Melawan Kanker dengan Metta

Ulang Tahun biasanya identik dengan yang namanya pesta dan makan-makan, namun kali ini kami dari DPC Patria Klungkung-Bali merayakan hari kelahiran PATRIA yang ke 18 tahun dengan mengadakan kegiatan PATRIA CARE yaitu berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Tujuan mengadakan kegiatan ini untuk berbagi kebahagiaan kepada adik-adik yang menderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Bali. Kegiatan diadakan pada tanggal 23 Desember 2013 yang bertempat di Jl. Pulau Rembulan No. 15 Denpasar-Bali. [ foto lainnya ]


Yayasan ini terdapat kurang lebih ada 26 ,namun pada saat kami berkunjung kesana, hanya ada 4 orang anak, dikarenakan anak yang lainnya sedang menjalani chemotheraphy di rumah sakit dan ada yang sedang pulang kampung. Namun hal itu tidak membuat kami patah semangat, dan kami tetap dapat menghibur dan merayakan acara Ulang Tahu Patria yang sederhana penuh kekeluargaan.

Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan pertama kali adalah ada opening dari MC yang dibawakan oleh Thalia dan Yunike, kemudia kata sambutan dari perwakilan pihak Yayasan dan sambutan dari Ketua DPC Patria Klungkung yaitu Yuni. Acara dilanjutkan dengan mendengarkan cerita dongeng tentang arti persahabatan yang diberikan oleh kak Yuni. Anak-anak sangat antusias mendengarkan dongeng yang dikemas dengan menggunakan boneka yang lucu sehingga menarik. Setelah mendengarkan dongeng, kami mengajarkan anak-anak cara untuk menempel bulu beruang menggunakan kapas di gambar beruang yang sudah kami sediakan. Anak-anak terlihat sangat senang ketika belajar menempel bersama-sama, dan dilanjutkan dengan bermain ular tangga sambil bernyanyi bersama-sama. Tak kalah serunya dari kakak-kakak Patria yang datang, anak-anak ini juga sangat semangat dan berani untuk unjuk gigi dalam hal menyanyi. Ada dua orang anak yang bernama Laili dan Ridho mereka berdua duet menyanyikan lagu yang inti dari lagu tersebut adalah tentang keadaan mereka saat itu. “Walaupun mereka sedang dalam keadaan sakit, tapi mereka adalah anak-anak yang terpilih oleh Tuhan karena mereka kuat dan memiliki semangat”, kurang lebih ini adalah inti dari lagu yang dibawakan. Perasaan kami ketika mendengarkan mereka bernyanyi sangat terharu dan kagum dengan semangat anak-anak ini, walaupun mereka memiliki penyakit yang berbahaya tapi mereka mempunyai semangat yang sangat luar biasa untuk sembuh.

Sambil menunggu hujan reda, kami mengajak anak-anak untuk berjoged bersama yaitu joged “Caesar”, dan ternyata anak-anak mengerti dan mereka sangat semangat dan suasana menjadi meriah. Setelah hujan reda kami keluar menuju halaman depan, untuk menerbangkan balon yang telah membawa semua harapan anak-anak. Sebelum kita menerbangkan balon, kita semua berdoa semoga anak-anak yang berada di Yayasan Kasih Anak Kanker Bali ini dapat sembuh dan berbahagia. Lalu sorak gembira dan tepuk tangan dari semua peserta terdengar ketika balon-balon diterbangkan ke udara.

Acara selanjutnya adalah merayakan ulang tahun PATRIA yang ke 18tahun dengan menyanyi lagu ulang tahun, tiup lilin dan membagikan pudding PATRIA kepada seluruh peserta. Setelah itu adalah acara penyerahan dana, sembako, pakaian dan mainan layak pakai yang telah kami kumpulkan dan dapatkan dari para donator-donatur yang telah menyumbangkan banyak sekali kebutuhan yang diperlukan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Bali. Kami juga ada membagikan kado dan bingkisan kepada anak-anak seperti boneka dan baju tidur. Kegiatan Patria Care ini akhirnya ditutup dengan acara foto bersama. Tak lupa kami juga mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada semua partisipan dan donatur yang telah banyak membantu kelancaran acara ini.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.