen organisasi mulai dari Pemuda Theravada Indonesia, Wanita Theravada Indonesia, Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia, serta seluruh komponen umat Buddha yang lainnya, dimulai dengan upacara pengibaran bendera merah putih di Taman Makam Pahlawan tepat pukul 07.15 menit secara, hikmat, hening dan semua peserta upacara menunjukkan keseriusan mereka. Semua rangkaian upacara diikuti dengan baik oleh peserta seolah kehadiran para Pahlawan bersama mereka.

Pengibaran bendera Merah Putih Perwalian Umat Buddha Kota Tanggerang


Upacara bendera berlangsung selama 30 menit dan diselingi penyerahan secara simbolis cat kepada Pengelola Taman Makam Pahlawan Taruna diwakili oleh Bapak Jari, sedangkan dari simpatisan Umat Buddha dilakukan oleh anggota DPRD Kota Tangerang, pimpinan Pengurus Daerah MAGABUDHI, pimpinan Pengurus Daerah WANDANI, pimpinan Dewan Pengurus Daerah PATRIA, Ketua Panitia Gema Waisak 2013, serta unsur pimpinan dari simpatisan umat Buddha Banten.

Dibawah suasana langit cerah, setelah acara seremonial selesai, dengan semangat tinggi semua peserta mulai dari anak-anak, pemuda/i, serta orang tua serentak dengan satu komando berebut mengambil alat-alat kebersihan untuk bersama-sama melakukan pembersihan di lokasi Taman Makam Pahlawan. Sungguh suatu pemandangan yang mengharukan sekaligus mengembirakan, karena kesungguhan semua peserta terhadap kegiatan ini.

membawa sampah mencabuti rumput


Kurang lebih 40 menit dari tengat waktu 1 jam kegiatan bakti taman makam pahlawan selesai dan diakhiri dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dan dilakukan oleh seluruh peserta. Respon positif datang dari semua peserta dan mendukung agar dilakukan secara berkala demi terwujudnya keharmonisan, kedamaian dan persatuan. Mereka yakin jika semua itu terwujud maka cita-cita menuju kejayaan dan kesejahteraan akan dapat tercapai meskipun butuh perjuangan berat kearah sana.

{fcomment}

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.