When Nature Calls...

Untuk mengisi mengisi libur Lebaran beberapa waktu lalu, DPD Patria Bali mengadakan Dhamma Camp 14. Kegiatan dilangsungkan 26-29 Juli 2014 di areal Bagus Agro, desa Pelaga, kabupaten Badung. Tujuannya, mengisi libur panjang dengan kegiatan positif, juga menambah wawasan sekaligus penyegaran dengan lebih memperkenalkan dan mendekatkan peserta kepada budaya dan alam sekitar.

Dhamma Camp menjadi salah satu program kerja rutin tahunan Patria Bali, dan tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-14. Kegiatan yang kali ini mengusung tema “When Nature Calls” diikuti 130 peserta yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Bali, bahkan ada beberapa peserta yang berasal dari luar Bali. [ foto lainnya ]


Selama empat hari tiga malam peserta mendapatkan materi yang disampaikan oleh pembicara yang kompeten di bidangnya. Tak ketinggalan berbagai macam games menarik yang sarat dengan makna kebersamaan, kepemimpinan, dan ketangkasan dilaksanakan untuk meramaikan acara Dhamma Camp 14. Acara dibuka pada hari Sabtu, 26 Juli 2014 oleh Padesanayaka Sangha Theravada Indonesia Provinsi Bali, Bhikkhu Tejanando Thera, yang juga menyampaikan Dhammadessana dengan topik “Kunci Sukses”. Dilanjutkan dengan motivasi oleh PMy. Sudiarta indrajaya, pembina DPD Patria Bali dan mantan Ketua DPD Patria Bali periode 2003-2006. Malam harinya, Dr. Okanegara dari Kisara Bali menyampaikan materi tentang masalah pergaulan remaja yang dikaitkan dengan pengetahuan tentang masala seksual dan HIV/AIDS.

Kegiatan dimulai dini hari diawali dengan puja bakti yang dilakukan di luar ruangan, sehingga setelah puja bakti peserta dapat langsung melihat indahnya pemandangan matahari terbit. Pada hari kedua berkesempatan hadir Bhikkhu Sucirano Thera yang menyampaikan tentang pentingnya saddha/keyakinan terhadap “Sang Tiratana”. Peserta, panitia dan umat disekitar lokasi juga mendapat kesempatan melakukan kebajikan dengan berdana makanan kepada Bhikkhu Sangha yang melakukan pindapata.

Dalam kesempatan tersebut panitia juga mengundang Gusti Ngurah Anom, pemilik jaringan Krisna Oleh-oleh, yang memberikan motivasi dan berbagi tentang kewirausahaan. Hadir pula Ibu Sherlie Mirani, Ketua Forum Ibu-ibu Buddhis Bali yang menyampaikan topik yang sangat menarik, yaitu cara mendapatkan pasangan berdasarkan Sutta. Malam harinya diisi dengan nonton bareng cuplikan film produksi Patria Bali dari tahun ke tahun serta diskusi dengan kru dan pemain.

Hari ketiga peserta diajak memainkan berbagai game outbound dan lintas alam. Peserta diperkenalkan tentang agrowisata oleh pihak Bagus Agro yang juga memasok sayur-mayur yang digunakan memasak oleh peserta. Kehadiran dua bintang tamu, musisi peniup seruling Gus Teja dan Robi (vokalis band Navicula), sangat menghibur peserta karena tidak hanya berbagi soal proses kreatif, tetapi juga memainkan beberapa lagu, sebelum acara hari itu ditutup dengan malam keakraban.

Hari terakhir diisi dengan olahraga pagi dan lomba olahraga poco-poco. Di pengujung acara, pengurus DPD dan DPC Patria se-Bali memberikan motivasi dan mengajak peserta untuk turut aktif mengikuti kegiatan Patria yang ada di daerahnya. Dengan diadakan Dhamma Camp ini diharapkan dapat meningkatkan keyakinan dan kebersaam antarpemuda Buddhis.  

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.