Ulat Bulu di Perayaan Imlek

Untuk merayakan Imlek 2565 tahun 2014, DPC Patria Klungkung Bali mendapat tugas dari Panitia Perayaan Imlek di Vihara Dharma Ratna Klungkung Bali untuk mengadakan perlombaan dan games untuk anak-anak Sekolah Minggu Vihara Dharma Ratna Klungkung. Kegiatan perlombaan di adakan pada hari Minggu, 09 Februari 2014 yang dimulai dari perlombaan mewarnai tingkat TK, mewarnai tingkat SD kelas 1, 2, dan 3, serta menggambar tingkat SD. [ foto lainnya ]


Perlombaan dimulai dari mewarnai dan menggambar, anak-anak yang mengikuti perlombaan mewarnai telah mendapatkan materi yang sudah di sediakan oleh panitia. Tema perlombaan mewarnai dan menggambar yaitu “Suasana Imlek”, tampak mereka sangat serius dan dengan semangat mengikuti perlombaan mewarnai dan menggambar.

Panitia langsung mengadakan perlombaan untuk anak-anak sekolah minggu tingkat SMP dan SMA yaitu perlombaan “Imlek Pintar”. Mereka dibagi acak dengan 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Perlombaan Imlek Pintar ini sangat seru, menarik dan mengasah otak mereka. Dimana salah satu orang dalam kelompok telah di pasangkan kata di dahinya namun orang tersebut tidak mengetahui apa kata yang telah di pasangkan, dan orang tersebut harus menjawab dan menanyakan kepada rekannya dengan memberi beberapa kata kunci. Rekan yang berada di depannya hanya dapat memberikan jawaban “iya”, “tidak”, dan “bisa jadi”. Seluruh kata-kata yang di pasangkan semuanya berhubungan dengan Imlek, misalnya barong sai, naga, angpao, tebu, merah dan masih banyak kata lainnya. Pemenangnya adalah pasangan yang paling cepat dan tepat menjawab kata tersebut.

Setelah games untuk TK sampai SMA selesai, selanjutnya adalah games kelompok. Dimana seluruh anak-anak sekolah minggu dari TK sampai SMA akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang setiap kelompok campur ada anak TK, SD, SMP dan SMA. Tujuan games kelompok ini adalah untuk menjalin kekompakan dan kerja sama, walaupun perbedaan usia anak-anak dalam satu kelompok cukup jauh. Jadi diharapkan anak-anak yang lebih dewasa dan lebih mengerti dapat mengarahkan dan menjaga adik-adiknya yang lebih kecil ketika bermain games. Games kelompok ini diperlombakan dan nantinya ada 3 juara yang akan mendapatkan hadiah. Untuk games kelompok ada 3 games yang akan dimainkan, yaitu Games “Ulat Bulu Terpanjang”, “Bom”, dan “Angpao Joget”.

Games pertama yang dilakukan adalah games ulat bulu ulat bulu terpanjang, dimana setiap kelompok membuat panjang-panjangan bentuk memanjang dengan memakai tubuhnya sendiri dan benda-benda yang mereka pakai. Tampak setiap kelompok memikirkan cara dan melepaskan barang-barang yang mereka pakai, seperti kaos kaki, sepatu, sandal, handphone dll. Terlihat juga anak-anak berbaring dilantai dan anak-anak yang besar memberitahukan adik-adiknya yang kecil untuk mengambil posisi terlentang. Pemenang dari games ini adalah kelompok yang membuat formasi terpanjang. Selanjutnya adalah games bom, dimana games ini merupakan games untuk menyebrangkan teman-teman sekelompoknya dengan cara melewati lantai-lantai yang ada beberapa bom. Jadi tugas ketua kelompok adalah memberitahukan teman-teman sekelompoknya untuk mengikuti perkataannya dan hanya ketua kelompok saja yang mengetahui letak-letak bom.

Dan akhirnya sampai pada games terakhir yaitu games angpao joget, dimana setiap kelompok membuat lingkaran dengan cara bergandengan antara satu dengan yang lainnya, dan ada satu anak yang berada di tengah-tengah lingkaran yang bertugas unuk mengambil angpao atau benda yang di perintahkan oleh panitia. Tugas setiap kelompok adalah berkeliling mencari angpao dengan dengan cara jalan sambil berpegangan tangan dan apabila terdengar music, semua kelompok diharapkan untuk berhenti berjalan dan harus berjoget sampai suara music berhenti. Selain angpao mereka juga diperintahkan untuk mengambil botol aqua yang berada disekeliling ruang serba guna. Pemenang dari games ini adalah kelompok yang paling banyak mengumpulkan angpao dan botol aqua.

Setelah games kelompok usai akhirnya tiba juga pada saat pengumuman juara. Pengumuman juara pada hari itu hanya untuk juara 1, 2 dan 3 pada kategori games kelompok saja. Namun untuk perlombaan mewarnai, menggambar dan imlek pintar akan di umumkan pada puncak acara perayaan imlek yang jatuh pada hari Jumat tanggal 14 Februari 2014. Setelah pembagian hadiah, selanjutnya kami akhiri kegiatan perlombaan untuk merayakan imlek dengan foto bersama.

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.