Mengenal Patria

Pemuda Theravada Indonesia (PATRIA) adalah sebuah organisasi sosial-keagamaan Buddhis Theravada Indonesia yang bercorak kepemudaan. Visi PATRIA adalah aktif melahirkan generasi muda yang memiliki kemoralan, sukses dan mampu mandiri dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Partisipasi PATRIA bersifat pengabdian tanpa pamrih dan bersama-sama dengan Keluarga Buddhis Theravada Indonesia (KBTI) mewartakan Buddha Dhamma.

Terbentuknya PATRIA berdasarkan hasil musyawarah Pemuda Buddhis pada tanggal 19 Desember 1995 di Vihara Mendut, Jawa Tengah, dengan terpilih Ketua Umumnya yang pertama yaitu Sdri. Meliana Chandra. 

Misi utama PATRIA, selain meningkatkan kemoralan dan keyakinan terhadap Buddha Dhamma, adalah juga turut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Buddhis. Untuk itu, dalam mewujudkan Visi dan Misinya, program-program unggulan yang terus diupayakan dan dikembangkan, yakni:

1. Program Latihan Kepemimpinan dan Berorganisasi; kegiatan yang dilakukan adalah PATRIA Basic Training, PATRIA Intermediate Training, PATRIA Advance Training, Workshop dan Seminar Pengembangan Kepribadian, Komunikasi, dan Wirausaha.

2. Program Sosial, Budaya, dan Olah Raga; kegiatan yang dilakukan adalah PATRIA Peduli – Anak Asuh, Bantuan Pengobatan, Bantuan Bencana Alam, Bakti Sosial, Peduli Lingkungan, Kampanye Anti Narkoba, Perlombaan Olah Raga dan Seni. 

3. Program Kemandirian dan Penggalangan Dana dan untuk mendukung keberlangsungan kegiatan organisasi; kegiatan yang dilakukan adalah Penyelenggaran Seminar untuk Umum, Penjualan Kaset/CD lagu Buddhis, Tour luar/dalam negeri, serta Bazaar.

4. Program Informasi dan Publikasi ke Masyarakat; kegiatan yang dilakukan dengan menerbitkan sebuah website www.patria.or.id dan majalah kegiatan Chatta Warta Patria – Chatta online www.chatta.patria.or.id .

 

Syarat menjadi Anggota PATRIA :

1. Warga Negara Indonesia

2. Usia 16 – 40 tahun.

3. Sehat jasmani dan rohani

4. Beragama Buddha ,mazab Theravada

5. Mengisi formulir pendaftaran.

 

Saat ini cabang-cabang PATRIA tersebar di 20 Propinsi, di lebih dari 78 kota di Indonesia, sehingga ini menandakan bahwa PATRIA juga berperan dalam menjaga dan meningkatkan persatuan dan keutuhan generasi muda Buddhis, agar bisa selaras dalam Persatuan Nasional.

PATRIA adalah organisasi Buddhis independen yang tidak terkait politik praktis dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya. PATRIA juga tidak terkait organisasi politik mana pun, namun demikian setiap pribadi anggota PATRIA berhak dan bebas menentukan hak politiknya. 

Landasan spiritual pengabdian dan semangat PATRIA dipetik dari Kitab Suci Tipitaka Pali - Khuddaka Nikaya Jataka 28/147 dan Dhammapada Ayat 50:


“Biarlah seseorang mengorbankan hartanya, demi menyelamatkan anggota tubuhnya; Biarlah ia mengorbankan anggota tubuhnya, demi menyelamatkan hidupnya; Tetapi biarlah ia mengorbankan hartanya, anggota tubuhnya dan segalanya, meskipun juga hidupnya, demi kebenaran Dhamma”

(Khuddaka Nikaya, Jataka 28/147)

  

“Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh orang lain. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh diri sendiri”

(Dhammapada Ayat 50)

 

Saat ini PATRIA memiliki Dewan Pengurus Pusat yang berkedudukan di Ibukota Negara Indonesia - Jakarta dan memiliki 20 perwakilan tingkat propinsi (Dewan Pengurus Daerah) yang meliputi:

-  DPD Sumatra Utara

-  DPD Kepulauan Riau

-  DPD Jambi

-  DPD Lampung

-  DPD Sumatera Selatan

-  DPD Riau

-  DPD Banten

-  DPD DKI Jakarta

-  DPD Jawa Barat

-  DPD Jawa Tengah

-  DPD DI Yogyakarta

-  DPD Jawa Timur

-  DPD Kalimantan Barat

-  DPD Kalimantan Timur

-  DPD Kalimantan Selatan

-  DPD Kalimantan Tengah

-  DPD Bali

-  DPD Nusa Tenggara Barat

-  DPD Sulawesi Selatan

-  DPD Sulawesi Tengah

serta telah memiliki lebih dari 60 Dewan Pengurus Cabang di kota-kota di Indonesia.

Kami, PATRIA tak akan mampu melakukan banyak hal sendirian, untuk itu kami mengundang Anda semua untuk bersama-sama berkontribusi aktif demi membangun generasi muda yang bisa dipercaya, bermoral, sukses, dan mandiri.


Semoga Tiratana memberkahi.

Semoga semua makhluk berbahagia.

 

Buku SMB

coversmb

Dapatkan ebook untuk Sekolah Minggu Buddhis. Ukuran file 51 Mb.